Hebatnya Prosesor Intel® Core™ i9 Bikin Perangkat Bekerja Tanpa batas!

November 1, 2018

Intel telah memperkenalkan seri chip terbarunya bernama Intel® Core™ i9 pada 2017 lalu. Prosesor ini dibuat menggunakan arsitektur Coffee Lake dengan memanfaatkan teknologi proses 14nm++. Kehadirannya sukses ‘menggusur’ jajaran prosesor Intel® Core™ i7 yang sebelumnya memegang predikat sebagai prosesor Intel paling kuat selama bertahun-tahun.

Saat ini, Intel® Core™ i9  banyak digunakan pada laptop high-end. Alasannya, performanya benar-benar luar biasa untuk digunakan kerja maupun bermain. Apalagi, sejumlah teknologi di dalamnya menawarkan sesuatu yang baru, yang tak akan kamu temukan pada prosesor Intel® Core™ generasi sebelumnya.

Lantas, apa saja keunggulan yang ditawarkan Intel® Core™ i9 sehingga bisa menjadi begitu tangguh? Berikut beberapa daya tarik utama Intel® Core™ i9 yang bakal membuatmu ingin punya perangkatnya!

Memimpin dalam jumlah core

Konfigurasi jumlah core yang masif adalah salah satu daya tarik utama yang ditawarkan Intel® Core™ i9. Chip terbaru yang dikembangkan untuk laptop dan desktop ini menjadi prosesor Intel pertama yang menawarkan model 18 core dengan teknologi Hyper-Threading. Banyaknya jumlah tersebut menjadikannya yang pertama di pasar konsumen.

Secara teoritis, semakin banyak core yang dimiliki suatu prosesor, maka semakin banyak tugas yang dapat dilakukan oleh laptop atau PC desktop secara bersamaan. Dengan jumlah tersebut, jelas bahwa prosesor Intel® Core™ i9 adalah jawaban bagi hardware geek yang mendambakan perangkat dengan performa luar biasa.

Ya, prosesor yang hanya ditujukan untuk laptop kelas atas ini memungkinkan kamu bisa menggunakan aplikasi editing video, memainkan AAA terbaru, hingga melakukan multitasking yang berat dengan lancar. Selain itu, teknologi 18 core tersebut juga dapat menjawab kebutuhan Virtual Reality (VR) maupun Mixed Reality (MR).

Lebih cepat dan stabil

Cepat atau lambatnya sebuah laptop pasti tergantung dari seberapa bagus spesifikasinya. Namun, dengan Intel® Core™ i9, kamu nggak perlu galau. Intel mengklaim bahwa prosesor Intel® Core™ i9 bisa membuat laptop sekuat dan sekencang PC desktop.

Lewat varian Intel® Core™ i9-8950HK, chip Intel® Core™ i9 pertama untuk laptop dengan ini mampu menghasilkan tenaga 29% lebih tinggi dibandingkan prosesor Intel® Core™ i7-7820HK. Sementara untuk gaming, chip ini dapat memberikan performa gaming hingga 41% lebih tinggi. Bahkan, prosesor Intel® Core™ i9-8950HK juga lancar untuk streaming game karena mampu beroperasi 32% lebih baik.

Khusus untuk content creator, seluruh pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu dengan laptop Intel® Core™ i9. Prosesor ini menjanjikan performa editing video 4K hingga 59% lebih cepat dibandingkan kartu grafik yang sama dari generasi sebelumnya.

Mudah di-overclock

Prosesor Intel® Core™ i9 hadir dengan kemampuan fully unclocked dan fitur Intel Thermal Velocity Boost terbaru, yang berarti overclocking menjadi jauh lebih mudah dibandingkan prosesor Intel® Core™ generasi sebelumnya. Selain itu, semua chip ini juga dibekali teknologi Turbo Boost 3.0 yang diperbaharui oleh Intel, sehingga memungkinkan CPU dapat meningkatkan tenaganya dalam waktu singkat tanpa membuat perangkat jadi mudah panas.

Jadi, dengan keunggulan ini, kemampuan overclocking prosesor Intel® Core™ i9 dapat dipacu hingga 4,8GHz. Tentu saja hasil ini mengagumkan karena prosesor monster ini  memungkinkan kamu mendapat peningkatan performa dalam permainan dan aplikasi lainnya.

