Pakai Windows Bajakan? 5 Hal Ini Akan Menimpamu!

March 18, 2019

Faktanya, sebagian besar orang menggunakan Windows bajakan. Karena harganya yang tentu saja lebih terjangkau, otomatis penggunaan software ilegal menjadi begitu menjamur. Namun, apa yang tidak disadari adalah Windows bajakan ternyata punya banyak efek negatif bagi penggunanya.

Kamu masih menggunakan Windows bajakan di PC kamu? Kalau iya, bersiaplah menghadapi lima bahaya yang sedang mengintaimu berikut ini!

Windows bajakan

Tidak ada akses update OS

Windows bajakan dan asli mungkin tampak serupa, tetapi sebenarnya tidak. Kalau kamu pakai Windows bajakan, maka risiko yang dihadapi adalah tidak mendapatkan pembaharuan lengkap gratis secara berkala. Meskipun banyak yang menyepelekan hal ini, melakukan pembaharuan software adalah penting.

Sebuah sistem akan mengalami banyak perubahan atau perbaikan seiring berjalannya waktu. Makanya, proses update dilakukan untuk memastikan bahwa sistem operasi semakin stabil, menawarkan user experience yang lebih baik, hingga memberikan berbagai fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Mempengaruhi kinerja perangkat

Menggunakan versi bajakan juga memiliki efek buruk pada kinerja dan fungsi PC. Ketidaksesuaian program atau adanya cacat produk dapat merusak sistem, sehingga mengganggu performa PC dan membuat beberapa fitur lain tidak dapat digunakan. Yang lebih parah, PC bisa mengalami restart atau mati sendiri karena OS Windows bajakan tidak kompatibel.

Risiko serangan virus

Sebagian besar serangan dunia maya di seluruh dunia terjadi pada sistem bajakan. Alasannya, sistem keamanan Windows bajakan tidak mampu melindungi perangkat dari serangan virus dan malware. Selain itu, sistem operasi bajakan tidak up to date untuk proteksi serangan hacker, lho, spAcer.

Akibatnya, PC dengan Windows bajakan rentan mengalami kehilangan data-data penting akibat virus. Ini sangat berbahaya bagi para pelaku bisnis, sebab recovery data membutuhkan biaya yang sangat mahal. Selain itu, Windows bajakan juga menjadikan PC kamu sebagai sasaran empuk untuk berbagai penjahat siber.

Tidak bisa mengakses semua aplikasi dan layanan

Windows memiliki banyak aplikasi dan layanan, terutama pada Windows 10. Sayangnya, pengguna Windows bajakan tidak bisa menikmati kehadiran berbagai fitur baru yang Windows luncurkan lewat update. Tak hanya itu, kamu pun tak bisa membeli aplikasi dari Windows Store. Sebab, Microsoft bisa mendeteksi bahwa kamu menggunakan sistem yang tidak asli dan kemungkinan akun kamu akan langsung dibekukan. Nah rugi kan?

Baca juga: Pakai Windows?  Ini 7 Aplikasi Laptop yang Harus Kamu Punya!

Tidak tersedia layanan teknikal support dari Windows

Menggunakan Windows bajakan mungkin dapat menghemat uang kamu, tapi bagaimana kalau ada masalah dan kamu membutuhkan bantuan profesional? Pada Windows asli, Microsoft menyediakan akses bantuan melalui staf dan teknikal profesional untuk mengatasi segala permasalahan yang dihadapi pelanggan kapan saja dan di mana saja.

Namun, nyatanya, servis ini tak bisa kamu nikmati bila menggunakan Windows bajakan. Kalau sudah begini, kamu harus membawa PC ke jasa servis, yang berarti mengeluarkan uang dan tenagamu untuk memperbaiki perangkat kesayangan kamu. Rugi dua kali, deh!

Itu dia lima risiko tersembunyi di balik penggunaan Windows bajakan. Meskipun dianggap lebih murah, memastikan PC lebih aman dan dapat memberikan pengalaman kerja lebih baik justru seharusnya menjadi prioritas utama kamu. Jadi,  mulailah untuk lebih menjaga perangkat kesayanganmu dengan beralih menggunakan Windows asli, ok?

Nah, kalau kamu mau cari laptop yang sudah dilengkapi Windows 10 Home original, coba deh pakai laptop pilihan dari Acer, seperti Aspire 3 series dan Switch 5 (SW512-52). Keduanya sudah dibekali operating system Windows 10 Home dengan dilengkapi spesifikasi terbaru yang siap menemai kamu bekerja multitasking untuk pekerjaan maupun hiburan dan kerja  mobile, deh!