Penting Nih! Ketahui Kisaran Harga Prosesor AMD Ryzen Sebelum Memakainya

March 18, 2019

Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga prosesor AMD Ryzen™ relatif terjangkau. Prosesor ini pun tampil beda karena sudah dilengkapi kartu grafis terintegrasi (APU). Maka itu, nggak mengherankan bila kehadirannya begitu ideal bagi spAcer yang memiliki low budget, terlebih mengingat tingginya harga kartu grafis.

Dengan demikian, spAcer tak lagi merasa kesulitan untuk merakit PC impianmu. Apalagi, untuk urusan spesifikasi, prosesor AMD hadir dengan performa tangguh. Tidak hanya untuk gaming terkini, tetapi juga mendukung pembuatan konten atau desain secara profesional.

Lantas, berapakah kisaran harga prosesor AMD di pasaran? Berikut kisaran harga AMD Ryzen™  yang sudah dirangkum Acer dari berbagai sumber.

Ryzen™ 3

APU Ryzen™ 3 adalah varian terendah dalam keluarga APU AMD Ryzen™. Namun, jangan salah, prosesor ini tetap mampu menunjukkan kinerja mengesankan, baik untuk aktivitas kerja maupun hiburan. Ini berarti, kamu bisa nyaman menggunakannya untuk mengetik laporan pekerjaan, menonton film, browsing internet, bahkan memainkan game ringan.

Saat ini, prosesor APU desktop Ryzen™ hadir dalam varian APU Ryzen™ 3 2200G. APU berkekuatan 4 core dan 4 thread ini dapat menjadi solusi bagi kamu yang mendambakan sebuah PC dengan respons dan kinerja terbaik layaknya PC mahal, namun harga yang bersahabat. Bayangkan saja, harga prosesor AMD APU Ryzen™ 3 2200G hanya dibanderol berkisar Rp1.499.000. Tawaran tersebut jelas menggoda, sebab sudah termasuk grafis Radeon™ Vega 8 diskrit.

RyzenTM 5

Selanjutnya, ada APU Ryzen™ 5 yang merupakan prosesor kelas mid-range dari keluarga APU desktop AMD Ryzen™. Dengan prosesor ini di dalam bodi desktop kamu, maka kamu bisa merasakan kinerja yang mulus dan tanpa kompromi.

Untuk seri ini, AMD telah menghadirkan banyak varian. Pertama, APU Ryzen™ 5 2400G yang memiliki 4 core dan 8 thread, serta telah dilengkapi Radeon™ RX Vega 11. Dengan demikian, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas multitasking atau kegiatan multimedia dengan lancar. Menariknya, kamu pun bisa mendapatkan harga prosesor AMD APU Ryzen™ 5 2400G yang terjangkau, yaitu berkisar  Rp2.399.000.

Varian selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah AMD Ryzen™ 5 2600 dan AMD Ryzen™ 5 2600X. Saat ini, harga prosesor AMD Ryzen™ 5 2600 ditawarkan senilai Rp2.999.000, sementara AMD Ryzen™ 5 2600X dibanderol dengan harga Rp3.399.000.

Kedua varian tersebut sebenarnya sama-sama memiliki 6 core dan 12 thread, serta clockspeed tinggi. Kemampuan multitasking-nya juga mumpuni dan dapat menawarkan performa lebih dan responsif. Namun, perbedaan yang paling mencolok dari AMD Ryzen™ 5 2600 adalah harga yang lebih murah dan konsumsi daya yang lebih rendah, yaitu TDP 65W. Sebaliknya, AMD Ryzen™ 5 2600X menawarkan sistem pendingin prosesor yang lebih baik sehingga cocok bagi kamu yang suka “memaksa” PC bekerja berat.

Ryzen™ 7

Terakhir, AMD Ryzen™ 7 akan memastikan kamu dapat merasakan pengalaman kinerja yang luar biasa saat digunakan untuk gaming, pembuatan konten, desain, atau animasi, hingga aktivitas multitasking yang intensif. Makanya, prosesor ini cocok sekali dimiliki bagi spAcer yang memiliki budget lebih dan mendambakan performa mengesankan dibandingkan kedua seri AMD Ryzen sebelumnya.

Seri AMD Ryzen™ 7 ditandai oleh dua model yang terdiri dari Ryzen™ 7 2700 dan Ryzen™ 7 2700X. Untuk Ryzen™ 7 2700X berada di posisi teratas dengan dibekali 8 core dan 16 thread serta base clock dan turbo lebih tinggi, yaitu 3,7 GHz dan 4,3 GHz. Urusan harga, prosesor AMD ini dibanderol dengan harga Rp4.899.000.

