6 Enam Tips Melindungi Privasi Email

August 14, 2012

spAcer, kita semua tahu untuk tidak mengirimkan informasi yang private dan sensitif pada situs jejaring sosial. Bahkan dengan pengaturan privasi diaktifkan, foto-foto memalukan di pantai, atau video-video pribadi kita masih bisa dengan mudah jadi sensasi di internet akibat orang-orang jahil yang mengunggah informasi-informasi tersebut.

Sebagai perbandingan, email tampaknya menjadi media komunikasi yang jauh lebih aman, tapi spAcer masih bisa mendapatkan masalah jika kehilangan kontrol dari akun kita tersebut. Selain itu, pesan email itu seperti bola yang terlempar dari satu server ke server lain, sehingga informasi pribadi Anda masih bisa jadi makanan empuk para hacker.

Nah, berikut ini adalah enam tips untuk melindungi akun email dan pesan pribadi Anda yang mungkin bisa diaplikasikan sebagai tindakan preventif:

  1. Gunakan password/kata sandi yang kuat. Anda mungkin memberikan alamat email Anda kepada setiap orang, bahkan yang baru kenal sekalipun. Untuk itu, satu-satunya cara untuk melindungi email Anda adalah dengan menerapkan kata sandi yang kuat. Seorang penjahat cyber bisa saja menebak kata sandi Anda yang terlalu lemah. Terlebih jika Anda menggunakan penyedia email berbasis web seperti GMail atau Yahoo, menggunakan password yang kuat adalah hal mutlak.
  2. Hati-hati  saat menggunakan komputer publik/umum. Jika Anda memeriksa email di komputer umum misalnya seperti warnet, perpustakaan, cafe, dan sebagainya, pastikan untuk log out terlebih dahulu sebelum pergi.
  3. Lindungi alamat email. Adalah sebuah fakta jika kita seringkali memberikan alamat email setiap kali kita mengirim pesan, terlebih jika email itu untuk kepentingan bisnis atau sebagainya. Jangan menyertakan alamat email Anda pada postingan komentar sebuah blog atau pada saat Anda posting di social media. Spammers dan scammers siap memanfaatkan kecerobohan tersebut untuk mencari korban baru.
  4. Kunci windows PC/notebook Anda. Biasakan untuk mengunci desktop Windows pada PC atau notebook, jika Anda terpaksa harus meninggalkannya untuk ke toilet misalnya. Rekan kerja atau teman yang iseng bisa saja membaca pesan pribadi yang ada pada email Anda bukan> tahan tombol Windows, lalu tekan tombol “L” pada keyboard untuk mengunci desktop langsung.
  5. Jangan tertipu. Provider email Anda telah mengirim pemberitahuan tentang pelanggaran keamanan dengan link untuk mereset password Anda? Jika spAcer pernah mengalami hal ini, jangan klik link tersebut! Pasalnya, hal itu hampir pasti penipuan yang dirancang untuk mencuri password email Anda. Jika ragu, arahkan ke situs penyedia email secara langsung dan cek ulang.
  6. Gunakan enkripsi. Kadang-kadang Anda mau tak mau memang perlu mengirimkan informasi sensitif melalui email. Untuk menjaga data aman, simpan sebagai dokumen atau menyimpannya dalam file ZIP yang dienkripsi/diberi password. Kemudian bagilah password tersebut hanya dengan orang yang akan menerima informasi tersebut.

So, yuk berinteraksi dengan asyik di internet namun tetap berhati-hati ya, spAcer!