Mengenal Intel® Optane™ untuk Cara Kerja PC 5 Kali Lebih Cepat!

June 29, 2018

Kalau kamu sudah mulai jengah menunggu waktu loading level saat main game sekelas Call of Duty Modern Warfare yang bahkan ditinggal bikin kopi pun belum selesai, maka harus mempertimbangkan untuk menggunakan Intel® Optane™. Sebelum menggunakan Intel® Optane™, butuh waktu 30 detik untuk masuk ke level baru permainan. Tapi, setelah memakai Intel® Optane™, cuma butuh menunggu 6 detik saja. Yup, performa perangkat kamu jadi lebih cepat sampai lima kali!

Nah, untuk booting di Windows 10 pun cuma butuh waktu 7 detik jika kamu menggunakan Intel® Optane™ ini, sementara jika mengandalkan RAM pada sistem serta prosesor saja, butuh waktu 35 detik, dari mulai menyalakan PC sampai Windows terbuka dan bisa hingga bisa digunakan.

See? Menggunakan Intel® Optane™ bisa bikin kamu lebih seu-seruan nge-game dan kamu pasti nggak gampang emosi, nih.

Berkenalan dengan Intel® Optane™.

Apa sih sebenarnya Intel® Optane™? Adalah akselerator penggunaan data yang tersimpan di hardisk. Jika kamu menggunakan storage tipe HDD, menambah Intel® Optane™ bisa membuat komputernya secepat jika menggunakan hardisk tipe SSD yang harganya tinggi itu.

Intel® Optane™ punya kemampuan membaca file hingga 1350 mb/s, sementara secepat-cepatnya HDD, hanya bisa sampai kecepatan 250 mb/s.  Itulah mengapa Intel® Optane™ sangat membantu saat kita bekerja dengan file-file ukuran jumbo.

Kamu yang video editor atau digital artist pasti paham banget kan nggak enaknya menunggu waktu render atau waktu buka file yang lama? Dengan Intel® Optane™, masalah itu bisa teratasi.  Misalnya, nih, untuk membuat file format tiff ukuran 1,3 Gb kamu hanya butuh waktu 4 detik jika menggunakan Intel® Optane™, sementara tanpanya butuh waktu 33 detik.

Salah satu hal yang membuat Intel® Optane™ bisa bikin PC ngebut adalah 3D XPoint (Baca: 3D Cross Point), yaitu teknologi baru dari Intel agar daya tahan memori jadi lebih tinggi untuk proses caching.  Dengan begitu, Intel® Optane™ punya fungsi lain, yaitu sebagai media cache. Teknologi ini bakal membaca data cache dari aplikasi yang sering dipakai lalu menyimpannya di storage sendiri, bukan di HDD lagi. Ketika membuka aplikasi yang membutuhkan data tersebut, perpindahan data dari storage ke RAM jadi super cepat.

Sekarang ini, beberapa brand HDD pun bikin bundling produk HDD + Intel® Optane™ untuk memastikan pengguna bisa memaksimalkan performa hardisk.  Oh iya membeli Intel® Optane™ lalu dipadukan dengan HDD pun jauh lebih hemat, lho, dibanding membeli hardisk tipe SSD.

Perangkat Acer Sudah Menggunakan Intel® Optane™

Intel® Optane™ ini bisa dibilang spesial. Soalnya hanya bisa digunakan di prosesor tinggi. Minimal Intel Core i7. Syarat lainnya penggunaan Intel® Optane™ adalah prosesor dan motherboard yang harus Intel,  minimal menggunakan chipset series Intel 200 dan PC yang sudah menggunakan Windows 10 (64-bit). Plusnya, Intel® Optane™ tersedia dalam dua pilihan tingkat kecepatan. 16 GB dan 32 GB. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan.

Kabar baiknya, ada perangkat Acer di level tersebut yang sudah mendukung Intel® Optane™, seperti desktop Predator Orion 5000 dan Predator Orion 3000. Untuk Predator Orion 5000 sudah menggunakan prosesor Intel Core i7+ 8700K yang dipasangkan dengan Intel Z370 chipset terbaru plus Intel® Optane™. Sedangkan Predator Orion 3000 pun dibenamkan prosesor Intel Core i7+ generasi ke-8 dan didukung Intel® Optane™. Main game makin super cepat!

Jadi, dengan teknologi terdepan yaitu Intel® Optane™, kamu nggak bakal ngeluh-ngeluh lagi saat memakai PC untuk aplikasi berukuran besar, termasuk juga kalau mau main game. Nantikan update produk-produk Acer yang sudah dibenamkan Intel® Optane™ di acerid.com ya!

Baca Juga:  Predator Orion 9000, Powerful Gaming PC with Awesome Look!