Inilah Kenapa Laptop AMD Ryzen Murah Berkualitas

November 1, 2018

Tahun lalu, AMD resmi memperkenalkan prosesor terbaru mereka untuk melengkapi jajaran seri Ryzen, yaitu AMD Ryzen 7. Harga AMD Ryzen 7 pun lebih murah dari saingannya, sehingga pada saat itu banyak yang berpendapat bahwa AMD Ryzen 7 1700X adalah versi terjangkau saingannya. Dan benarkah kalau laptop AMD Ryzen murah tetapi bisa bersanding dan bahkan menyaingi sang kompetitor, ya?

Fakta mengenai laptop AMD Ryzen murah seringkali menimbulkan kesan bahwa produk ini memiliki kualitas yang lebih buruk. Apakah benar begitu? Ternyata nggak, spAcer. Harga kompetitif dan terjangkau dari prosesor ini memberikan keistimewaan, terlebih pada seri AMD Ryzen™ 7. Banyak keunggulan AMD Ryzen 7 dan berikut penjabarannya yang harus kamu tahu.

Unggul menjalankan berbagai game

Dalam sebuah acara yang digelar AMD saat pengenalan prosesor Ryzen, mereka memajang beberapa benchmark perbandingan AMD Ryzen 7 vs Intel Core i7 yang hasilnya menunjukkan bahwa AMD Ryzen 7 memang unggul dari banyak sisi. Saat digunakan untuk menjalankan game Battlefield 1 di layar beresolusi 4K dengan GPU ganda Titan X, AMD Ryzen 7 1800X terlihat unggul dari prosesor kompetitor tersebut, lho!

Tidak hanya satu game itu saja, saat dicoba memainkan game Sniper Elite 4 dengan set-up GPU Radeon RX 480 di CrossFire, AMD Ryzen 7 1800X pun masih unggul dari prosesor kompetitor. Terlihat, meskipun sudah disandingkan dengan prosesor Intel yang berbeda, namun AMD Ryzen 7 1800X masih mampu mengunggulinya.

Streaming beresolusi tinggi tanpa frame drop

Zaman sekarang, rasanya kurang seru kalau main games tapi nggak berbagi kemampuan kamu ke internet dengan streaming. Maka dari itu, AMD Ryzen™ 7 juga bisa menopang kebutuhan untuk spAcer yang suka merekam atau menayangkan gameplay.

Jika kamu sedang menjalankan game dan secara bersamaan melakukan streaming dengan menggunakan OBS, dengan menggunakan AMD Ryzen™ 7, kecepatan hanya akan turun sebanyak 1%, atau bisa dikatakan tidak berkurang sama sekali. Selain itu, dengan kualitas unggul dan resolusi tinggi, kamu juga tidak akan mengalami frame drop.

Editing dan render anti-lag!

Selain untuk kebutuhan bermain game, ternyata AMD Ryzen™ 7 juga bisa menjalankan proses berat berturut-turut. Dalam menjalankan proses berat berturut-turut seperti menjalankan Blender untuk 3D rendering, dilanjutkan dengan HandBrake untuk video encoding, AMD Ryzen™ 7 dengan seri 1700X memiliki catatan waktu hanya 92 detik!

Untuk spAcer yang memang membutuhkan sebuah prosesor yang memiliki kapabilitas yang cukup untuk menunjang segala tugas dan pekerjaan kamu, AMD Ryzen 7 bisa menjadi pilihan yang baik. Terlebih lagi dengan perpaduan Acer Aspire 3 bersama AMD Ryzen 7  yang siap menopang kebutuhan performa dan pengolah grafis yang lebih baik, serta dapat mendukung semua kegiatan multitasking kamu.

Tapi, spAcer penasaran nggak, sih, kenapa AMD Ryzen 7 bisa didapatkan dengan harga murah? Kalau mau tahu alasan di balik kenapa harga AMD Ryzen murah dengan core yang banyak, Acer harus bawa spAcer untuk menjelajahi arsitektur dari Ryzen ini, nih. Sudah siap? Yuk, kita jelajahi!

