Acer Aspire 7600U: AIO Kinerja tinggi dengan Konsumsi Daya Rendah

February 26, 2013

All in one PC atau lebih dikenal dengan singkatan AIO merupakan sebuah perangkat komputer yang menyatukan seluruh komponen PC, seperti motherboard, storage, optical drive, speaker, layar, dan lain sebagainya menjadi satu dalam satu kemasan yang ringkas. Beberapa keuntungan akan dapat Anda dapatkan bila menggunakan AIO, seperti:

  • Hemat tempat
    Dikarenakan keseluruhan komponen menyatu dan ditempatkan di belakang layar, Anda tidak perlu menyisihkan tempat yang biasanya digunakan untuk menaruh casing dan speaker karena semuanya menyatu dengan layar.
  • Simple
    Buka kardus pembungkusnya, keluarkan dan tempatkan di atas meja, sambung dengan kabel adaptor, dan AIO ini dapat langsung dinyalakan tanpa perlu berbagai kabel lain yang biasanya ditemukan pada sebuah PC Desktop pada umumnya.
  • Lengkap
    Anda tidak perlu menambah ini-itu karena sebuah AIO telah menyediakan semuanya dan menyatu dengan panel layar.
  • Hemat daya
    Walaupun Anda menemukan sebuah AIO dengan layar yang besar dan spesifikasi tinggi, biasanya AIO tidak memakan daya lebih dari 100 watt. Hemat, bukan?

Salah satu AIO yang pasti akan menarik perhatian bagi Anda adalah Acer Aspire 7600U. AIO ini mempunyai kelengkapan dan spesifikasi kelas atas yang biasanya hanya dapat ditemukan pada komputer desktop. Acer Aspire 7600U dapat menjalankan berbagai aplikasi menengah ke atas dengan lancar dan memiliki kelengkapan yang membuat perangkat AIO ini layak menjadi perangkat one stop entertainment untuk Anda. AIO ini mengusung spesifikasi sebagai berikut:

  • Processor: Intel Core i7 3630QM, 2,4 GHz TurboBoost up to 3,4 GHz
  • Chipset: Intel HM77 Express
  • Memori: DDR3 SODIMM 4 GB
  • Storage: Hard Disk 1TB SATA III + SSD cache 8 GB
  • Graphics: NVIDIA GeForce GT640M 1 2 GB Optimus
  • Layar: Active Matrix TFT Color LCD LED 27″ resolution Full Hd 1920 x 1080 Touch screen
  • Interkoneksi: IEEE 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0
  • Port: USB 2.0, USB 3.0, HDMI, Audio in/out, Gigabit Ethernet
  • Card reader: 6 in 1
  • Optical Drive: Blu-ray Reader/DVD-Writer, BD-ROM/DVD-RAM/±R/±RW
  • Operation System: Windows 8 64 Bit
  • Dimensi (mm): 660 x 472 x 35

Dengan spesifikasi yang tertanam di dalam Acer Aspire 7600U ini, Anda tidak perlu ragu lagi menjalankan game 3D maupun aplikasi kelas menengah ke atas. Konfigurasi Prosesor Intel Quad core, graphics NVIDIA 6 series, dan memory sebesar 4 GB bagaikan sebuah mesin balap yang akan menghadirkan kinerja yang tinggi di hadapan Anda ketika digunakan untuk bermain game dan bekerja.

4

Layar Besar dengan Fitur Touchscreen

Acer Aspire 7600U dilengkapi layar berukuran 27” dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 dengan panel IPS yang akan menghadirkan gambar dan warna seindah aslinya. Penggunaan layar IPS ini membuat Anda tidak akan mengalami gradasi warna walaupun Anda melihatnya dari sisi kiri atau kanan layar. Tidak hanya itu, layar berukuran besar ini mengusung fungsi touch screen dan Anda dapat melakukan gerakan multitouch di layar tersebut.

Resolusi Full HD akan menghadirkan gambar high definition sehingga Anda dapat menikmati format movie dari optical Blu-ray dengan maksimal. AIO ini semakin menyenangkan ketika Anda menggunakan tampilan Modern UI pada Windows 8.

Optional Lebih yang Menarik

Selain layar besar dengan touch screen, Acer Aspire 7600U mempunyai kelebihan lain seperti TV tuner yang siap menghadirkan channel TV kesayangan Anda pada perangkat AIO ini. Berkat adanya remote windows media center, Anda tidak perlu beranjak dari kursi untuk mengganti channel maupun mengoperasikan berbagai aplikasi multimedia.

