Fakta Menarik Spesifikasi Notebook yang Bikin Kamu Ingin Memilikinya!

August 14, 2018

Bisa dibilang bahwa saat ini spesifikasi notebook lebih diminati banyak orang  dibandingkan desktop PC atau PC All in One (AIO). Perangkat tersebut semakin populer berkat berbagai kelebihan yang ditawarkannya. Apalagi, fitur yang disematkan pada notebook juga semakin bervariasi dan bisa diandalkan, sehingga membuat banyak orang tertarik memilikinya.

Dari sejumlah penelusuran Acer, setidaknya ada delapan spesifikasi notebook yang dinilai lebih unggul dibandingkan perangkat digital lainnya. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini! Catat ya, spAcer!

Mendukung fleksibilitas

Keunggulan utama yang dimiliki notebook adalah desainnya. Dibandingkan desktop PC, kamu bakal nyaman membawa notebook selama beraktivitas berkat bodinya yang ramping dan ringan. Perangkat ini pun dapat fleksibel dalam mendukung produktivitas kerja, baik ketika sedang berada di kafe, coworking space, atau bahkan dalam pesawat.

Sebaliknya, sebuah perangkat PC rata-rata memiliki ukuran fisik yang besar. Meskipun sangat mungkin untuk memindahkan desktop dari satu tempat ke tempat lain, nyatanya hal ini sangat sulit dan bukan pilihan terbaik untuk dibawa ke mana-mana.

Performa mengagumkan

Selain desainnya yang menarik, performa notebook juga mampu menyamai level desktop PC. Makanya, saat ini, sejumlah produsen berani menciptakan notebook tangguh untuk berbagai kebutuhan kerja maupun hiburan sesuai dengan tuntutan zaman.

Sebagai contoh adalah penggunaan prosesor yang menjadi ‘otak’ notebook. Sudah banyak notebook menggunakan prosesor generasi terbaru Intel atau AMD yang mampu menyajikan performa kencang dan hemat baterai. Tak tanggung-tanggung, notebook juga hadir dengan besaran dan jenis RAM yang bervariasi, sehingga memungkinkan kamu untuk bekerja multitasking. Dengan begini, kamu tak perlu khawatir lagi dalam melakukan kegiatan multimedia, menyelesaikan sejumlah deadline, ataupun bermain game casual.

Baca Juga:  Kenapa Nitro 5 dengan Spesifikasi Khusus Ini Wajib Kamu Punya?

Praktis digunakan setiap saat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa notebook sangat mudah digunakan. Tinggal keluarkan dari tas, tekan tombol power, dan dalam hitungan detik, notebook siap langsung digunakan. Selain itu, mengingat seluruh komponennya sudah menyatu sebagai satu perangkat, kamu tak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk membeli komponen tambahan layaknya PC. Praktis, kan?

Ukuran layar yang nyaman

Ukuran layar notebook memang tak sebesar layar monitor PC, mengingat notebook didesain seringkas mungkin. Makanya, kebanyakan notebook di pasaran memiliki ukuran layar berkisar 11 hingga 15 inci saja. Namun, hal tersebut bukanlah suatu masalah. Notebook masih dapat dihubungkan ke monitor eksternal yang lebih besar atau proyektor untuk mendukung tampilan layar yang diinginkan. Dengan begini, mau nonton film atau gaming bisa tetap nyaman dengan notebook.

Resolusi besar, layar lebih jernih

Tak hanya untuk bekerja, kamu juga bisa menonton film-film favoritmu di kala senggang. Layar notebook umumnya telah memiliki tampilan yang tajam dan jernih, serta didukung layar dengan resolusi Full HD. Sudut pandangnya pun mencapai 178 derajat, sehingga nonton bareng teman atau pasangan tetap nyaman meskipun berada dalam posisi tak tepat di depan notebook.

Menariknya lagi, layar notebook telah menggunakan sejumlah teknologi canggih agar nyaman digunakan dalam jangka panjang. Salah satu teknologi eye care yang mampu meminimalkan pancaran sinar biru sehingga memastikan mata tidak lekas lelah. Ada pula teknologi anti-glare yang memungkinkan kamu dapat menonton di luar ruangan dengan nyaman.

Hemat daya

Sekarang, mari bandingkan keunggulan spesifikasi notebook dan desktop PC dari sisi daya listrik. Sebuah perangkat PC biasanya membutuhkan konsumsi daya listrik yang lebih besar untuk menunjang segala macam aktivitasnya. Hal tersebut karena perangkat ini terdiri dari berbagai macam komponen, seperti power supply, desktop, hingga monitor eksternal. Selain itu, penggunaan PC sangat bergantung pada kestabilan daya listrik. Jika listrik padam, kamu mungkin bisa menggunakan Uninterupptible Power Supply (UPS), namun sayangnya tenaga tersebut sangat terbatas.

