6 Tips Memulai Karir di Industri Animasi, Dicoba Yuk!

February 19, 2021

Keberadaan industri animasi terus berkembang, terutama saat digital hadir sebagai peran penting untuk berbagai segmen industri, termasuk animasi. Maka dari itu, profesi animator semakin banyak peminatnya dan menjadi bidang yang menjanjikan. 

Lalu, apa pengertian animasi itu sendiri? Mengutip Hives Studio, anime berasal dari bahasa latin “animare” yang berarti membuat lebih hidup atau mengisi dengan napas. Lebih tepatnya, animasi adalah pergerakan cepat dari gambar berurutan untuk menciptakan sebuah ilusi gerakan. 

Dalam industri animasi, ada beragam macamnya seperti animasi 2D/3D, motion graphic, dan motion picture. Kebutuhan animasi pun bukan hanya untuk hiburan, juga diperlukan untuk game, iklan, sampai dunia pendidikan. 

Kamu yang memang tertarik menggeluti profesi animator, simak tips bagaimana memulai karir di industri animasi seperti di bawah ini.

Attitude yang Baik

Hal pertama yang paling penting adalah memiliki attitude atau karakter yang baik. Attitude yang baik dapat terlihat saat melakukan interview di perusahaan animasi yang kamu tuju. Berawal dari situlah kelancaran karir kamu akan berkembang kedepannya karena akan dinilai oleh perusahaan.

Memiliki Skill Animasi 

Sudah pasti ketika kamu mengajukan diri bekerja untuk industri animasi, maka setidaknya harus memiliki skill dasar, seperti teknik dasar menggambar atau mengetahui jenis dasar gambar animasi. Skill ini tentunya bisa diasah dengan berbagai cara, misalnya sering latihan atau membuat project.

6-Tips-Memulai-Berkarir-di-Industri-Animasi-Ezel

Baca juga: ConceptD 7 Ezel Pro (CC715-71P/91P), Visual Sempurna yang Mendukung Kreativitas Para Kreator

Memiliki Demo Reel Menarik

Untuk menjual atau mempromosikan kemampuan kamu kepada perusahaan yang dituju, pastikan menunjukkan demo reel yang menarik. Dari sini akan terlihat bagaimana ide/kreativitas serta skill animasi yang kamu miliki dapat didemonstrasikan dengan baik. 

Mengulik Beragam Software Animasi

Software untuk bidang animasi ada banyak, seperti Blender, Maya, Animaker, After Effect, dan lainnya. Nah, kamu bisa mencari tahu tentang softwares tersebut dengan mengunduhnya lalu mencoba mengulik dengan membuat animasi 2D atau mungkin 3D. Dengan begitu, akan meningkatkan skill sekaligus menjadi referensi mana yang cocok untuk kamu. 

Rajin Mencari Referensi dan Tutorial

Tips berkarir di industri animasi selanjutnya adalah rajin mencari referensi dan tutorial cara membuat animasi dari para profesional. Saat ini YouTube menjadi platform yang bisa memberikan banyak informasi tutorial melalui video. Banyak animator profesional luar negeri atau dalam negeri memberikan tips-tips membuat animasi sekreatif mungkin. Kamu dapat memanfaatkan platform ini sebagai referensi untuk melakukan latihan secara pribadi.

Terus Belajar dan Menggali

Menjadi animator profesional memang membutuhkan semangat tinggi. Namun, semangat tinggi harus didukung dengan skill yang mumpuni. Kamu bisa mulai dengan belajar membuat animasi yang sederhana kemudian perlahan bisa meningkatkan skill dengan level yang lebih susah. Berkonsultasi langsung dengan animator profesional juga bisa meningkatkan semangat kamu, lho. 

Saat ini, kesempatan untuk terus belajar semakin tersedia misalnya melalui jurusan Animasi di sekolah atau perguruan tinggi, juga pelatihan profesional yang dapat diikuti animator dari berbagai level keterampilan. 

Baca juga: ConceptD 3 Ezel Pro (CC314-72P), Laptop Desain Konvertibel dengan Visual Lebih Nyata

Yuk, mulai fokus asah skill kamu dengan melakukan enam tips di atas! Beberapa tips sharing tersebut disampaikan oleh Richard Huang, Program Associate Bengkel Animasi,  pada webinar “Berkarier di Bidang Animasi” yang diselenggarakan oleh Bengkel Animasi dalam kolaborasi bersama Acer.

Bengkel Animasi merupakan Professional Training Center di bidang animasi dengan para pengajar berpengalaman di industri animasi. Sejak didirikan tahun 2014 oleh Ronny Gani, hingga saat ini Bengkel Animasi telah berkolaborasi dengan banyak studio animasi dalam melaksanakan pelatihan untuk animator profesional. 

Perangkat Andalan untuk Creator

6-Tips-Memulai-Berkarir-di-Industri-Animasi-ConceptD

Untuk meniti karir di bidang animasi, tentu perangkat yang mumpuni menjadi salah satu kebutuhan kamu sehari-hari. Acer menghadirkan ConceptD, lini produk yang khusus didesain untuk kreator profesional. Kini, kamu bisa memilih laptop creator yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, yaitu ConceptD 3 Ezel Pro atau ConceptD 7 Ezel Pro

Laptop ConceptD Ezel ni sudah dilengkapi dengan prosesor Intel Core Generasi ke-10 (tersedia pilihan dengan Intel Xeon) serta grafis NVIDIA® Quadro untuk performa daya kerja mumpuni dan menampilkan visual tajam dan tampak nyata. ConceptD 3 Ezel Pro tersedia dengan harga Rp31.999.000 dan ConceptD 7 Ezel Pro tersedia mulai harga Rp49.999.000. 

Dapatkan akses terhadap lebih dari 20 aplikasi kreatif dari membership Adobe Creative Cloud untuk pembelian laptop ConceptD tipe apapun. Tersedia penawaran khusus cashback Rp 2 juta untuk pembelian model ConceptD 3 Ezel Pro selama 13 Februari – 14 Maret 2021. Bangun karir kamu di industri animasi dan mengasah skill menggunakan laptop desain ConceptD Ezel Pro!

Button-Explore-ConceptD-Ezel