Ketahui Kelengkapan Garansi Laptop Kamu Sebelum Membeli

October 12, 2018

Mengingat harga laptop yang tidak selalu murah, sangatlah wajar kalau spAcer ingin melindungi perangkat agar tidak cepat rusak. Salah satu caranya adalah dengan memeriksa garansi yang didapatkan saat membelinya. Maka itu, mau tak mau kamu harus mengetahui seluk beluk garansi laptop sebelum membeli.

Garansi merupakan jaminan terhadap kualitas laptop. Hal ini sangat berguna bila sewaktu-waktu laptop kamu bermasalah. Kalau tak mau menyesal di kemudian hari, simak beberapa tips ini untuk mengetahui apakah garansi laptop kamu dikeluarkan oleh produsen resmi atau tidak!

  • Cek status garansi
    Mengingat produk bisa diperoleh dari banyak pihak, kamu harus memastikan laptop tersebut berasal dari mana. Dalam perangkat elektronik, ada dua jenis garansi yang dikenal, yaitu garansi produsen resmi dan garansi distributor atau toko. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui tipe garansimu?
  • Cek kelengkapan fisik
    Segera cek kartu garansi perangkat, ya! Pada perangkat berlabel garansi resmi, akan menyertakan kartu garansi beserta informasi tempat service center yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu, garansi resmi juga mencantumkan informasi importir atau produsen dan memasang stiker bertuliskan “Warranty” pada boks luar kemasan.
  • Cek online
    Beberapa produsen juga telah melengkapi perangkatnya dengan serial number. Serial number adalah kode unik yang berisikan segudang informasi tentang perangkat, termasuk status garansi. Untuk mengeceknya, masukkan serial number laptop di situs resmi produsen. Selain untuk mengetahui keaslian garansi, melakukan cek garansi juga bisa membantu kamu mengetahui berapa lama sisa masa garansi berlaku.

Ketahui batasan waktu garansi

Saat hendak membeli laptop, selidiki masa berlaku garansi. Masa waktu garansi yang diberikan umumnya bervariasi, mulai dari 1 tahun, 2 tahun, atau lebih. Meskipun begitu, garansi laptop standar berlaku 1 tahun tergantung mereknya dan tipenya. Jadi, bila ada toko yang memberikan garansi laptop hanya dalam rentangan minggu atau bulan, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membeli perangkat tersebut.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah layanan memperpanjang masa garansi. Layanan ini umumnya hanya ditawarkan oleh garansi resmi sebagai pilihan bagi pengguna untuk melanjutkan atau memperpanjang jangka waktu garansi setelah masa garansi standar produk habis. Meski kamu akan dikenakan sejumlah biaya ekstra, tapi ini cara ini memastikan kamu berhak menikmati pergantian suku cadang dan jasa perbaikan selama masa garansi berlaku.

Garansi Laptop

Apa yang tercakup dan tidak dalam layanan garansi?

Apakah kamu tahu masalah laptop apa saja yang di-cover oleh garansi? Mayoritas garansi resmi laptop akan men-cover masalah perangkat keras yang rusak secara tidak disengaja, seperti keyboard rusak, masalah monitor, atau masalah lain akibat cacat dari pabrik.

Sebaliknya, kerusakan atau kehilangan data adalah hal yang tidak masuk dalam garansi. Layanan garansi juga tidak mencakup permasalahan perangkat lunak, kasus  pencurian, atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pengguna. Oleh karena itu, pastikan kamu mengetahui garansi yang akan didapatkan untuk laptop yang dibeli dengan membaca syarat dan ketentuan yang tertulis di kartu garansi.

Jadi, sebagai konsumen, wajib hukumnya untuk mengetahui produk yang akan dibeli, termasuk status garansi. Karena, kamu pasti ingin produk yang dibeli dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu, kamu juga dapat menghemat biaya untuk hal perbaikan atau pemeliharaan produk.

Sebagai brand yang sangat populer di Indonesia, Acer sudah paham betul akan kondisi tersebut. Maka itu, Acer nggak hanya menghadirkan inovasi di setiap produknya, tetapi juga memberikan jaminan layanan purna jual sebagai solusi bagi setiap permasalahan pengguna secara lengkap.

Saat ini, Acer punya jaringan pusat servis di 101 lokasi yang tersebar di 83 kota di Indonesia, lho! Ini berarti, kamu dapat mendatangi Acer Customer Service Center (ACSC), Acer Customer Service Point (ACSP), atau Authorized Service Provider (ASP) terdekat di kotamu untuk mendapatkan pelayanannya. Acer juga memaksimalkan pelayanannya tetap di hari minggu, serta menghadirkan program On site Service sebagai personal technical yang selalu siap melayani pengguna langsung di lokasinya.

Lebih dari itu, Acer turut mengembangkan layanan kontak pengguna mengikuti perkembangan dunia digital. Kamu bisa berkomunikasi online dengan dr. Acer selama 24 jam nonstop memanfaatkan layanan Whatsapp di 0855-133-2237 dan hotline Acer Contact Center 1500-155. Bahkan, bila memiliki keluhan terhadap perangkat, kamu dapat bertanya atau konsultasi secara real time melalui berbagai channel media sosial Acer dan email di [email protected]

Yang lebih menarik, inovasi layanan purna jual Acer juga dibuktikan dengan menyediakan Acer Care Extended Warranty atau perpanjangan garansi dengan tambahan biaya. Bahkan, Acer memastikan stok suku cadang produknya terjamin agar setiap permasalahan perangkat bisa diselesaikan tepat waktu. Kamu pun bisa terus update perbaikan perangkat secara regular lewat layanan self check di acerpartners.com/trackid.

SpAcer, saatnya kamu cerdas mengetahui detail garansi laptop yang akan dibeli, agar kamu nggak menyesal di kemudian hari, bukan?

Baca juga: Apa Saja Layanan Purna Jual yang Diberikan Acer?