Acer Aspire V5-473PG: Notebook Touch dan Grafis Pertama dengan Prosesor Intel 4th Gen

October 2, 2013

Kini notebook telah menjadi perangkat andalan banyak orang untuk mengetik dokumen, membuat presentasi, dan berbagai kegiatan produktif lainnya. Bahkan perkembangan teknologi memungkinkan notebook digunakan untuk kegiatan komputasi kelas “berat” yang biasanya dilakukan dengan menggunakan PC desktop.

Kemampuan itulah yang ditawarkan Acer melalui notebook Acer Aspire V5-473PG. Menggunakan komponen dan spesifikasi kelas atas, notebook ini bisa diandalkan untuk kegiatan kelas berat seperti video editing sampai memainkan game 3D kesukaanmu. Istimewanya lagi, notebook grafis ini sudah menggunakan prosesor Intel 4th Gen terbaru. Keren kan?

Aspire V5

Prosesor Terbaru

Untuk mencapai performa jempolan tersebut, Acer mempersiapkan dengan serius komponen yang digunakan Aspire V5-473PG. Untuk prosesornya, notebook ini menggunakan Intel Core i5-4200U yang merupakan prosesor generasi terbaru dari Intel. Prosesor ini baru dirilis kuartal ketiga tahun ini, dan belum banyak notebook di Indonesia yang saat ini sudah menggunakan prosesor tersebut.

Jika dibandingkan prosesor generasi sebelumnya, Intel Core i5-4200U menawarkan perbaikan kinerja serta penghematan daya. Artinya, pengguna akan merasakan peningkatan kecepatan saat menggunakan Aspire V5-473PG tanpa menyebabkan baterai cepat terkuras.

Aspire V5_002

 

Perbandingan Kinerja Cinebench R11.5

Produk Poin
Intel i7-3517U 1.9 GHz 2,83
Acer Aspire V5-473PG(Intel Core i5-4200U) 2,48
Intel i5-3317U 1,7GHz 2,39
Intel Core i5-3337U 1,8GHz 2,47
Intel Core i3-3227U 1,9Ghz 1,92
Intel Core i3-3217U 1,8GHz 1,82

 

Prosesor yang lebih cepat akan terasa pada penggunaan aplikasi standar, namun bagaimana pengaruhnya ketika digunakan pada aplikasi 3D seperti memainkan game? Untuk kebutuhan itulah, Acer menyandingkan prosesor Intel Core i5-4200U dengan kartu grafis Nvidia GeForce 740M yang sangat memadai untuk aktivitas gaming masa kini.

Hal itu terbukti saat notebook ini kami gunakan memainkan game-game terbaru. Pada table berikut, spAcer akan melihat bagaimana Aspire V5-473PG dapat memainkan game-game populer seperti Stalker Call of Pripyat, GRID 2, FarCry 3, NBA2K13, maupun Tomb Raider 2013 dengan lancar. Semua game tersebut bisa dimainkan di resolusi maksimal (1366×768) dengan pilihan kualitas Normal atau High.

Performa Acer Aspire V5-473PG saat memainkan game

Game Kualitas* FPS Rata-rata**
STALKER: Call Of Pripyat High 57 fps
FarCry 3 Direct X11, No FXAA 31 fps
GRID 2 High 49,73 fps
Tomb Raider 2013 Normal 37,6 fps
NBA2K13 High 60,2 fps

 

*Resolusi 1366×768
**Untuk nyaman dimainkan, framerate harus di atas 30fps

Menariknya, penggunaan kartu grafis bertenaga itu tetap tidak membuat notebook ini menjadi boros. Aspire V5-473PG telah mendukung teknologi Nvidia Optimus yang akan memilih kartu grafis sesuai keperluan. Maksudnya, ketika hanya digunakan untuk aplikasi standar (seperti mengetik atau browsing), notebook ini akan menggunakan chip grafis onboard yang lebih hemat daya. Namun ketika digunakan untuk bermain game, notebook langsung beralih menggunakan Nvidia GeForce 740M. Semua itu berlangsung otomatis sehingga spAcer bisa merasakan performa memuaskan tanpa harus mengorbankan daya tahan baterai.

Graphic Card Nvidia GT740M – 2GB yang dua kali lebih cepat dibanding versi sebelumnya. Sehingga Aspire V5-473PG memberikan kinerja dua kali lebih cepat bila digunakan untuk kebutuhan edit foto ataupun video. Cocok untuk spAcer yang suka berkreasi dengan multimedia. Saksikan video review dan spesifikasi Aspire V5-473PG di YouTube Acer Indonesia.

