5 Cara Bikin Keyboard Laptop Kamu Lebih Awet

February 5, 2018

Menjaga keyboard laptop agar tetap berfungsi normal dan awet penting dilakukan, mengingat perangkat ini dapat memudahkan pengguna dalam mengoperasikan laptop, khususnya ketika mengetik. Meskipun keyboard virtual sudah banyak beredar, tetapi penggunaannya tidak akan senyaman dan sepraktis ketika memiliki papan ketik nyata. Keyboard laptop yang sering digunakan tentu membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah rusak.

Terlebih apabila terjadi kerusakan pada keyboard laptop. Kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli keyboard baru dengan harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, lakukan 5 cara mudah ini biar keyboard kamu awet.

Bersihkan debu secara rutin

Hal terpenting yang harus diingat oleh para pengguna laptop adalah rongga-rongga yang ada di antara huruf-huruf papan ketik bisa ditempati oleh debu. Jika dibiarkan begitu saja, debu akan menumpuk dan mengganggu kenyamanan pengguna. Tak hanya itu, debu yang terjepit di bawah tombol keyboard bisa saja mengganggu fungsi kerja tombol tersebut ketika digunakan. Sebaiknya, bersihkan tombol keyboard secara berkala agar debu tidak terlalu menumpuk.

Pakai cover keyboard

Untuk menghindari penumpukan debu yang berlebih, kamu bisa memakai cover keyboard. Keyboard yang dilapisi cover atau pelindung tentu menjadi lebih aman dan tidak mudah rusak. Kamu bisa membeli cover keyboard yang biasanya dijual dengan harga yang murah, sekitar Rp20.000 sampai Rp30.000 saja. Selain itu, cover keyboard juga bisa melindungi cairan, termasuk keringat, yang mungkin masuk ke dalam sela-sela tombol.

Menekan tombol sewajarnya

Sebagai pengguna laptop, sering kali kamu menekan tombol terlalu kencang. Terlebih saat mengetik dengan deadline yang sangat mampat. Kamu yang suka main game di laptop pun terkadang tanpa sadar menekan tombol keyboard dengan keras. Padahal hal tersebut bisa merusak fungsi keyboard.

Hindari meletakkan barang berat di atas keyboard

Saat mengerjakan tugas terkadang secara reflek tangan akan meletakkan buku atau bahkan kamus di atas keyboard. Hal ini akan menjadi masalah jika buku-buku tebal itu diletakkan terlalu lama. Pasalnya, meletakkan barang berat di atas keyboard akan mengurangi kerja keyboard itu sendiri. Tidak jauh berbeda dengan ketika kamu menekan tombol keyboard keras-keras.

Jauhkan dari cairan

Mengetik sambil minum kopi supaya tidak mengantuk? Boleh-boleh saja tetapi pastikan kamu meletakkan cangkir minuman jauh dari keyboard laptop. Seandainya minuman tersenggol dan tumpah tidak akan membasahi papan ketik kamu. Selain itu, kamu juga dilarang makan di dekat laptop. Remah-remah makanan bisa masuk di celah tombol sehingga membuat tombol mudah rusak.

Buat kamu yang dalam sehari-harinya selalu beraktivitas dengan menggunakan laptop, sebaiknya mulai menjaga keyboard laptop agar tetap awet. Cara-cara tadi tidaklah sulit untuk dipraktekkan. Laptop tanpa keyboard yang berfungsi normal tentu akan sangat mengganggu aktivitasmu, bukan? Yuk, lakukan hal-hal tadi agar keyboard laptop awet!

Baca Juga : Trik Mengatasi Laptop Lemot