Arsitektur yang ergonomis

AMD sendiri menyebut arsitekturnya dengan nama “Zen”. Singkatnya, arsitektur Zen ini terdiri atas beberapa CPU Complex yang AMD sebut CCX. Nah, pada setiap CCX berisikan sebuah unit modular yang terdiri sampai dengan 4 core atau inti yang terhubung oleh sebuah L3 Cache yang digunakan secara bersamaan. Oleh karena arsitektur inilah, Ryzen dapat memiliki jumlah L3 Cache yang bisa dibilang lebih besar dibandingkan para pesaingnya karena setiap setiap CCX memiliki 8MB L3 Cache.

AMD Ryzen 7 memiliki dua buah CCX. Dua CCX yang ada pada AMD Ryzen 7 masing-masing berisikan 4 inti, sehingga AMD Ryzen memiliki 8 inti. Karena terdapat 2 CCX, maka logikannya terdapat 16MB (2x8MB) L3 Cache. Kasarnya, sih, AMD menyatukan dua prosesor dengan empat inti menjadi satu prosesor delapan inti.

Bisa diakui, memang cara yang dilakukan AMD cukup berani, namun dengan cara ini, AMD bisa dengan mudah menambahkan jumlah inti yang dibutuhkan untuk setiap produknya. Nah, ini dia alasan mengapa AMD bisa lebih murah dibandingkan dengan prosesor Intel yang memiliki jumlah inti yang sama.

Dengan begitu, berdasarkan teori di atas, dengan arsitektur Zen, AMD bisa saja menambahkan jumlah inti sebanyak-banyaknya tergantung kebutuhan pasar, tanpa harus menaikkan harga sampai setinggi langit, meskipun ukurannya akan semakin besar.

Setelah baca penjelasan di atas, pasti spAcer sudah tidak ragu lagi, kan, untuk punya laptop AMD Ryzen murah sebagai penopang multitasking kamu? Acer Aspire 3 yang sudah dilengkapi dengan AMD Ryzen 7 2700U yang bisa jadi pilihan laptop pas untuk kamu, spAcer!

Work Hard Play Harder

Selain performa CPU-nya lebih cepat hingga tiga kali dan GPU hingga 2,3 kali lebih cepat, ketahanan daya baterai dari Acer Aspire 3 juga lebih hemat hingga 58% untuk penggunaan berat. Jadi, jika ingin bermain game di luar atau mengerjakan tugas saat sedang kumpul bersama teman-teman, sudah tidak perlu lagi ribet mencari colokan untuk mengisi daya.

Karena keefisienan itu lah, Acer Aspire 3 yang sudah dilengkapi dengan AMD Ryzen 7 bisa mendukung kebutuhan produktif, mulai dari multitasking seperti mengerjakan tugas sembari melakukan video call bersama teman hingga beban kerja tinggi seperti 3D rendering sampai encoding video tanpa mengenal kata lag.

Selain itu, untuk spAcer yang saat ini sedang fokus bermain game kompetitif, seperti DotA 2, Counter Strike: Global Offensive, Fortnite PUBG, dan yang lain-lain, Acer Aspire 3 yang dipersenjatai dengan AMD Ryzen 7 2700U sudah didukung pula RAM hingga 32GB dan diperkuat dengan kartu grafis Radeon Vega 10 Graphics. Bayangkan, spAcer, pasti pengalaman bermain game semakin tanpa batas!

Pokoknya kalau main sederetan online game kompetitif seperti di atas, spAcer tidak akan lagi mengenal yang namanya lag atau mengalami frame-drop saat bermain. Terlebih lagi di dalam Acer Aspire 3 ini juga tersemat HDD seluas 1TB dan juga SSD sebesar 128GB. Jadi, mau isi game atau film apa saja, nggak perlu khawatir kepenuhan.

Kalau spAcer merasa kapasitas RAM dan HDD yang sudah tersemat masih kurang, SpAcer bisa melakukan upgrade HDD dan RAM dengan mudah dan praktis tanpa perlu membongkar seluruh casing karena sudah dilengkapi dengan backdoor compartment untuk memudahkan kamu melakukan upgrade sendiri.

Sudah jelas sekali bukan kenapa laptop AMD Ryzen murah atau bisa dibilang affordable, deh  tapi sangat powerful untuk kebutuhan main game atau proses editing dan multitasking lainnya. Apalagi kalau kamu nge-game pakai Acer Aspire 3 yang punya desain gahar!  Ayo, mulai sekarang nge-game pakai prosesor ini!

Baca juga:  Seberapa Hebat Performa Laptop AMD Ryzen? Ini Penjelasannya!