Sebaliknya, komponen notebook yang lebih kecil membuat perangkat hanya membutuhkan sedikit daya di kala bekerja. Notebook juga memiliki baterai yang tahan lama rata-rata 4-8 jam, sehingga bisa tetap digunakan tanpa harus mencolokkannya ke sumber listrik. Bahkan bila baterai lowbat, kamu cukup nge-charge kembali. Jadi, dari segi penggunaan energi listrik, notebook terbukti lebih unggul.

Kapasitas penyimpanan besar

Bila dulu kemampuan penyimpanan notebook terbatas dan sering menjadi lemot saat memori full, maka hal tersebut tak lagi terjadi saat ini. Berkat penyimpan Solid State Drive (SSD), notebook justru mampu menyediakan kapasitas penyimpanan yang cukup lega untuk menyimpan segala data-data penting kamu. Unit SSD yang banyak dipakai notebook biasanya beragam mulai dari kapasitas 128 GB hingga 1 TB. Ada pula unit SSD terbesar bisa mencapai 4 TB namun dibanderol dengan harga cukup mahal.

Meskipun begitu, penggunaan SSD pada notebook memberikan banyak keuntungan. Di antaranya memberikan waktu booting yang lebih cepat, notebook beroperasi lebih senyap, dan lebih tahan lama dibandingkan penggunaan HDD.

Sistem keamanan lengkap

Di zaman sekarang, keamanan data dalam notebook merupakan hal serius yang menjadi perhatian. Biasanya untuk melindungi perangkat, kamu akan menggunakan password yang tidak mudah ditebak orang lain. Lalu, seiring perkembangan teknologi, sistem keamanan biometrik seperti fingerprint reader telah diintegrasikan dalam notebook. Teknologi ini memungkinkan pengguna resmi yang hanya mendapatkan akses untuk menggunakan notebook sepenuhnya.

Sayangnya, sistem fingerprint tak bisa ditemukan pada PC ataupun PC AIO. Kamu pun harus mengeluarkan uang tambahan bila menginginkan sensor sidik jari eksternal untuk perangkat kesayanganmu.

Jadi, jangan dilema lagi ketika harus memilih antara notebook atau komputer desktop. Terbukti, notebook jauh lebih nyaman untuk kamu miliki. Selain desainnya yang semakin ringkas dan ringan, pilihan model dan spesifikasi notebook pun bervariasi, sehingga memberikan alternatif perangkat yang tepat sesuai kebutuhan.

Bagi kamu yang sedang mencari notebook baru, Acer juga punya banyak jajaran produk notebook terbaik, lho. Salah satu notebook yang harus kamu lirik adalah Acer Spin 5. Perangkat ini hadir dengan pilihan Intel® Core™ i5 dan i7 generasi ke-8, sehingga mampu memberikan performa kerja atau hiburan yang lebih baik. Tak ketinggalan, Spin 5 juga diperkuat RAM DDR4 8GB yang bisa di-upgrade hingga 16 GB untuk mendukung kegiatan multitasking dengan lancar, serta grafis 3D yang membantu gambar tampak jernih dan tajam.

Menariknya, Spin 5 juga dirancang fleksibel, spAcer. Dengan layar yang dapat dilipat, notebook ini mampu digunakan dalam empat mode sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa menggunakan mode notebook bila ingin mengetik dokumen atau mode display saat harus melakukan video call. Tersedia pula mode tablet, lengkap dengan Acer Active Stylus generasi terbaru yang lebih akurat dan hemat daya, untuk menulis atau menggambar. Dan dapat digunakan mengisi waktu dengan menonton video di pesawat, lipat saja Spin 5 menjadi mode tent, sehingga muat di meja pesawat .

Agar semakin nyaman digunakan saat bepergian,  notebook Acer satu ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan fingerprint dan daya tahan baterai hingga 13 jam. Bahkan, Spin 5 memiliki sistem audio berkualitas tinggi demi memberikan pengalaman hiburan yang maksimal. Jadi, jelas sudah bahwa notebook ini sangatlah unggul dari berbagai segi.

Nah, jadi sekarang spAcer sudah nggak lagi ragu untuk membeli perangkat notebook. Terbukti dari banyak keunggulan yang ada pada spesifikasi notebook bikin kamu puas menikmati hiburan atau bekerja!

Baca Juga: Acer Aspire 3, Tipis dan Super Kuat berkat Prosesor AMD Ryzen Terbaru