Hati-hati! Kenali 5 Virus Komputer Paling Berbahaya!

March 18, 2019

Virus komputer adalah sesuatu yang paling dibenci oleh pengguna PC. Pasalnya, virus-virus tersebut bisa menyerang sistem PC, menghapus file penting yang ada di PC, hingga merusak sistem PC. Bahkan dalam kasus tertentu, ada berbagai jenis virus komputer yang bisa merugikan pihak pengguna karena mencuri informasi pribadi dan menyebabkan sejumlah kerugian finansial.

Oleh karena itu, saking banyaknya virus komputer, setiap virus membawa dampak  berbeda-beda dan merusak dengan berbagai cara, maka sangatlah penting untuk tahu virus apa saja yang harus kamu waspadai. Berikut daftar lima virus komputer paling berbahaya yang dapat menyebabkan banyak kerusakan pada PC kesayanganmu!

Storm Worm

Storm Worm adalah virus jenis Trojan Horse yang dapat menginfeksi PC, kemudian memungkinkan perangkat dikendalikan dari jarak jauh untuk menyebarkan email spam. Virus komputer ini juga berbahaya karena dapat install rootkit untuk menyembunyikan program jahat di PC yang tidak dapat dideteksi antivirus.

Nama Storm Worm sendiri pertama kali menyebar via pesan email pada Januari 2007 ketika badai melanda Eropa. Pada saat itu, pengguna menerima email palsu yang berisi informasi tentang badai, namun isinya malah menyediakan tautan yang mengarahkan pengguna ke situs untuk install perangkat lunak berbahaya. Ketika di-klik, tautan akan meng-install botnet (jaringan PC yang dapat dikontrol dari jarak jauh) pada PC korban yang memberikan kendali atas perangkat tersebut.

Jenis Virus komputer

ILOVEYOU

Sama seperti Storm Worm, virus ILOVEYOU juga menyebar melalui pesan email bersubjek “I LOVE YOU” di tahun 2000. Ketika virus sudah masuk ke dalam PC, maka ILOVEYOU dapat mengubah file, mengubah malware lainnya, dan mengganti data. Virus komputer ini juga berisikan program VBScript, yang ketika di-klik membuat virus dapat mengakses daftar kontak Outlook korban dan mengirim email sendiri berisikan virus tersebut ke semua orang di dalam kontak.

Menurut sejumlah sumber, ILOVE YOU dibuat oleh Onel de Guzman dari Filipina. Virus komputer dengan nama lain Love Letter ini sangat berbahaya, yang mana diperkirakan menginfeksi 45 juta PC di seluruh dunia dalam satu hari dan menyebabkan kerugian lebih dari USD 8 miliar.

MyDoom

Pertama kali dideteksi pada 2004, virus komputer ini diklaim menjadi virus dengan penyebaran tercepat yang pernah ada. MyDoom dapat memperlambat akses internet dan menyebabkan jutaan email terinfeksi dalam waktu 36 jam pertama. Tak hanya itu, virus komputer ini juga menyebabkan Microsoft Windows mengalami kerugian finansial hingga USD 38,5 miliar.

Adapun bahaya MyDoom adalah dapat mencuri informasi pribadi korbannya, mulai dari nama pengguna, alamat email, nama domain dari sistem yang terinfeksi, dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat lebih banyak email, lalu mengirimkannya secara otomatis ke daftar kontak milik korban. Bahayanya lagi, MyDoom memiliki kemampuan untuk menghapus atau menghindari network and security analyzing tools sehingga sulit untuk dideteksi, dicegah, atau dihapus.

Black Shades

Black Shades adalah virus tipe ransomware yang mengenkripsi (mengunci) file, sehingga memungkinkan para peretas mengendalikan PC kamu dari jarak jauh. Begitu masuk, mereka akan memata-matai melalui webcam PC, mencuri file dan informasi akun, dan melihat apa yang kamu ketik. Jadi, untuk memulihkan PC, korban harus membayar sejumlah uang tembusan.

Virus komputer ini pertama kali muncul pada 2010. Diperkirakan Black Shades menginfeksi lebih dari 500.000 komputer berbasis Microsoft Windows di berbagai negara. Serem, ya!

WannaCry

Jenis Virus komputer

Daftar virus komputer paling berbahaya tak akan lengkap tanpa memasukkan nama WannaCry. Pada 2017 lalu, WannaCry sukses menghebohkan dunia di mana serangan ransomware ini menyebar dengan cepat di ratusan negara melalui jaringan PC, termasuk Indonesia. Tak seperti kebanyakan virus komputer lainnya, WannaCry dapat mengekripsi (mengunci) file pada HDD PC yang membuat perangkat tidak dapat diakses oleh pengguna, yang kemudian menuntut pembayaran tembusan dalam bentuk bitcoin untuk mengembalikan PC ke seperti semula.

Serangan WannaCry umumnya disebarkan melalui berbagai metode, termasuk email phising dan PC tanpa dilengkapi program antivirus yang update. Oleh karena itu, perlindungan terbaik yang bisa spAcer lakukan adalah rutin melakukan backup semua data ke sistem yang benar-benar terpisah, selalu mencurigai email yang tampak ‘aneh’, serta melindungi PC dengan antivirus terbaik.

Itulah lima jenis virus komputer yang sebaiknya kamu waspadai. Meskipun begitu, masih ada ribuan virus-virus komputer lainnya yang harus kamu ketahui, spAcer. Oleh karena itu, pastikan PC terlindungi dengan program antivirus, sehingga virus-virus komputer tersebut tidak menginfeksi perangkat kesayanganmu, ya.