Hal yang sangat menarik adalah Anda dapat mengoperasikan Acer Aspire 7600U melalui gerakan tangan berkat HD webcam yang ada di atas layar LCD-nya. Anda dapat melakukan beberapa perintah hanya dengan menggerakkan tangan di depan AIO ini.

1

Airy Design

Acer Aspire 7600U mengusung desain yang cukup menawan sehingga Anda dapat meletakkan di mana saja. Walaupun menggunakan layar berukuran besar, AIO ini tetap mempunyai bentuk yang ramping dan berkat penggunaan bahan transparan pada bagian bawah, perangkat ini terlihat bagai melayang tanpa penyangga. Jika Anda tidak ingin meletakkannya di atas meja, AIO ini dilengkapi vesa mount sehingga Anda dapat menggantungnya di dinding. Semakin hemat tempat, bukan?

Perangkat keyboard dan mouse wireless yang diberikan pada paket penjualannya juga tidak kalah menarik, dipadukan dengan sentuhan bahan akrilik yang tembus pandang senada dengan AIO ini membuatnya terlihat sangat serasi mendampingi Acer Aspire 7600U.

2

AIO 7600U hadir dalam dua model yaitu 7600U 27″ (L Stand) dan 7600U 27″ (swivel). 7600U Swivel edition memberikan kenyamanan lebih dalam mengoperasikan layar sentuh dengan 64 points multi-touch, memungkinkan spAcer memainkan game atau bekerja kolaboratif dengan teman secara bersamaan. Putar 7600U Swivel edition secara vertical untuk pengalaman membaca e-book atau browsing website dalam ukuran display yang besar.

5

Multimedia Plus

AIO ini mengusung berbagai pilihan multimedia lebih dari yang Anda bayangkan. Tata suara surround sound speakers yang apik akan membawa Anda masuk ke dalam pengalaman yang lebih ketika menonton dengan format Blu-ray dengan resolusi full HD. Anda akan merasa seperti mempunyai bioskop mini dengan tata suara yang mumpuni di meja Anda.

Berkat penggunaan layar sentuh, Anda akan dengan mudah menyortir dan melihat hasil foto. Cukup dengan jari, Anda dengan mudah menggeser dari hasil foto satu ke foto lainnya. Dengan gerakan multitouch, Anda dapat memperbesar dan memperkecil foto dengan mudah.

All in One untuk Berbagai Usia

Penggunaan layar sentuh yang ditanamkan pada Acer Aspire 7600U akan mempermudah pengoperasian perangkat ini. Bahkan, anak Anda yang masih kecil pun akan menyenangi AIO ini. Anda cukup memberikan aplikasi yang menarik untuk si kecil, maka AIO ini akan menjadi taman bermain dan belajar yang sangat menyenangkan untuk buah hati Anda.

Pengoperasian layar sentuh dari Modern UI dari Windows 8 sangatlah mudah, ditambah lagi Acer Aspire 7600U mempunyai layar yang besar dan Anda dapat mengatur kemiringan sudut layar hingga 30 derajat dihitung dari meja. Dengan sudut kemiringan ini, saat santai pasti akan terasa lebih nyaman.

Pengujian Aplikasi Sehari-hari

pcmark 7

Konfigurasi atau spesifikasi yang tertanam di dalam Acer Aspire 7600U ternyata dapat memberikan kinerja yang tinggi. Penggunaan storage hard disk dengan SSD Cache ternyata cukup dapat mendongkrak kinerja perangkat ini lebih tinggi lagi. Dengan hasil tersebut, Anda dapat menjalankan aplikasi menengah ke atas dengan lancar.

Konsumsi daya

konsumsi daya

 

Penggunaan layar berukuran besar dan berbagai konfigurasi komponen kelas atas, tidak membuat Acer Aspire 7600U menjadi boros daya. AIO ini hanya memakan daya sebesar 68 watt dalam keadaan idle. Konsumsi daya tertinggi yang kami dapatkan ketika seluruh daya prosesor digunakan sampai dengan 100 persen hanya menunjukkan angka 84 watt. Ketika perangkat AIO digunakan untuk bermain game 3D, daya yang diperlukannya hanya mencapai angka paling tinggi 79 watt.

