6 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menggunakan Proyektor

December 12, 2018

Menggunakan proyektor untuk kebutuhan sehari-hari memang terdengar sederhana dan mudah, namun sebenarnya, ada beberapa hal yang harus spAcer perhatikan sebelum menggunakan proyektor agar tidak salah dalam mengoperasikannya.

Kegunaan proyektor ada banyak, terlebih lagi, proyektor bisa menjadi teknologi yang multifungsi kalau penggunanya kreatif dalam memanfaatkannya. Misalnya, proyektor dapat digunakan untuk kebutuhan pekerjaan, seperti untuk rapat, yang mana kamu bisa menunjukkan presentasimu lewat layar yang besar. Kemudian untuk nonton film. Proyektor bisa membuat film yang kamu tonton dinikmati oleh orang banyak.

Akan tetapi, sebelum spAcer menggunakan proyektor untuk menunjang gaya hidup kamu, ada baiknya perhatikan keenam hal ini terlebih dahulu, agar kamu dapat memaksimalkan penggunaan proyektor yang jadi pilihan kamu!

DLP dan LCD

Proyektor memiliki dua tipe, yakni LCD (Liquid Crystal Display) dan DLP (Digital Light Processing). Tentu saja, keduanya memiliki keunggulannya masing-masing, kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari kamu!

Nah, jika dibandingkan dengan LCD, kualitas gambar yang dihasilkan oleh proyektor DLP memiliki gap yang lebih kecil dan elemen yang besar. Sedangkan proyektor dengan sistem LCD yang memiliki gap besar dan elemen yang kecil. Akibatnya, proyektor dengan sistem DLP memiliki kualitas gambar yang lebih jernih dan HD dibandingkan proyektor LCD yang pecah-pecah.

Lampu, LED atau Laser

Setiap proyektor pastinya memiliki sumber untuk memancarkan gambar dari proyektor ke wadah penerimanya. Sumber-sumber itu bisa berbentuk lampu, laser, dan yang kini sangat digemari adalah LED karena hemat daya dan umur pemakaiannya yang lebih panjang.

Berat dan Ukuran

Sebelum kamu menggunakan proyektor untuk kebutuhan penting, perhatikan berat dan ukurannya. Pasalnya, kalau kamu membutuhkan proyektor untuk kegiatan yang fleksibel dan harus bepergian ke tempat yang jauh, proyektor dengan berat lebih ringan yang pasti akan menguntungkan, seperti proyektor portable yang mudah masuk ke dalam tas kamu untuk dipakai di mana saja.

Kalau kamu membutuhkan proyektor di waktu yang mendadak. Tentu saja, akan sangat sulit menggunakan proyektor dengan ukuran besar dan berat. Karena itu, berat dan ukuran sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli proyektor.

Baterai

Buat kamu yang butuh proyektor di segala medan dan situasi, ada baiknya kamu melihat kolom baterai pada proyektor yang kamu akan gunakan. Pasalnya, baterai adalah hal yang sangat penting dalam mengoperasikan sebuah proyektor. Tanpanya, tidak akan ada daya yang bisa membuat proyektor menyala.

Kamu juga harus jeli dalam melihat model dan tipe proyektor. Biasanya, proyektor lama harus menggunakan daya listrik dan mencoloknya ke stop kontak. Kalau kamu butuh proyektor yang bisa dibawa ke mana saja, tentu kamu membutuhkan proyektor portable, kan?

Input dan Output

Ada banyak cara untuk menyambung proyektor dengan PC, laptop atau bahkan smartphone  kamu. Cara yang paling konvensional mungkin adalah dengan menyambungkan kabel. Namun sekali lagi, kalau kamu akan menggunakan proyektor di luar ruangan dan situasi-situasi ekstrim lainnya, akan sangat sulit jika harus membawa kabel ke mana-mana, apalagi kabelnya panjang.

Maka dari itu, ada baiknya, sebelum menggunakan proyektor, perhatikan input dan output yang dimiliki oleh proyektor yang akan kamu gunakan. Biasanya proyektor besar yang digunakan dalam ruangan punya input dan output yang lebih banyak dibandingkan proyektor portable.

Daya Tahan

Barang elektronik, ketika digunakan untuk waktu yang lama, akan mengalami overheat. Biasanya, situasi ini ditandai dengan permukaan barang elektronik itu menjadi panas. Kalau tidak diatasi, hal itu bisa mengundang banyak masalah dan akhirnya merusak barang elektronik tersebut.

Sama seperti proyektor yang sering banget digunakan untuk waktu yang lama di zaman modern ini, entah untuk bisnis atau hiburan. Maka dari itu, kalau kamu membutuhkan proyektor yang bisa digunakan untuk waktu yang lama, carilah proyektor dengan teknologi canggih dan memiliki alat penangkal overheat.

Dari kelima hal yang harus kamu perhatikan itu, ACER punya proyektor mini yang tepat buat kamu, yakni ACER C200!

Dari segi DLP-nya, jangan diragukan lagi, karena sudah dilengkapi dengan teknologi EcoProjection! Teknologi itu membuat proyektor ACER C200 sangat ramah lingkungan serta hemat energi. Bayangkan saja, kalau tidak ada sinyal input yang masuk ke dalam ACER C200, proyektor ini dengan otomatis akan mengurangi konsumsi listrik hingga 70%!

Selain itu, ACER C200 merupakan salah satu proyektor yang sumber cahayanya berasal dari LED. Kamu tidak akan menyesal kalau memilih proyektor ini untuk digunakan dalam dunia bisnis maupun hiburan.

Kemudian, ACER C200 merupakan proyektor yang siap diajak jalan-jalan. Proyektor ini didesain sedemikian rupa untuk bisa memenuhi segala macam kebutuhan penggunanya, karena memiliki ukuran 110x120x30 dan berat hanya 350 gram.Plus kekuatan baterai yang bisa digunakan 4 jam non-stop dan bisa pakai powerbank untuk isi ulang baterai. Benar-benar proyektor portable yang siap diajak traveling!

Kalau kamu nggak ingin repot-repot menggunakan kabel, proyektor mini ini menyediakan fitur wireless yang bisa kamu sambungkan dengan smartphone, supaya bisa berjalan-jalan saat sedang presentasi.

Apakah kamu sudah menemukan tipe dan model proyektor yang kamu butuhkan untuk kegiatan kamu yang super banyak itu? Jangan sampai salah pilih proyektor, ya, agar kamu tidak menyesal sudah membeli nantinya!

Baca juga: Cara Cerdas Menyambungkan Proyektor ke Laptop Windows 10