Hal-Hal Ini Bisa Membuat Seseorang Menjadi Inventor Teknologi

January 9, 2018

SpAcer, apa ada di antara kamu yang bercita-cita menjadi  inventor teknologi? Pada dasarnya, inovasi teknologi merupakan kombinasi dari hal-hal yang sudah selama ini kita kenal atau ketahui sebelumnya. Coba lihat smartphone zaman sekarang. Umumnya, smartphone tersebut merupakan kombinasi dari ponsel biasa, kamera, touch screen, dan berbagai komponen lainnya.

Dengan kata lain, sebenarnya tidak benar-benar baru. Kamu hanya perlu lebih peka terhadap kondisi dan lingkungan sekitar agar dapat menemukan inovasi teknologi tersebut. Selain itu, agar proses yang kamu lalui bisa lebih mudah, kamu juga perlu menerapkan beberapa tips berikut ini.

Baca juga:  Deretan CEO Muda Dengan Gebrakan Baru Di Dunia Teknologi

Mari Mulai Berandai-andai

Setiap inventor teknologi memang memiliki karakter yang berbeda. Jenis penemuan atau inovasi mereka pun tidaklah sama. Namun, mereka semua memiliki satu persamaan, yakni memulainya dengan berandai-andai. Kata-kata seperti “bagaimana jika….atau “seandainya….” mungkin bagi sebagian orang terdengar malas. Namun, jika memang ingin menjadi inventor teknologi, kamu tidak boleh membiarkan pikiranmu berangan-angan begitu saja. Kamu harus siap melakukan aksi nyata untuk mewujudkannya. Hal inilah yang membedakan seorang inventor dari orang-orang lain.

Tulis Kemampuan, Teknologi, dan Bidang yang Kamu Kuasai

Apabila pikiran kamu sedang merasa “blank” untuk berandai-andai memikirkan inovasi yang bisa kamu lakukan, kamu bisa memulai dengan menulis seluruh kemampuan, pengetahuan, dan bidang yang kamu kuasai. Jangan ragu untuk menuliskan semuanya, misal tentang pengembangan software, coding, hingga yang berbau hobi seperti bermain gitar, memasak, berenang, dan sebagainya.

Jika perlu, coba tanyakan ke orang-orang terdekat tentang kemampuan lain yang kamu lupakan. Mungkin saja kamu pernah membantu seorang teman untuk membuat website, bekerja magang di salah satu perusahaan besar dan menjadi peserta magang terbaik, atau mendapatkan nilai terbaik di salah satu mata pelajaran  saat kuliah. Apa pun itu, tuliskan saja semuanya pada daftar satu ini.

Baca juga: Bekerja Bersama Tim Semakin Efektif Dengan Teknologi

Kombinasikan Daftar Tulisan yang Kamu Buat

Katakanlah kamu memilih desain website, literatur, musik, dan digital marketing pada daftar yang kamu buat di atas. Nah, dari daftar ini, coba kombinasikan poin-poin tersebut, misal seperti:

  • Desain website + literatur
  • Desain website + musik
  • Desain website + digital marketing
  • Literatur + musik
  • Literatur + digital marketing
  • Dan sebagainya

Semakin banyak daftar yang kamu tulis, semakin banyak pula kombinasi yang bisa kamu dapatkan! Setelah itu, tentukan kebutuhan konsumen yang sekiranya dapat dipenuhi oleh setiap kombinasi tersebut. Pada tahap ini, kamu akan membutuhkan banyak waktu untuk berpikir dan melakukan brainstorming. Bukan tak mungkin, kombinasi yang kamu punya sudah pernah diterapkan oleh orang lain atau tidak memenuhi kebutuhan konsumen.

Jangan berkecil hati, spAcer! Manfaatkan proses ini untuk mengenali dirimu lebih dalam lagi, ya. Gali kembali potensi dan kemampuan dalam diri dan jangan ragu meminta bantuan kepada orang lain. Siapa tahu obrolan dengan mereka bisa menghasilkan ide yang cemerlang.

Menghubungkan Inovasinya dengan Kebutuhan Masyarakat

Mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, sebelum memulai melakukan inovasi, merupakan hal yang penting. Inventor yang cerdas akan mulai mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan barulah menciptakan sesuatu sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Dijamin inovasi kamu pasti akan berguna di mata masyarakat!

Ide Awal Selalu Terlihat Seperti Kegagalan

Setelah mengobrol dengan banyak orang, melakukan brainstorming, riset, dan sebagainya, kamu mulai mantap dengan ide penemuan teknologi. Namun, ketika membuatnya go public, jangan kecewa apabila ada pihak-pihak yang tidak paham atau setuju dengan inovasimu. Ingat, spAcer, ide awal para inventor selalu terlihat “tidak penting” pada awalnya. Bahkan pada tahun 1970-an, teknologi personal computing sempat dianggap sebagai kebodohan. Namun, lihat sekarang, personal computing justru sudah menjadi salah satu kebutuhan banyak orang.

Menjadi inventor teknologi sukses, tentunya juga membutuhkan teknologi yang mumpuni untuk memudahkan proses yang dijalani, lho! Ada notebook Acer Swift 3 yang super tipis dan ringan dan performa powerful. Adanya Prosesor Intel Core i7 dan memori hingga 8GB, serta daya tahan baterai hingga sembilan jam,  kamu pun dapat lebih lama melakukan brainstorming untuk menemukan inovasi teknologi!

SpAcer, sudah siap menjadi the next inventor? Selamat bereksperimen!