Seberapa Hebat Performa Laptop AMD Ryzen? Ini Penjelasannya!

November 1, 2018

Pernahkah spAcer bertanya dalam hati tentang “Apakah laptop AMD Ryzen layak untuk dibeli?” Jika pertanyaan ini pernah muncul, maka jawabannya iya.

Pertanyaan ini sebenarnya wajar karena banyak orang yang sempat memandang AMD sebelah mata. Tapi, itu dulu. Saat ini, prosesor ini justru sukses memikat hati para penggila teknologi, setelah AMD memamerkan terobosan baru lewat dirilisnya APU AMD Ryzen beberapa waktu lalu.

Kini, prosesor AMD semakin menunjukkan eksistensinya di dunia teknologi. Salah satu keistimewaan yang ditawarkan oleh salah satu prosesor paling kuat di dunia ini adalah sudah dilengkapi kartu grafis terintegrasi andal Radeon Vega Series ke dalam bodi laptop. Dengan spesifikasi tersebut, tak aneh bila laptop AMD Ryzen banyak menyasar ke segmen laptop kelas atas. Hal ini pun menjadi kabar baik bagi para penikmat multimedia dan gaming karena memiliki banyak pilihan perangkat.

Ingin tahu apa saja kehebatan performa laptop dengan prosesor AMD Ryzen? Mari kita bahasa keunggulan yang ditawarkan prosesor AMD Ryzen!

Laptop AMD Ryzen

Laptop AMD Ryzen pasti punya tenaga yang kuat!

Dirancang dengan teknologi mutakhir, prosesor AMD Ryzen terbaru memberikan kinerja yang sangat cepat saat bermain atau bekerja. Saat ini, prosesor andalan terbaru AMD ini hadir dengan tiga varian, yaitu, AMD Ryzen 3 untuk penggunaan kelas entry level, Ryzen 5 untuk segmen laptop kelas menengah, dan Ryzen 7 untuk gaming enthusiast atau profesional.

Sebagai contoh, jika kamu menginginkan performa CPU yang baik untuk memainkan beberapa jenis game, maka AMD Ryzen 5 cukup ideal. Prosesor yang didukung jumlah core yang banyak ini menjadi solusi bagi gamer yang sedang mewujudkan impiannya.

Salah satu daya tariknya terletak pada performa Ryzen 5 yang mampu menyaingi kinerja pesaingnya, yaitu prosesor Intel generasi ke-8. Bukan itu saja, prosesor APU Ryzen ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan overclock saat menginginkan performa lebih tinggi. Berkat unclocked multiplier, maka Ryzen 5 bisa menampilkan performa grafis 38% lebih baik saat di-overclock.

AMD Ryzen siap memberikan kualitas grafik yang luar biasa

Unggul di performa, maka laptop AMD Ryzen juga unggul di kualitas grafis. Lewat laptop berbasis AMD Ryzen™ 7, kamu bisa memainkan games populer seperti DOTA 2, PUBG, The Witcher 3, dan sebagainya dengan lancar. Bahkan, gaming Virtual Reality juga bisa berjalan mulus tanpa hambatan.

Jangan heran, AMD Ryzen 7 sudah diperkuat arsitektur Radeon Vega yang kemampuan grafisnya sangat mumpuni dan jelas mampu menjadi pesaing yang patut ditakuti oleh kompetitornya. Selain itu, prosesor ini juga telah dilengkapi dukungan untuk display berteknologi Freesync 2.0 dan display berteknologi HDR sehingga memungkinkan kamu untuk menikmati game atau video berkualitas tinggi secara mulus. Dengan begini, kamu tak perlu bingung memilih kartu grafis yang tepat karena laptop AMD Ryzen 7 sudah memberikannya secara lengkap.

Selain pas bagi gamer, AMD Ryzen 7 juga ideal untuk para content creator. Editing video atau memutar video 4K bukan lagi suatu masalah bagi prosesor ini. Bahkan, bagi kamu yang suka melakukan multitasking, laptop AMD Ryzen 7 sanggup menjalankan berbagai pekerjaan secara bersamaan dengan baik! Dengan begini, semua pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu.

AMD Ryzen bikin desain laptop ramping dan harga terjangkau

Nilai plus lain yang ditawarkan oleh prosesor yang dibuat AMD adalah dirilis dengan harga terjangkau dibandingkan kompetitor. Hal ini tentu menguntungkan kamu karena dalam satu laptop kamu sudah memiliki prosesor mumpuni dengan GPU terintegrasi yang powerful. Apalagi, saat ini, harga kartu grafis deskrit atau terpisah sangatlah mahal, sehingga menyulitkan para gamers atau profesional yang menginginkan laptop idamannya.