Acer membuktikan bahwa tidak selamanya sebuah perangkat berkinerja tinggi dengan layar besar selalu boros daya. Angka tersebut jauh lebih hemat dibandingkan sebuah perangkat komputer desktop lengkap dengan monitor, speaker, dan lain sebagainya, yang biasanya memerlukan konsumsi daya minimal 300 watt dalam keadaan idle.

Kinerja Graphics

Penggunaan graphics NVIDIA Geforce seri GT640M pada All in one ini memungkinkan Anda memainkan game 3D dengan baik pada resolusi dan konfigurasi tertentu. Selain itu, NVIDIA menanamkan Teknologi Optimus di dalamnya yang memungkinkan graphics melakukan pergantian ke graphics Intel HD4000 on prosesor bila tidak memerlukan kinerja graphics yang tinggi sehingga daya yang diperlukannya menjadi lebih sedikit.

3dmark6

Penggunaan graphics dari NVIDIA GT640M terbukti menghasilkan angka yang tinggi pada benchmark menggunakan 3DMark 2006. Dengan angka yang dihasilkan ini, Anda dapat bermain game 3D dengan baik pada resolusi dan setting tertentu untuk mendapatkan angka di atas 30 FPS.

Graphics Intel HD4000 yang tertanam bukan tidak mempunyai keunggulan dibandingkan graphics NVIDIA. Penggunaan graphics Intel tetap digunakan karena daya yang diperlukan oleh graphics ini lebih sedikit. Selain itu, di dalam graphics Intel telah tertanam perintah Quicksync, di mana Anda dapat melakukan transcoding dan encoding film dengan sangat cepat. Sebagai contoh, untuk mengubah film full HD 1080P dengan besar file sekitar 150 MB ke resolusi 720P, Quicksync hanya memerlukan waktu 5 detik, bila hanya menggunakan prosesor bisa mencapai detik 41 detik. Bila file yang Anda ubah semakin besar, Anda akan semakin merasakan manfaat dari QuickSync ini.

3dmark11

 

Kinerja dari graphics NVIDIA juga cukup mumpuni, mengingat angka yang dihasilkan pada tes menggunakan 3DMark 2006 dan 3DMark 2011 cukup tinggi. Ketika kami menggunakan Acer Aspire 7600U untuk memainkan game Left4Dead 2, Battlefield 3, Dirt 3, dan lain sebagainya, kami masih mendapatkan angka di atas 30 FPS pada resolusi dan setting tertentu.

3

 

 

Kesimpulan 

Acer Aspire 7600U bukanlah sebuah All in One PC biasa, tetapi merupakan sebuah AIO super lengkap dengan kinerja yang tinggi untuk berbagai keperluan. Saat Anda harus berkerja, AIO ini merupakan partner yang cukup dapat diandalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan cepat. Ketika Anda bersantai dan memerlukan hiburan, Acer Aspire 7600U dapat menemani Anda untuk memutar Blu-ray pada optical drive yang diberikan dan dapat ditampilkan dengan resolusi maksimal pada perangkat ini. Bosan menonton, Anda dapat langsung menonton channel-channel favorit Anda pada AIO ini berkat adanya TV tuner.

6

Anda ingin memacu adrenalin, siapkan diri di depan layar Acer Aspire 7600U untuk melakukan pertempuran atau memacu kendaraan dengan game 3D kesayangan Anda. Rebahkan AIO ini hingga mencapai sudut 30 derajat, maka dengan aplikasi yang pas Anda dapat mulai memutar berbagai musik yang mengentak lantai layaknya seorang DJ. Masih kurang? Instal aplikasi yang pas untuk Anak Anda dan Acer Aspire 7600U akan menjadi taman bermain. Si kecil pun akan banyak belajar dari aplikasi yang Anda siapkan.

B009M3PKPG_image_B

Kinerja yang tinggi, desain yang menawan, layar besar dengan touch screen, serta konsumsi daya yang rendah merupakan kombinasi yang susah untuk ditolak ketika Anda memutuskan untuk membeli AOI ini dan meletakkannya di meja. Sebuah perangkat yang mempunyai banyak fungsi untuk berbagai keperluan dan bagi semua usia. Inilah yang dapat dikatakan untuk menggambarkan All in One Acer Aspire 7600U.