Cara Menghindari Kerusakan Mata Setelah Memakai Gadget Terlalu Lama

August 8, 2018

Menatap layar gadget terlalu lama untuk bermain game atau pekerjaan lainnya, tentu dapat berdampak buruk pada mata. Hal ini disebabkan terlalu melihat dekat dan dilakukan secara berlebihan, sehingga menyebabkan terjadinya mata lelah (astenopia), mata kering, dan rabun jauh (myopia). Oleh karena itu, untuk menjaga mata tetap sehat meskipun bermain gadget, disarankan agar kamu mengikuti beberapa kiat berikut ini:

Sering berkedip

Ketika fokus menatap layar gadget, seringkali kamu lupa berkedip. Hal inilah yang  menyebabkan mata kering dan kemerahan karena kelembapan alami di sekitar mata berkurang. Oleh karena itu, ingatlah agar berkedip secara teratur saat sedang menggunakan gadget.

Perhatikan jarak pandang mata

Jika kamu ingin mata tetap sehat, usahakan agar jarak layar gadget harus sekitar 30-40 cm dari wajah. Dengan begitu, mata kamu akan lebih terbuka dan tidak mudah lelah.

Perbesar teks

Menatap teks yang terlalu kecil dapat membuatmu mendekatkan wajah ke layar, sehingga mempercepat timbulnya mata lelah dan sakit kepala. Untuk meminimalisir masalah ini, spAcer bisa memperbesar ukuran teks suoaya lebih mudah dibaca atau dilihat.

Atur tingkat kecerahan

Selain ukuran teks, tingkat kecerahan dan kontras warna juga turut memengaruhi kesehatan indera penglihatanmu. Tingkat kecerahan dan kontras yang terlalu tinggi atau terlalu rendah sama-sama berbahaya bagi mata. Maka itu, sesuaikan pencahayaan gadget agar mata kamu tetap nyaman saat menatap layar dalam waktu cukup lama, atau tambahkan pelindung layar anti-silau agar dapat mengurangi jumlah cahaya biru yang masuk ke mata.

Sesuaikan pencahayaan dalam ruangan

Pencahayaan ruangan juga harus disesuaikan dengan kondisi pencahayaan gadget. Ruangan terlalu redup atau terlalu terang akan menyebabkan mata menjadi tidak nyaman.

Ingat rumus 20-20-20

Mata manusia memiliki otot yang membantunya bergerak dan fokus pada objek yang berbeda, tetapi tidak diciptakan untuk menatap gadget selama berjam-jam dalam satu waktu. Hal ini justru akan membuat otot-otot mata menjadi kaku. Maka itu, penggunaan gadget sebaiknya menerapkan aturan 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit menatap layar gadget, luangkan waktu selama 20 detik untuk melihat objek jauh yang berjarak lebih dari 20 kaki atau 6 meter.

Jaga kebersihan layar gadget

Secara rutin cobalah untuk membersihkan layar gadget dengan kain lembut dan kering. Gunanya adalah untuk menghilangkan debu, kotoran, noda, dan sidik jari yang mengganggu.

Istirahatkan mata secara berkala

Kamu bukanlah robot yang bisa bekerja di depan gadget non-stop. Oleh karena itu, usahakan untuk meluangkan waktu sejenak secara rutin untuk beristirahat, memejamkan mata, atau memijat di daerah sekitar mata agar aliran darah di sekitar mata menjadi lancar dan mata menjadi segar kembali.

Imbangi dengan pola makan sehat

Makanan yang mengandung vitamin C, A, dan omega 3 baik untuk menjaga kesehatan mata. Jadi, dari sekarang mulailah biasakan diri untuk mengimbangi aktivitas pemakaian gadget dengan mengonsumsi makanan sehat.

Itulah beberapa kiat sederhana dan ampuh yang dapat melindungi mata dari bahaya sinar biru gadget. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:  Gaming Monitor KG271: Layar Terbaik untuk Tampilkan Game Favoritmu