Windows 10 Home vs Windows 10 Pro, Apa Bedanya?

February 12, 2019

Kamu tertarik untuk install Windows 10 tapi bingung harus memilih versi yang mana, Windows 10 Home vs Pro? Wajar saja sih, karena Windows 10 tersedia dalam beberapa versi, salah duanya yang disebutkan tersebut. Tapi, kalau sistem operasi bakal digunakan untuk bisnis berskala menengah atau bersifat pribadi, maka pilihan terbaik adalah Windows 10 Home dan Windows 10 Professional.

Namun setelah itu, pasti timbul pertanyaan baru, “Dari kedua OS tersebut manakah yang cocok untuk kebutuhan pribadi?” Bandingkan Windows 10 Home dan Windows 10 Professional untuk mengetahuinya, yuk!

Fitur-fitur yang tersedia

Jika untuk kebutuhan pribadi dan komputer rumahan, menggunakan  Windows 10 Home saja sebenarnya sudah cukup, spAcer. Versi ini menyertakan semua fitur yang biasanya penting bagi pengguna PC sehari-hari. Sebut saja asisten suara Cortana, Outlook, OneNote, Windows Hello, Microsoft Edge, dan masih banyak lainnya.

Selain fitur-fitur tersebut, ada salah satu fitur penting yang tersedia di Windows 10 Home, yaitu Mobile Device Management. Inovasi untuk Windows 10 ini memungkinkan kamu menghubungkan ponsel dan mengelola aplikasi dan keamanan dari komputer kamu. Pada versi ini, maksimal kapasitas RAM yang diberikan adalah 128GB.

Lalu, bagaimana dengan Windows 10 Pro? Sebenarnya fitur ini punya fitur yang sama seperti Windows 10 Home. Namun perbedaannya ada fitur-fitur tambahan yang lengkap dalam sistem keamanan dan kompatibilitas. Soal kapasitas RAM, versi ini mampu menampung hingga 2TB. Oleh karena itu, Windows 10 Pro lebih diutamakan untuk pemakaian kebutuhan bisnis, kantoran, atau pendidikan yang membutuhkan ruang banyak.

Beberapa fitur yang dimiliki Windows 10 Pro adalah:

    • Device Guard dan Secure Boot, yang merupakan aplikasi eksklusif untuk Windows 10 Pro. Kedua aplikasi ini memastikan bahwa perangkat kamu tidak dibajak oleh malware dan perangkat lunak berbahaya lainnya.  
    • BitLocker, sebuah enkripsi tool yang membantu perangkat mengekripsi (mengunci) data pada drive PC sehingga membuatnya sulit diakses oleh orang lain.   
    • Group Policy Editor, fitur yang memungkinkan kamu menetapkan aturan dan mengatur akses tertentu untuk pengguna Windows yang berbeda jaringan.
    • Remote Desktop. Sesuai namanya, Remote Desktop membantu kamu mengendalikan komputer dari jarak jauh. Jadi, kamu bisa mengakses PC dari mana saja.
  • Fall Creators Update. Fitur yang memaksimalkan kebutuhan workloads tinggi, seperti halnya perusahaan yang punya tumpukan data penting. Didukung dengan memory yang kuat sehingga memudahkan berbagi file secara cepat.

Pengaturan update

Pengguna Windows 10 Pro akan mendapatkan pembaharuan dari Windows Update for Business. Menariknya, fitur tersebut memberikan keleluasaan waktu update, serta memungkinkan kamu melakukan penundan bagi kamu untuk mengatur an hingga 35 hari ke depan.

Namun, untuk fitur update yini tidak tersedia untuk Windows 10 Home. versi Home yang didukung Windows Update memungkinkan Microsoft memiliki kontrol penuh atas pembaharuan dan akan melakukan pembaharuan secara otomatis. Kalau pun kamu ingin menundanya, kamu dapat menunda instalasi selama beberapa jam saja.

Sistem keamanan

Perbedaan utama antara Windows 10 Home dan Windows 10 Pro juga terletak pada sistem keamanan. Karena bisnis kerap menjadi target oleh penjahat siber, maka Windows 10 Pro menawarkan sistem keamanan yang lebih kuat daripada Windows 10 Home.

Selain Windows Defender, versi Pro juga dilengkapi Enterprise Data Protection, yang merupakan modul untuk memastikan data penting tidak jatuh ke tangan yang salah. Data pun dienkripsi dalam fitur ini sehingga bisa diretas, maka tidak bisa terbaca.

Fitur keamanan lain yang ditawarkan bila kamu install Windows 10 Pro adalah BitLocker. Ada pula Azure Active Directory, yang merupakan layanan manajemen yang digunakan untuk mengatur kebijakan akses untuk aplikasi dan perangkat.

SpAcer, jadi seperti itulah perbedaan antara Windows 10 Home dan Pro. Pasti akan memudahkan kamu untuk memilih yang tepat sesuai kebutuhan. Jika hanya sekadar untuk aktivitas standar, Windows 10 Home dianggap sudah mencukupi. Sementara Windows 10 Pro sangat disarankan untuk kebutuhan kantoran dan pendidikan yang memiliki jumlah PC banya karena punya fitur yang mengutamakan keamanan ekstra untuk memudahkan pengawasan.

Baca juga: Pakai Windows? Ini 7 Aplikasi Laptop yang Harus Kamu Punya

Laptop dengan dua pilihan Windows 10

SpAcer yang nggak mau ribet karena harus membeli dan install Windows 10 sendiri saat membeli laptop baru, nggak perlu bingung. Acer sebagai produsen laptop terkemuka di dunia telah semua membekali produknya dengan sistem operasi Windows 10 original secara gratis. Salah satunya adalah Acer Switch 5 (SW512-52) dengan Windows 10 Home atau Windows 10 Pro. Yes, berarti perangkat ini bisa digunakan bagi pengguna pribadi, kebutuhan kantor atau bisnis. Dan pastinya Windows 10 yang dibenamkan sudah dipastikan original.

 

Lantas, bagaimana dengan performanya? Notebook 2-in-1 ini dibekali Intel® Core I generasi ke-7 dan daya tahan dapat bertahan hingga 10,5 jam. Kinerjanya juga cepat dan responsif berkat penggunaan SSD yang dapat upgrade hingga SSD NVME. Menggunakannya pun nyaman karena berkat sistem pendingin LiquidLoop™, Acer Switch 5 (SW512-52) dapat beroperasi dingin dan senyap.

Berkat kehadiran Windows 10, notebook 2-in-1 ini siap mendukung produktivitas penggunanya. Ditambah panel IPS dengan 178o sudut pandang lebih lebar di layarnya, kualitas visual yang ditampilkan layar 12,2 inci nyaman dipandang jika dilihat dari sisi mana pun.