Sementara Ryzen™ 7 2700 juga memiliki dibekali 8 core dan 16 thread, namun base clock dan turbonya hanya 3,2 GHz dan 4,1 GHz. Harga yang ditawarkan pun lebih terjangkau, yaitu Rp4.599.000.

Kesimpulannya, dengan harga prosesor AMD Ryzen™ yang terbukti terjangkau, maka prosesor ini bisa menjangkau semua lapisan pengguna laptop. Prosesor AMD Ryzen™ 3 misalnya, hanya dibanderol dengan kisaran harga Rp1 jutaan. Harga tersebut cocok bagi spAcer yang memiliki budget pas-pasan, namun mendambakan kualitas performa mumpuni untuk kebutuhan komputasi sehari-hari.

Sebaliknya, AMD Ryzen™ 5 yang harganya berkisar Rp 2-3 jutaan juga masih layak untuk dipertimbangkan, terlebih bila kamu menginginkan prosesor yang kuat di kelasnya. Tak hanya itu saja, harga yang ditawarkan tersebut juga hemat karena sudah termasuk kartu grafis Radeon Vega terintegrasi. Kesimpulannya, tak perlu khawatir kualitas kinerja desktop saat hendak menggunakan perangkat untuk aktivitas gaming, editing video sederhana, desain, dan sebagainya.

Nah, kalau AMD Ryzen™ 7 cocok dimiliki oleh spAcer yang membutuhkan performa PC yang tinggi dan memiliki budget yang lebih. Namun, dengan selisih harganya dengan AMD Ryzen™ 5 yang hanya sekitar Rp1 jutaan, tentu kamu perlu mempertimbangkan prosesor ini untuk dimiliki. Apalagi, performanya lebih powerful dibandingkan kedua varian prosesor AMD lainnya.

Demikianlah update terbaru seputar harga prosesor AMD Ryzen™ yang harus kamu tahu bila berencana untuk meng-upgrade PC. Dengan mengetahui kisaran harga prosesor AMD Ryzen™, tentu akan bisa menjadi guide bagi kamu untuk memilih seri prosesor yang sesuai dengan budget di kantong. Jadi, jangan salah pilih dan akhirnya menyesal di kemudian hari, deh!

SpAcer, seperti itulah gambaran update terbaru harga prosesor AMD Ryzen™ yang harus kamu tahu jika berencana menggunakan prosesor AMD Ryzen. Semoga informasi harga-harga tersebut bisa menjadi guide untuk memilih seri prosesor yang sesuai dengan kebutuhan, ya.

Acer punya berbagai laptop dengan ketiga seri Ryzen tersebut!

Bagi spAcer yang mobilitasnya tinggi dan butuh perangkat setiap saat, alih-alih memakai PC, memilih laptop justru solusi terbaik.  Saat ini, di pasaran sudah banyak laptop yang dijual dengan beragam varian AMD Ryzen™, lho. Namun, manakah laptop AMD Ryzen™ yang tepat untuk kamu?

Acer sebagai produsen laptop favorit kamu telah meluncurkan beberapa laptop AMD Ryzen™ yang bisa dipilih. Acer Aspire 3 adalah salah satu laptop AMD Acer terbaik yang cocok untuk mendukung aktivitas kerja maupun hiburan. Apalagi, laptop ini telah hadir dengan pilihan seri AMD Ryzen™ mobile yang lengkap, mulai dari Ryzen 3, 5, dan 7. Dengan beragamnya model ini, tentu akan memudahkan kamu untuk memilih laptop tepat sesuai keperluanmu tapi harga tetap terjangkau.

Selain Aspire 3, Acer juga menghadirkan Swift 3 dan Nitro 5. Laptop Swift 3 menawarkan kinerja cepat berkat mengusung AMD Ryzen™ mobile  5 dan 7. Apalagi, bodinya yang tipis membuatnya nyaman dibawa kemana saja tanpa merasa mudah lelah.

Sementara Nitro 5 hadir dengan AMD Ryzen™ mobile 7 untuk mendukung aktivitas gaming gamer casual. Bahkan untuk memuaskan hasrat gaming kamu, Acer turut meluncurkan Predator Helios 500 bertenaga AMD Ryzen™ mobile 7. Laptop gaming ini pastinya bisa jadi pilihan para gamer profesional yang menginginkan pengalaman gaming yang lebih menantang.

Sekarang sudah terjawab rasa penasaran kamu untuk kisaran harga prosesor AMD dan bagaimana Acer punya perangkat laptop dengan prosesor tersebut! Nggak lagi bingung atau ragu-ragu untuk membeli prosesor AMD Ryzen. Nggak akan nyesel, deh!