5 Kreativitas Bikin Konten Video Supaya Banyak Followers

December 12, 2018

Mimpi kebanyakan anak muda zaman sekarang adalah membuat video kreatif agar banyak followers, lalu menjadikan mereka populer sebagai YouTuber. Bener ngggak, spAcer? Namun kemungkinan untuk mewujudkannya bukanlah hal yang mudah mengingat persaingan di YouTube sangatlah besar.

Meskipun begitu, kamu yang ingin membuat video kreatif masih ada harapan! Selama spAcer bisa membuat video menarik dengan beberapa tips berikut, maka ada kemungkinan video kamu bisa menjadi sangat menarik dan siap-siap terkenal deh kamu!

Kiat #1: Menyentuh emosi penonton

Coba diingat-ingat, kira-kira video seperti apa yang sering spAcer tonton dan share di media sosial? Pasti ada yang menjawab video yang lucu, seram, atau mungkin aneh. Apapun videonya, ada satu ciri khas dari konten yang banyak di-share dan mendadak viral, yaitu video dapat menyentuh emosi penontonnya. Lalu, dari emosi-emosi itu, konten yang cenderung memiliki nilai positif atau optimistis adalah yang paling sering netizen share.

Ambil contoh video viral beberapa tahun lalu adalah Gangnam Style yang dinyanyikan oleh PSY, rapper Korea Selatan. Lagu yang ditonton lebih dari 2 miliar viewers di YouTube ini sangat viral berkat gerakan tarian PSY yang konyol sehingga bikin penonton ketawa. Di balik itu, lagu Gangnam Style sebenarnya dapat membuat perasaan pendengarnya campur aduk karena memiliki makna yang mendalam. Yup! Lagu ini sebenarnya sindiran terhadap orang kaya.

Kiat #2: Ikuti tren

Cara kedua untuk membuat video kreatif dan viral adalah selalu ambil kesempatan terhadap sesuatu yang baru, baik event atau tren. Jadi nih, spAcer coba membuat konten dengan topik populer, karena besar kemungkinan video kamu ditonton dan di-share oleh banyak orang. Hal ini dapat terjadi karena banyak orang yang mencarinya di Google, YouTube, Instagram, dan sebagainya.

Sebagai contoh, kamu bisa melihat kesuksesan tantangan Kiki Challenge atau In My Feelings Challenge. Tantangan menari diiringi lagu Drake ini memang salah satu tren yang booming dan banyak dilakukan pengguna media sosial. Nah, semakin kamu membuat video tantangan ini super kreatif, semakin banyak orang yang suka. Contohnya, ada yang membuat tantangan ini bukan dengan gerakan menari, melainkan berjalan sambil menyanyikan lagu tersebut, namun kata-kata diubah tentang sindiran untuk anak muda. Beda dari yang lain, kan?

Kiat #3: Buat kesan pertama yang hebat

Pada dasarnya, tak ada aturan khusus dalam membuat konten video. Namun, kebanyakan orang yang menonton video hanya akan bertahan selama 5-10 detik saja. Oleh karena itu, selalu perhatikan 10 detik pertama saat akan membuat sebuah video.

Nah, agar visitor dapat bertahan, kamu bisa meletakkan informasi yang menarik, lucu, atau mengejutkan dalam videomu. Pastikan pula konten jangan dibuat terlalu bertele-tele. Selain itu, ketika ingin membuat konten video viral, jangan menyimpan yang terbaik di bagian akhir video.

Kiat #4: Tingkatkan viewers menggunakan keyword yang tepat

Jangan lupa menggunakan keyword (kata kunci) video yang tepat. Hal ini penting karena bisa memberikan keuntungan padamu, terlebih tidak banyak Vlogger atau YouTuber yang melakukannya. Makanya, pastikan kamu mengisi dan memilih keyword yang terbaik dan banyak dicari di kolom pencarian, sehingga membuat video kamu bisa terindeks dengan keyword tersebut.

Sebagai contoh, kamu ingin membuat video “Tutorial Dota 2”. Supaya lebih menarik tambahkan merek serta keyword yang pas, seperti “Tips Peedeepee: Cara Menjadi Pro di Dota 2” pada bagian judul dan menuliskan deskripsi menggunakan keyword di kolom deskripsi. Dengan begini, ketika ada visitor memasukkan nama Dota 2 di kolom pencarian, maka video kamu bisa muncul dan berkesempatan untuk ditonton banyak orang.

Kiat #5: Lakukan yang terbaik untuk menjadi yang terunik

Dengan begitu banyak konten hebat tersedia di YouTube, memang tidak cukup hanya membuat video ala kadarnya saja. Untuk menjadi viral, kamu harus melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Mulai dari mengembangkan merek hingga menciptakan cerita yang unik, mengingat menjadi populer di YouTube, berarti kamu harus siap menempuh jalan panjang untuk mendapat perhatian dari subscriber baru.

Kesimpulannya, menjadi konten kreator terkenal tidak bisa dibuat dalam sehari. Kamu harus bekerja keras membuat konten yang luar biasa. Untuk membantumu menciptakan konten kreatif itulah, harus  pakai perangkat mumpuni untuk proses editing. Nah, tahu nggak kalau Acer punya laptop Swift 3  (SF314-54G) yang siap memudahkan pekerjaan konten kreator?

Mengadopsi prosesor Intel Core generasi ke-8, Swift 3 ini mengukuhkan diri sebagai laptop dengan performa tinggi. Apalagi di dalam dapur pacunya telah disematkan RAM hingga DDR4 20 GB dan kartu grafis NVIDIA GeForce MX150 yang dapat melahap berbagai pekerjaan berat, mulai dari edit video, bermain game, hingga streaming video kualitas HD. Melakukan aktivitas-aktivitas tersebut juga semakin menyenangkan karena Swift 3 memungkinkan kamu kerja dan bermain dari pagi sampai malam tanpa perlu charger laptop.

Keunggulan lain yang ditawarkan Swift 3 adalah memiliki layar 14 inci Full HD dengan bezel setipis 6,3 mm. Layarnya juga mampu memberikan visual yang mengesankan dengan sudut pandang lebar dan anti silau. Sebagai tambahan, Swift 3 juga didukung oleh pemindai sidik jari untuk login yang cepat, serta teknologi WiFi 2×2 MIMO 802.11ac untuk koneksi internet yang bisa diandalkan.

Menariknya, kualitas kinerja Swift 3 semakin mengesankan berkat mengusung Intel® Optane™ Memory untuk memudahkan kamu upgrade hardware dengan mudah. Swift 3 generasi keempat ini bahkan menonjolkan tampilan yang kekinian. Kamu bakal terlihat stylish!

Bagaimana  spAcer, sudah tertantang menjadi YouTuber hits??  

Baca juga: Inilah 5 Cara Menjadi YouTuber Terkenal