Acer Aspire Timeline X

August 24, 2010

Keunggulan utama sebuah notebook adalah mobility atau kemampuannya untuk beroperasi di mana saja Anda membawanya. Kemampuan ini sangat bergantung pada daya tahan baterainya. Notebook yang hanya bisa bertahan hidup dengan baterai selama 2 jam saja, tentu akan merepotkan, bukan? Itulah sebabnya, tahun lalu (2009), Acer memperkenalkan jajaran notebook seri Timeline. Seri ini adalah notebook yang dijanjikan mampu bertahan 8 jam bekerja terus-menerus, hanya dengan baterai saja.  Tahun lalu, Acer mengandalkan prosesor Intel ULV untuk mencapai ini. Tahun ini, Acer menampilkan Timeline X, yang mengandalkan prosesor Intel Core 2010. Bagaimana performanya? Simak dengan seksama laporan yang ditulis dengan memanfaatkan Acer Timeline 3810T (2009) di sebuah kedai kopi (tanpa membawa charger).

Acer Timeline X 4820TG
Ini adalah Acer Timeline X yang akan hadir pertama kali di Indonesia. Spesifikasi teknisnya meliputi:
Prosesor: Intel Core i5 430M
Memori: 4 GB DDR3
VGA: Switchable antara ATI 5470 dengan Intel HD graphics
Harddisk: 640 GB
Layar: 14” Glossy
Optical Drive: Built-in DVD-RW Super multi
Konektivitas: Wi-Fi, Bluetooth, LAN
Slot: Card reader
USB port: 4
Video output: HDMI, D-SUB (VGA)
Baterai: 6 cell (6000 mAH)
Bobot: 2.1 Kg

Desain
Acer Timeline X masih mengandalkan tampilan yang tipis dan finishing metal yang elegan. Bedanya, kali ini nuansa yang digunakan cenderung lebih ke arah warna hitam. Hal ini membuatnya tampil lebih elegan lagi. Layar glossy-nya membuat contrast ratio menjadi lebih baik dan penampilan lebih manis.

Desain detail Acer Timeline X merupakan perbaikan dari pendahulunya. Hal ini membuatnya menjadi produk yang layak tampil di tengah-tengah pertemuan untuk transaksi bisnis kelas atas.

Sound system yang digunakan pada Timeline X ini sekarang sudah mengadopsi Dolby Home Theatre v3. Sistem ini dijanjikan mampu memanjakan telinga penggunanya.

Kelengkapan Acer Timeline X 4820TG bisa diacungkan jempol. Tersedia 4 slot USB, 1 card reader, HDMI port, Dsub, Wi-fi, Bluetooth, LAN, dan banyak lagi. Belum lagi ukuran harddisk yang besar (640GB) dan memori DDR3 4GB.

Pengujian
Jika dilihat, pada Timeline X 4820TG seri ini, prosesor yang digunakan adalah Intel Core i5 430M, bukan seri ULV seperti Timeline terdahulu. Padahal, Acer menjanjikan daya tahan baterai 8 jam, sama dengan Timeline terdahulu. Apakah Timeline X 4820TG mampu mencapainya? Mari kita lihat hasil tes berikut, yang menggunakan MobileMark 2007 dari Bapco.

Ternyata, dengan menggunakan Intel HD graphics (yang ada dalam prosesor Core i5 430M), Timeline X 4820TG mampu bertahan hidup hingga 7 jam 35 menit. Menarik, tapi belum mencapai 8 jam. Apabila menggunakan ATI HD 5470, notebook ini “hanya” bertahan 5 jam saja. Akan tetapi, dengan menggunakan profile Power Saver Windows 7, notebook ini mampu bertahan hidup 8 jam 20 menit. Ini berarti, Acer masih mampu memenuhi janjinya. Akan tetapi, dengan profile Power Saver, performa seharusnya akan berkurang dengan drastis. Sejauh mana penurunannya? Apakah Anda memperoleh notebook “lemot” dengan setting Power Saver ini?

Untuk menguji performa, kami gunakan SYSMARK 2007, juga dari Bapco. Dalam pengujian ini ternyata performa Acer Timeline X 4820TG ini hanya bisa “dikalahkan” oleh Notebook dengan prosesor Core i7 720M yang umumnya jauh lebih mahal. Itu pun, dengan perbedaan yang tidak begitu mencolok.