Mendukung Intel Optane Memory dan 4-channel DDR4 RAM

Kebanyakan prosesor Intel® Core™ i9 juga mendukung spesifikasi perangkat keras terbaru, yaitu Intel Optane Memory. Teknologi tersebut tentu akan membantu meningkatkan kecepatan perangkat secara keseluruhan dibandingkan dengan sistem memori tradisional. Sehingga, gabungan antara kinerja Intel® Core™ i9 dan memori Intel Optane memastikan kamu bisa merasakan performa dan responsivitas yang lebih tinggi.

Saat ini, Intel Optane Memory tersedia pada semua Intel® Core™ i9 baik untuk platform mobile maupun desktop. Selain itu, Intel merilis fitur Data Drive Acceleration terbaru yang dapat memberikan tambahan untuk data drive HDD sekunder yang luas. Kombinasi apik ini membuat perangkat 4,7 kali lebih cepat untuk game loading dan 1,7 kali lebih cepat untuk pembuatan media loading. Luar biasa!

Menariknya, chip Intel® Core™ i9 turut mendukung quad-channel DDR4 RAM. Keunggulan ini akan memberimu potensi menggunakan chip memori yang berkapasitas super besar hingga 128 GB! Tentunya, di era modern seperti sekarang ini, laptop atau PC dengan kapasitas RAM besar dapat diandalkan untuk semua aplikasi berat dan haus memori.

Intel® Core™ i9

Kebutuhan online lancar

Apapun kebutuhan online kamu, semuanya bisa dirasakan dengan lancar. Hal ini karena Intel® Core™ i9 dibekali Intel® 300 Series Chipset dan WiFi Gigabit terintegrasi, sehingga mampu menawarkan kecepatan koneksi menjadi dua kali lebih tinggi daripada koneksi LAN nirkabel standar 2×2 802.11 ac. Jadi, tak perlu khawatir untuk online gaming, streaming pertandingan game, atau upload video vlog dengan laptop berteknologi Intel® Core™ i9.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal, menggunakan prosesor Intel® Core™ i9 adalah pilihan terbaik. Meskipun begitu, belum banyak laptop yang dipersenjatai dengan prosesor Intel® Core™ i9. Tapi tidak dengan Acer. Lewat Predator Helios 500, Acer siap membawa kekuatan Intel® Core™ i9 langsung ke ruang bermain atau kerjamu!

Seperti yang disebutkan sebelumnya, disematkannya teknologi Intel® Core™ i9 dalam Predator Helios 500, menjadikan perangkat ini begitu ideal bagi para hadrcore gamer PC atau profesional content creator. Kamu bisa main game AAA dan live streaming dengan mulus. Bahkan adanya kartu grafis NVIDA GeForce GTX 1070 yang overclockable bakal membuat tampilan gambar di Predator Helios 500 bebas blur.

Nah, bagaimana dengan panas laptop? Tenang, meskipun Predator Helios 500 mampu melakukan semua pekerjaan yang tak bisa dilakukan kebanyakan laptop mainstream, laptop bakal tak mudah panas. Soalnya, laptop ini dibekali sistem pendingin AeroBlade 3D yang memastikan laptop tetap dingin dan dapat beroperasi sunyi. Bahkan, kecepatan kipasnya bisa kamu sesuaikan dengan mudah melalui aplikasi PredatorSense. Kamu bahkan bisa mengontrol dan memantau kinerja hardware lainnya, termasuk overclocking prosesor.

Agar gaming semakin maksimal, laptop ini turut mengusung layar IPS 17,3 beresolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) 114 Hz. Pengalaman gaming juga semakin sempurna karena layarnya dibekali teknologi NVIDIA G-Sync. Untuk memanjakan gamer, Predator Helios 500 juga ditenagai teknologi Backdoor Compartment di belakang laptop. Dengan begini, kamu bisa melakukan upgrade RAM, HDD, dan SSD secara mudah. Kamu pun bisa tampil beda karena laptop memiliki keyboard RGB backlit yang menawarkan empat zona pencahayaan dengan dukungan hingga 16,8 juta warna.

Kesimpulannya, teknologi Intel® Core™ i9 di Predator Helios 500 membuat laptop ini bertenaga monster, sehingga bisa selalu diandalkan setiap saat. Apalagi, sejumlah fitur kelas atas yang telah disematkan di dalamnya semakin dapat memaksimalkan pengalaman kerja dan main penggunanya.

So, dari kehebatan Intel® Core™ i9 yang sudah dijabarkan di atas, nggak ada ragu lagi untuk menyelami kekuatan prosesor canggih di perangkat kamu!

Baca juga: 6 Rahasia Acer Membantu Penggunanya Nyaman Pakai!