Jadi, prosesor AMD Ryzen merupakan pilihan tepat untuk kamu yang mendambakan laptop kencang dengan anggaran terbatas. Yang paling menarik, desain prosesor AMD terbaru ini bikin laptop semakin tipis. Tentunya, laptop dengan AMD Ryzen pas sekali dimiliki untuk mendukung mobilitas tinggi.

So, jangan ragu memiliki laptop AMD Ryzen, spAcer. Keunggulan prosesor anyar AMD ini sudah terbukti, lho. Apalagi, sudah banyak produsen laptop berlomba-lomba menghadirkan beragam laptop yang dipersenjatai prosesor AMD Ryzen, termasuk Acer yang didapuk menjadi brand produk elektronik pertama yang memiliki seri AMD Ryzen terlengkap! Salah satunya dengan laptop Acer Swift 3 (SF315-41) dan Acer Aspire 3.

Bisa dibilang bahwa laptop ini cocok bagi kamu yang suka gaming atau bikin video. Alasannya, Acer Swift 3 (SF315-41) hadir mengandalkan dua varian prosesor AMD Ryzen, yaitu Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U. Laptop ini juga turut memadukan penggunaan RAM 8 GB DDR4 untuk bisa menjalankan performa menakjubkan. Sementara untuk media penyimpanan yang ditawarkan adalah 1 TB.

Selain menonjolkan penggunaan prosesor dengan performa yang menjanjikan, desainnya yang ultrathin juga menjadi daya tarik lain yang ditawarkan Swift 3. Dengan desain itu, laptop ini sering diincar para pebisnis karena praktis untuk dibawa bepergian ke mana pun dan kapan pun. Apalagi, layar laptop dapat tampil jelas meski dari sudut ekstrem karena layar 15,6 incinya sudah beresolusi Full HD dan berteknologi IPS.

Bukan itu saja, layar Swift 3 bahkan dapat dibentangkan hingga 180 derajat untuk memudahkan kolaborasi kerja. Kamu pun bisa semakin puas menonton YouTube atau menyelesaikan pekerjaan karena laptop bisa tetap menyala sampai enam jam. Ditambah keyboard dengan number pad tentu akan menambah kesan tampil beda sekaligus memanjakan penggunanya.

Nah, bukan hanya Swift 3 yang sudah dibekali tenaga AMD Ryzen. Acer Aspire 3 juga siap memenuhi kebutuhan kerja dan hiburan berkat penggunaan teknologi prosesor AMD Ryzen, mulai dari AMD Ryzen 3 2200U, Ryzen 5 2500U, dan Ryzen 7 2700U. Bahkan, laptop ini ideal bagi spAcer yang sering melakukan kegiatan multitasking karena memiliki kapasitas RAM hingga 32 GB DDR4 dengan konfigurasi dual channel memory.

Tak hanya itu, kinerja super cepat Aspire 3 juga bisa kamu rasakan dari proses booting yang hanya empat detik dan proses transfer yang lebih cepat. Semua ini berkat penggunaan dual storage yang diusung oleh Aspire 3. Tak seperti kebanyakan laptop lainnya, Aspire 3 turut memberikan kemudahan bagimu untuk melakukan proses upgrade komponen. Melalui backdoor compartement di bagian belakang laptop, kamu dapat mengganti RAM atau HDD dengan mudah.

Kesimpulannya, laptop dengan AMD Ryzen seperti Acer Swift 3 maupun Acer Aspire 3 siap menjadi rekan kerja atau mainmu. Penggunaan teknologi anyar AMD Ryzen dan Radeon Vega Series Graphics mampu meningkatkan performa laptop dan sanggup mendukung semua kegiatan multitasking secara optimal. Apalagi, desainnya yang ultrathin dan stylish tak hanya dapat mendukung mobilitas tinggi, tetapi juga gaya penggunanya.

Jadi, sekarang sudah paham donk, seberapa hebatnya performa laptop AMD Ryzen untuk memenuhi segala kebutuhan main game, pekerjaan dan hiburan. Bikin kamu produktivitas kamu lebih maksimal saat melakukan aktivitas apapun!

Baca juga:  Laptop Nitro 5 (AN515-42) dengan AMD Ryzen 7 yang Siap Diajak Tempur!