Dalam mode Power Saver, Acer Timeline X 4820TG hanya dikalahkan oleh notebook lawas yang mengunakan prosesor Core2 Duo T8700 (umumnya high-end notebook). Patut diingat, rata-rata notebook dengan prosesor Core2 Duo T8700 ini akan terhitung sangat hebat jika bisa mencapai 4 jam kerja dengan baterai. Sementara, Acer Timeline X bisa mencapai lebih dari 8 jam kerja dengan baterai!

Jika dibandingkan dengan notebook yang menggunakan prosesor CULV terdahulu (U7300, U3500, SU4100), performa Acer Timeline X 4820TG ini terlihat jauh lebih tinggi (sekitar 50%-60% lebih tinggi). Ini sangat menarik, mengingat daya tahan baterai dari notebook dengan prosesor CULV, tidak jauh berbeda dengan Acer Timeline X 4820TG (sekitar 8 jam).

Jika dibandingkan dengan notebook berprosesor AMD Neo X2 1.6 GHz, lagi-lagi tampak bahwa performa Acer Timeline X 4820TG jauh lebih tinggi. Daya tahan baterainya pun jauh lebih baik.

Apabila Anda berpikir bahwa netbook yang sanggup bertahan 9-10 jam kerja itu menawarkan solusi lebih baik, perhatikan indeks performanya. Bahkan dalam mode power saver (8 jam lebih), Acer Timeline X 4820TG menawarkan performa lebih dari 3X lipat dibandingkan sebuah Netbook. Jadi, Netbook sama sekali tidak dapat bersaing dengan notebook ini.

Switchable Graphics
Salah satu keunggulan dari Acer Timeline X 4820TG ini adalah switchable graphics. Anda dapat memilih VGA mana yang akan dipakai. Di saat bekerja dalam perjalanan dan menonton film, Intel HD graphics sudah mencukupi, bahkan membuat battery life notebook ini luar biasa baik. Apabila Anda membutuhkan performa grafis ekstra (contoh: Gaming), ATI HD 5470 sudah tersedia. Bagaimana performanya?

Pada 3Dmark 2006 terlihat bahwa ada perbedaan yang cukup mencolok antara performa Intel HD graphics dengan ATI HD5470. Skor 4000+ pada 3Dmark 2006 merupakan indikator bahwa VGA ATI yang tersedia ini mampu memainkan game dengan medium setting. Sekarang mari kita lihat performanya saat memainkan game.

Ternyata, benar. Perpaduan Intel Core i5 430M dengan ATI HD 5470 membuat notebook ini mampu memainkan game dengan resolusi menengah. Bahkan, pada game Left4Dead, resolusi maksimum berhasil dicapai dengan mudah. Memainkan game yang lebih ringan seperti Point Blank atau Counter Strike, jelas bukan masalah yang berarti untuk notebook ini. Begitu pula game “rumahan” seperti SIMS 3 atau Spore. Sementara itu, game berat masih dapat dijalankan, meski memang harus memanfaatkan resolusi yang terendah dan menurunkan detail.

Kesimpulan
Mungkin pada awalnya Acer Timeline X 4820TG dirancang untuk sekadar memperbaiki kelemahan Acer Timeline terdahulu. Akan tetapi, dengan enhancement yang luar biasa, notebook ini berhasil menawarkan performa komputasi yang teramat tinggi, tanpa kompromi, sekaligus masih menawarkan performa baterai yang luar biasa (8 jam). Semua ini hadir dalam paket yang berpenampilan cantik pula! Satu-satunya kelemahan notebook ini mungkin ada pada bobotnya yang masih di kisaran 2 Kg. Hal ini wajar mengingat ukuran harddisk, tersedianya optical drive, performa dan ukuran layarnya.

Notebook ini untuk siapa? Mengingat pada dasarnya seri Timeline ditujukan untuk Anda yang membutuhkan mobilitas tinggi, kami akan menyarankan Timeline X 4820TG untuk Anda yang sering bepergian ke luar kota. Anda yang bergantung pada notebook untuk pekerjaan sehari-hari di luar kantor/rumah juga akan menyukai daya tahan baterainya. Akan tetapi, sejujurnya, jika Anda memiliki dana yang cukup untuk memboyong notebook ini pulang, pinanglah dia! Sebab, notebook ini tampil nyaris tanpa cela dan merupakan representasi notebook yang paling ideal.