5 Tipe Gamer Berdasarkan Game dan Cara Bermain. Kamu Yang Mana Nih?

December 12, 2018

Sama halnya seperti game, gamer juga memiliki beberapa tipe. Hal itu tentunya dilihat dari tujuan bermain, selera permainan, cara bermain, dan berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk nge-game.

Sebagai gambaran, gamer yang hanya bermain Pro Evolution Soccer, tentu beda dengan gamer yang setiap malam sparring Dota 2 dari pukul 9 malam sampai 03.00 pagi demi menjuarai kompetisi. Dari sini terlihat ada gamer yang hanya memilih main sebentar saja dengan gamer yang mau menghabiskan waktu beberapa jam. Nah, tipe gamer seperti apa ya mereka? Ayo, cari tahu tipe gamer lebih jauh di bawah ini, spAcer!

Casual Gamer

Tipe gamer yang satu ini tidak terlalu mementingkan bermain game. Mereka hanya bermain sebagai pengisi waktu luang ataupun sekadar melepas lelah saja. Karakter gamer seperti ini tidak menganggap game begitu serius, bahkan terkadang tidak menyelesaikan game-nya.

Tipe gamer seperti ini biasanya suka bermain game-game yang tidak membutuhkan komitmen tinggi untuk mencapai puncak, contohnya seperti Harvest Moon, The Sims ataupun casual game lainnya seperti Pro Evolution Soccer itu misalnya.

Hardcore Gamer

Kebanyakan orang menilai kalau gamer itu adalah orang yang anti-sosial, duduk di depan monitor selama berjam-jam hanya untuk farming atau membunuh bos-bos yang ada di dungeon. Nah, gamer seperti itu adalah tipe hardcore gamer

Hardcore gamer itu benar-benar mendedikasikan hidupnya untuk game, spAcer. Bisa dibilang seperti mereka hidup dan bernafas hanya untuk game. Ya bayangkan saja, mereka bisa duduk di depan monitor atau TV berjam-jam bahkan sampai mengatur jadwal untuk bermain game.

Satu hal lagi, gamer tipe ini juga sangat update dengan berita-berita game terbaru dan selalu berminat untuk mencoba beta test sebuah game yang akan diluncurkan. Kalau kamu sering melakukan hal ini, berarti kamu sah menjadi hardcore gamer!

Professional Gamer

Ini dia tipe gamer yang saat ini semakin banyak. Professional gamer sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hardcore gamer, hanya saja tipe ini bisa menghasilkan uang dan menjadikan game sebagai pekerjaan mereka.

Saat ini, professional gamer lebih dikenal sebagai atlet eSports. Mereka termasuk ke dalam jajaran atlet karena game yang mereka mainkan dan geluti bersifat kompetitif dan masuk termasuk ke dalam eSports.

Tipe gamer ini biasanya ketika bermain sudah tidak hanya untuk menjadi jago dan menjadi yang teratas, namun mereka juga harus berlatih untuk membuat strategi dan memantapkan kerjasama tim. Dari sinilah banyak bermunculan para tim gamers yang dipersiapkan untuk ajang turnamen eSports.

Tryhard Gamer

Tipe yang satu ini merupakan tipe gamer yang melakukan segala analisa dalam setiap pergerakannya. Menurut mereka, waktu dan peluang merupakan sesuatu yang perlu diperhitungkan dengan teliti dan benar. Bukan hanya asal beraksi dan menyerang musuh saja, lho.

Jadi jangan heran kalau kamu bertemu dengan orang yang bisa membunuh orang dari ratusan kilometer jauhnya di PUBG atau bisa menghindari dan membunuh lima orang sendirian di Counter Strikes: Global Offensive. Pasalnya, para tryhard gamer ini, seperti yang sudah dijelaskan di atas, mereka memperhitungkan segala keputusan dan pergerakan.

Kalau bermain game dengan genre AAA, tryhard gamer ini pasti selalu mencari segala taktik untuk mengalahkan bos, mencari rahasia-rahasia yang tersembunyi di dalam game ataupun mencari segala easter egg yang pengembang game kasih.

Old-school Gamer

Last but not least, ada gamer yang punya selera berbeda dengan gamer kebanyakan. Kalau gamer kebanyakan suka dengan game-game terbaru dengan grafis yang ciamik dan jalan cerita yang bagus, oldschool gamer lebih suka bermain arcade game seperti Space Invader, Mario Bros dan game-game retro lainnya.

Karena pilihan game tersebut, tidak jarang kalau oldschool gamer ini lebih memilih membeli konsol-konsol jadul seperti NES atau Atari daripada membeli konsol zaman sekarang seperti Playstation 4 dan Xbox One X.

Nah, kamu termasuk ke dalam gamer yang mana nih, spAcer? Apakah casual gamer yang bermain game untuk mengisi waktu luang atau bahkan saat ini kamu termasuk ke dalam Professional gamer yang sudah menganggap game sebagai pekerjaan?

Baca juga: 6 Tips Atur Waktu Main Game Agar Jadi Gamer Bijak