Simak Tips Ini, Pastikan Kamu Tak Salah Pilih Ukuran Laptop!

December 12, 2018

Memilih ukuran yang tepat untuk laptop sangatlah penting, mengingat perannya yang kamu gunakan setiap hari. Tak melulu laptop harus dilihat dari segi bentuk dan spesifikasinya saja, besar kecilnya ukuran laptop juga sangat menentukan kenyamanan spAcer saat memakainya.

Cara terbaik untuk mengetahui ukuran laptop yang kamu butuhkan adalah mempertimbangkan bagaimana kamu menggunakan laptop sehari-hari. Umumnya, laptop dikategorikan berdasarkan ukuran layar sebagai berikut:

Ultra Portable (Di bawah 13 Inci)

Saat ini, pasar teknologi dibanjiri dengan berbagai merek laptop berukuran 11 – 13 inci. Laptop ini dinilai terbaik dalam hal portabilitas dan fleksibilitas. Selain itu, laptop yang berukuran 13 inci ke bawah juga cocok untuk kebutuhan pengguna yang sederhana karena memiliki sistem yang ringan.

Jadi, spAcer yang berharap bisa menyelesaikan pekerjaan kantor saat bepergian atau selalu melakukan mobilitas menggunakan transportasi umum, pilih laptop yang ultra portable. Kamu juga tetap bisa mengetik dokumen di Word atau menggunakan Excel dengan cukup nyaman, meskipun terkadang keyboard laptop berukuran ini mungkin terlalu kecil bagi beberapa pengguna.

Portable (13 – 14,9 Inci)

Secara umum, kamu bisa mendapatkan keseimbangan terbaik antara portabilitas dan fungsionalitas dengan laptop berukuran 13 – 14,9 inci. Ukuran tersebut disebut-sebut sebagai ukuran yang sempurna untuk personal computer portable, mengingat berat perangkat yang tak sampai 2 kg dan memiliki performa yang baik.

Tak hanya itu, ditambah dukungan desain keyboard yang cukup besar, laptop berukuran 13 – 14,9 inci juga tergolong ideal untuk menemani aktivitas kamu, mulai dari bekerja hingga menikmati konten multimedia. Pas sekali untuk mahasiswa atau pebisnis yang selalu berteman dengan mobilitas.

Standar (15 – 15,6 Inci)

Saat ini, laptop 15 – 15,6 inci adalah ukuran yang sedang populer. Ukuran ini dianggap ‘normal’ karena tidak terlalu besar dan juga nggak terlalu kecil. Selayaknya laptop 13 inci, sudah banyak laptop 15 inci yang juga menawarkan desain tipis dan ringan, sehingga nyaman untuk kamu bawa bepergian ke mana pun.

Kabar baiknya nih, kamu nggak perlu mengorbankan performa laptop. Sebagian besar produsen telah merilis laptop 15 inci dengan ruang penyimpanan yang lega, RAM yang besar, dan prosesor yang relatif kuat, sehingga mampu untuk menangani Photoshop, bermain game casual, atau nonton film-film terbaru. Model laptop ini juga umumnya dilengkapi DVD RW sehingga memberikan kemudahan untuk menyalin data dari dan ke CD atau install sebuah program baru.

Large (17,3 Inci ke atas)

Laptop berukuran besar lebih baik jika kamu menggunakannya untuk tujuan terkait grafis, seperti menonton atau editing video, bermain game berat, membuat desain, dan sebagainya. Laptop ukuran ini biasanya sudah dikemas dalam prosesor quad-core berkecepatan tinggi, chip kartu grafis, dan beberapa drive penyimpanan yang lega. Sayangnya, laptop 17 – 18 inci tidak terlalu nyaman dibawa mobilitas mengingat ukurannya yang besar dan berat.

Jadi, ukuran laptop mana nih yang paling sesuai dengan kebutuhan? Ingat, dari banyaknya laptop di pasaran, kamu tak boleh memilihnya asal-asalan. Pilihlah laptop Acer yang tak cuma memiliki ukuran layar bervariasi, tetapi juga mengedepankan prosesor berkualitas dengan kemudahan konektivitas internet.

Kalau kamu sedang mencari laptop berukuran layar 15 inci, performa super cepat, dan ideal untuk dibawa bepergian, maka Acer Swift 5 adalah jawabannya. Bayangkan saja, laptop Acer ini sudah dibekali Windows 10 dan prosesor Intel® Core™ terbaru dalam balutan bodi tipis seberat kurang dari 1 kg. Itulah mengapa Swift 5 sangat cocok dimiliki pebisnis, mahasiswa, atau pekerja yang selalu mobile karena memang butuh perangkat ringan plus spesifikasi terdepan.

Nah, kalau kamu ingin membeli laptop dengan ukuran layar lebih kecil dengan pengalaman baru Chrome OS, coba lirik Acer Chromebook 11. Kesan pertama ketika melihatnya adalah Chromebook 11 ini memiliki dimensi kecil dengan bentang layar 11,6 inci dan berbobot ringan. Plus, perangkat ini sudah didukung fitur dan akses ke ribuan aplikasi pendidikan yang ada di Google Play Store. Cocok banget buat kamu yang sedang banyak mengerjakan tugas kuliah.

SpAcer, mau pilih ukuran laptop yang bagaimana nih untuk kebutuhan kamu?

Baca juga: Ketahui Kelengkapan Garansi Laptop Kamu Sebelum Membeli