5 Cara Merawat Laptop Acer Milikmu Agar Awet dan Tahan Lama

February 29, 2016

“Ah nyesel beli laptop ini, cepet rusak!”. Komentar miring ini mungkin sering spAcer dengar dari orang-orang di sekelilingmu, atau kamu baca dari forum maupun blog. Tapi, apakah spAcer sadar bahwa kerusakan sebuah laptop belum tentu mutlak kesalahan dari pihak merek saja? Faktor kesalahan pengguna juga sangat mungkin terjadi.

Penggunaan laptop yang salah tentu saja dapat menyebabkan kerusakan fatal bagi laptop kamu. Seperti barang elektronik lainnya, laptop merupakan perangkat yang sangat rapuh dan sensitif. Komponennya mudah rusak jika laptopmu terjatuh, terbentur, terkena air dan sebagainya. Jika ingin laptop awet dan tahan lama, maka ikuti cara merawat laptop Acer berikut ini ya!

Yuk, mulai lebih perhatian dengan laptop Acer-mu! Lima tips dari http://www.acerid.com/ ini bisa membantu memperpanjang umur laptopmu.

1. Jangan Jadikan Laptopmu Tatakan Barang

Jangan Jadikan Laptopmu Tatakan Barang

Sumber : www.gettyimages.com

Kesalahan yang paling banyak dilakukan pengguna adalah meletakkan barang berat di atas laptop. Menaruh barang berat di atas laptop bisa mengakibatkan kerusakan pada layar, sekaligus komponen lainnya. Jadi mulai sekarang, jangan taruh laptopmu di dalam backpack bersamaan dengan buku-buku kuliahmu yang berat, ya.

2. Jaga Kebersihan Laptopmu!

Jaga Kebersihan Laptopmu!

Sumber : www.gettyimages.com

Bersihkan laptopmu secara teratur dari kotoran dan debu di dalam komponen laptop. Pengendapan debu dan kotoran merupakan salah satu penyebab laptop cepat rusak.

  • Bersihkan Keyboard

Tempat yang paling banyak kotoran di laptop adalah keyboard. Entah karena debu maupun remahan makanan. Coba gunakan semprotan udara dan sikat yang lembut untuk membersihkan sisa-sisa debu di sela-sela tombol keyboard.

  • Bersihkan Layar

Layar yang kotor juga dapat mengganggu kenyamanan untuk melihat tulisan ataupun gambar. Bersihkan dengan cairan khusus pembersih, yang disemprotkan terlebih dahulu ke tisu atau kain lembut. Kemudian, lakukan dengan hati-hati.

Baca Juga: 8 Tips Merawat Laptop Agar Lebih Awet

3. Jauhkan Makanan dan Minuman Dari Laptop

Jauhkan Makanan dan Minuman Dari Laptop

Sumber : www.gettyimages.com

Hayo ngaku siapa yang suka makan dan minum di depan laptop? Main laptop sambil ngemil memang asyik, namun kebiasaan ini bisa menyebabkan kerusakan pada hardware laptop, lho.

  • Bahaya Basah

Ketika kopimu tumpah dan mengenai komponen laptop, maka terjadilah kerusakan pada laptop. Demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, letakkan minuman dengan jarak yang cukup jauh dari laptop Acer-mu.

  • Bahaya makanan tumpah

Saat makanan berceceran atau tertumpah tidak sengaja, maka remahan makanan tersebut akan masuk ke sela-sela tombol keyboard, yang kemudian bisa menyebabkan tombol ngadat dan tidak berfungsi.

4. Biasakan Gunakan Tas Laptop Berpelindung

Biasakan Gunakan Tas Laptop Berpelindung

Sumber : www.gettyimages.com

Guna mempermudah suatu pekerjaan, laptop selalu kamu bawa baik saat ke kampus maupun kantor. Dengan membawa dan menyimpannya di tas khusus, kamu turut membantu laptop Acer-mu lebih tahan lama dan awet.

  • Terhindar dari benturan

Jika membawa laptop ke kantor atau kampus menggunakan Trans Jakarta atau Commuterline, pastikan laptop Acer-mu berada di wadah yang aman. Pilihlah tas laptop dengan bantalan khusus untuk menyimpan laptop sekaligus melindungi laptop dari terbentur, tergores  ataupun terjatuh secara tidak sengaja.

  • Aman dari kehujanan

Air merupakan musuh utama rangkaian elektronik. Oleh karena itu, pakailah tas laptop yang dirancang memiliki anti air agar laptop Acer-mu tetap aman dari bahaya air di kala musim hujan.

Baca Juga: Lakukan 9 Cara Merawat Laptop Baru Ini!

5. Jangan Gunakan Laptop Terlalu Lama

Jangan Gunakan Laptop Terlalu Lama

Sumber : www.gettyimages.com

Jangankan laptop, stamina kamu aja ada batasnya! Kalau kamu bisa istirahat sejenak dari lelahnya bekerja, maka begitu pula dengan laptop Acer-mu.

  • Overheat

Pernahkah bermain laptop sambil berbaring di atas tempat tidur? Tak jarang sampai ditinggal tidur. Hati-hati, kebiasaan ini bisa menyebabkan laptopmu overheating! Soalnya, ventilasi udara yang tertutup mengakibatkan panas laptop tidak terbuang dengan sempurna.

  • Perhatikan suhu dalam laptop

Menyelesaikan pekerjaan atau main game berat memang suka bikin lupa waktu. Kebiasaan ini sering kali membuat kamu mengabaikan suhu laptopmu. Ingat, panas berlebihan akan mengakibatkan umur laptop Acer-mu pendek! Acer menganjurkan untuk mengistirahatkan laptopmu sekitar 15 menit setelah menggunakannya selama 3 jam.

Lantas, sudahkah spAcer memperlakukan laptop Acer dengan bijak agar terawat dan awet? Jika belum, masih ada kesempatan untuk mengubah kebiasaan dan mengikuti cara merawat laptop Acer dari kami. Ingat, menjaga dan merawat lebih mudah dibandingkan memperbaiki barang yang telah rusak. Jangan sampai menyesal nantinya ya, spAcer.

Pantau terus Official Website Acer Indonesia serta ikuti media sosial Acer Indonesia untuk mendapatkan informasi, rangkaian produk, dan promo terkini lainnya.