Hindari 7 Hal Ini untuk Merawat Laptop Lebih Tahan Lama

October 25, 2018

Saking seringnya digunakan, laptop selalu kamu bawa ke mana-mana yang seakan tak bisa terpisahkan. Sayangnya, banyak spAcer yang tanpa sadar terlibat dalam tindakan yang membahayakan laptop kamu. Jika terus dilakukan, tak heran bila perangkat tersebut menjadi mudah rusak.

Oleh karena itu, menggunakan laptop harus diimbangi dengan perawatannya. Merawat laptop dengan benar tentu akan memastikan perangkat dapat bekerja dengan baik sekaligus memperpanjang masa hidupnya. Jadi, mulailah hindari kebiasaan yang menjadi penyebab kesalahan dalam merawat laptop.

Membiarkan gadget kotor

Seperti benda-benda lainnya, laptop rentan kotor karena debu atau kotoran dapat menempel di tubuhnya. Tentu laptop kotor tak nyaman untuk digunakan. Namun, masih banyak di antara spAcer yang bersikap acuh. Entah beralasan sibuk atau takut membersihkan sendiri karena khawatir rusak, bukan berarti kamu harus membiarkan hal ini tetap terjadi.

Sebenarnya, debu tidak dapat merusak perangkat, tetapi dapat mempengaruhi kinerja kipas, optical drive, dan komponen penting lainnya. Akibatnya, muncullah masalah overheating, kegagalan fungsi komponen, hingga suara berisik dari dalam laptop. Oleh karena itu, bersihkanlah secara teratur setidaknya dua kali setahun agar laptop dapat bekerja baik dan panjang umur.

Makan sambil menggunakan gadget

Banyak sekali pekerja yang memilih di meja kerja. Mungkin alasannya sedang banyak pekerjaan atau supaya bisa makan sambil menonton video di YouTube sewaktu istirahat. Meskipun tak ada yang larang, kebiasaan ini justru memberikan dampak negatif bagi umur laptop kesayanganmu.

Bahayanya adalah ketika remah-remah makanan jatuh ke sela-sela keyboard atau touchpad. Selain membuat laptop terlihat kotor, sisa-sisa makanan tersebut bisa mengundang serangga untuk masuk ke dalam laptop sehingga pada gilirannya membuat keyboard/touchpad tidak berfungsi normal. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk makan jauh dari laptop bila kamu ingin merawat laptop  kesayangan kamu tersebut.

Menaruh minuman di samping laptop

Saat bekerja, kamu mungkin meletakkan segelas kopi atau botol air minum di atas meja. Dengan demikian kamu bisa tetap bisa menjaga fokus. Tapi, meletakkan gelas minuman dekat dengan laptop justru berbahaya. Jika tanganmu nggak sengaja menyenggol gelas, dan isinya tumpah ke atas laptop, maka laptop kamu akan rusak.

Menurut Sewelltech, tumpahan air menjadi penyebab utama dari 60% masalah laptop. Oleh karena itu, hal yang paling aman dan dapat kamu lakukan adalah meletakkan gelas jauh dari jangkauanmu.

Memangku laptop saat digunakan

Kamu sering memangku laptop di paha saat bekerja di atas kasur? Meskipun terasa nyaman, kebiasaan ini justru dapat mengganggu sirkulasi udara panas sehingga memicu overheat. Tak hanya itu, membiarkan laptop panas berada di pahamu selama berjam-jam juga dapat menyebabkan risiko kerusakan saraf dan arthritis. Jadi, cobalah untuk menggunakan laptop di atas meja, atau setidaknya menggunakan meja lipat untuk melindungi paha dari panas laptop.

Menggunakan software bajakan

Menggunakan software bajakan mungkin dapat menghemat uangmu, tapi kebiasaan ini harus benar-benar dihindari. Soalnya, kamu justru menempatkan diri pada risiko laptop terkena virus, karena software bajakan merupakan salah satu cara bagi malware dan spyware masuk dan menginfeksi perangkat.

Jadi, jika kamu tak mampu membeli software original, maka setidaknya carilah alternatif software yang gratis atau lebih murah. Pasti kamu bisa menemukan software alternatif yang tepat untuk mengganti peran software bajakan.

Menaruh benda berat di atas laptop

Laptop bukanlah alas atau meja, jadi jangan pernah menaruh benda apapun di atasnya. Menaruh benda yang jauh lebih berat dari laptop itu sendiri justru menyebabkan kerusakan serius pada LCD dan engsel laptop. Maka itu, jangan pernah meletakkan apapun di atas laptop, walaupun hanya sebuah buku sekalipun.

Memakai laptop tanpa istirahat

Pekerjaan yang menumpuk atau keasyikan bermain game seringkali membuat banyak orang terus menggunakan laptop dalam jangka panjang. Sayangnya, laptop tak dapat dipakai terus-menerus. Perangkat ini juga perlu waktu istirahat untuk mendinginkan komponen-komponen di dalamnya. Usahakan untuk memberikan jeda sekitar 15-30 menit setelah kamu menggunakan laptop selama 3-4 jam.

Jadi, ingatlah bahwa cara terbaik untuk memastikan laptop tetap berfungsi dan tahan lama adalah merawat laptop sebaik mungkin. Jika ternyata ada salah satu kebiasaan di aas yang sering kamu lakukan, mulailah untuk menghentikannya. Yuk, sama-sama terapkan cara merawat laptop di atas mulai saat ini, spAcer!