Aspire V5-473 PG memiliki kapasitas baterasi sebesar 3560mAh dan terdiri dari 4 cell. Saat diuji menggunakan PCMark 8, notebook ini dapat bertahan sekitar 4 jam 3 menit. Namun perlu dicatat, pengujian PCMark 8 menggunakan beban kerja yang tinggi. Jika notebook ini digunakan untuk aplikasi standar, durasi baterainya dipastikan akan lebih lama lagi.

Desain Cantik

Meski dirancang untuk aplikasi kelas “berat”, Acer Aspire V5-473PG tetap tampil dengan desain cantik dan stylish. Dimensinya yang terbilang tipis hanya 2,2 cm dan bobot hanya 2 kg nyaman dibawa beraktivitas. Ditambah dua pilihan warna yang modern (Cool Steel dan Artic Rose) dan tekstur hairline pada bodynya, Acer Aspire V5-473PG akan melengkapi gaya hidup spAcer yang gaya dan dinamis.

Aspire V5_001

Selain penampilan, kenyamanan pakai pun menjadi perhatian serius Acer. Hal ini diwujudkan dengan ukuran tombol keyboard dan area palm rest yang memiliki luas optimal, sehingga meminimalisir rasa lelah meski spAcer mengoperasikan notebook ini untuk jangka waktu yang lama.

Aspire V5_007

Ukuran tombol dan area palm rest memiliki ukuran
yang optimal untuk menciptakan kenyamanan penggunaan

Aspire V5-473PG pun mengakomodasi keinginan spAcer akan kepraktisan. Layar 14 inci notebook ini adalah layar sentuh yang mendukung 10 sentuhan, sehingga spAcer bisa menjalankan aplikasi atau memilih menu menggunakan jari. Technology Slim Screen Edge menjadikan monitor seakan frameless (tidak ada frame), sehingga area touch screen menjadi lebih luas.

 

Fasilitas Komplit

Daya tarik Aspire V5-473PG semakin sempurna jika melihat fasilitas yang disediakan notebook ini. Untuk terhubung ke internet, Aspire V5-menyediakan fitur wireless dan Gigabit Ethernet. Sedangkan untuk terhubung ke perangkat lain, tersedia Bluetooth 4.0 dan HDMI. Tersedia pula port USB 3.0 untuk transfer data yang lebih cepat.

Yang menarik, notebook ini menyediakan sebuah converter port untuk menambah fasilitas. Dalam kelengkapan standarnya, Acer telah menyediakan kabel khusus untuk converter ini yang akan menambah fasilitas ethernet, layar eksternal, sampai USB.

Aspire V5_004

Selain menyediakan HDMI, Gigabit Ethernet, dan USB 3.0,
notebook ini juga memiliki converter port 
jika spAcer ingin mendapatkan fasilitas ekstra

Dolby® Home Theatre v4 lengkap dengan 4 speaker pada Aspire V5-473PG memberikan kualitas suara crystal-clear cinematic surround. Gunakan Dolby Control Panel yang tersedia untuk memainkan film, musik dan game kesukaanmu dan nikmati lewat home theater kamu di rumah.

 

Kesimpulan

Acer Aspire V5-473PG dengan prosesor Intel 4th gen terbaru adalah wujud keseriusan Acer menyediakan notebook yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Dengan menggunakan komponen terbaru dan berkualitas, notebook ini dapat memenuhi semua kebutuhan spAcer dari sebuah notebook. spAcer bisa menggunakan notebook ini untuk bekerja, mengedit foto dan video, sampai memainkan game 3D terbaru. Kemampuan dan fitur Aspire V5-473PG membuatnya cocok bagi desainer grafis, video editor, professional muda dan spAcer pecinta game 3D.

Aspire V5_003

Enaknya, tenaga luar biasa yang disediakan notebook ini tidak membuatnya boros daya. spAcer tidak perlu khawatir ketika jauh dari sumber listrik karena penggunaan prosesor hemat daya dan teknologi Nvidia Optimus menjamin daya tahan baterai Aspire V5-473PG. Keistimewaan Aspire V5-473PG semakin sempurna berkat desain cantik dan fasilitas komplit. Aspire V5-473PG sudah tersedia di pasar Indonesia dengan harga Rp. 9.599.000,-, termasuk converter HDMI ke VGA dalam paket pembelian.

Jadi, apa pun spAcer ingin lakukan, Acer Aspire V5-473PG akan siap menemani.