Tak Hanya Bill Gates, Ini Para Inovator Hebat Teknologi!

January 9, 2018

Ketika berbicara tentang inovator teknologi, nama yang paling sering disebutkan adalah Bill Gates atau Steve Jobs. Padahal, masih banyak nama lain yang juga telah memberikan kontribusi positif terhadap inovasi di bidang teknologi. Mulai dari ponsel hingga programming komputer. Yuk, berkenalan dengan beberapa dari mereka melalui ulasan berikut ini!

Baca juga: Hal-Hal Ini Bisa Membuat Seseorang Menjadi Inventor Teknologi

Grace Hopper – Programming

Memiliki julukan Queen of Software, Grace Hopper adalah sosok yang sangat berjasa dalam inovasi bahasa pemrograman menggunakan Bahasa Inggris. Pada tahun 1958, Hopper inilah yang mendesain bahasa pemrograman FLOW-MATIC, yang menjadi dasar pembuatan pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL). Inovasi Hopper ini dianggap begitu revolusioner karena sebelum adanya pemrograman berbasis bahasa tersebut, pemrograman komputer dilakukan dengan menggunakan kode binary yang sulit dibaca.

Douglas Engelbart – Human-Computer Interaction

Kemudahan berinteraksi dengan perangkat komputer merupakan salah satu hal yang kita pertimbangkan dalam membeli komputer. Ternyata Douglas Engelbart inilah yang menjadi pioneer dalam teknologi interaksi manusia dan komputer, spAcer. Ia adalah orang yang menciptakan mouse sehingga kita bisa mengoperasikan komputer dengan lebih mudah. Lalu, pada 1968, di acara Fall Joint Computer Conference, Engelbart mempertunjukkan proyek oN-Line System yang menggabungkan video conference, networked collaboration, mouse, hyperlinks, dan text editing. Penemuan Engelbart inilah yang menjadi dasar komputer modern sekarang, lho!

Mary Lou Jepsen – Screen Display

Tanpa sebuah layar di notebook, bagaimana kita bisa menggunakannya? Selayaknya kita harus berterima kasih terhadap Mary Lou Jepsen nih. Pada tahun 1995, ia mendirikan perusahaan bernama MicroDisplay, tempat ia bereksperimen menciptakan layar-layar berukuran kecil. Inovasinya ini membuatnya dipercaya oleh Intel untuk menangani Display Division di sana.

Di Intel inilah Jepsen mempunyai mimpi untuk menciptakan notebook ramah lingkungan untuk anak-anak di seluruh dunia. Salah satu prototype dari notebook tersebut dipertunjukkan pada ajang UN, yang pada saat itu Jepsen mendapat dukungan dalam bentuk manufaktur sehingga ia bisa memproduksi notebook-nya dalam jumlah besar.

Norman Abramson – Teknologi Wireless

Tahukah kamu bahwa teknologi LAN ditemukan oleh Norman Abramson di Hawaii? Ia menciptakan wireless LAN pertama bernama ALOHAnet di University of Hawaii. ALOHAnet juga merupakan jaringan pertama yang berhasi mentransmit data menggunakan sinyal radio pada saat itu. Abramson juga menggunakan paket data berkecepatan tinggi bernama ALOHA Channels, yang memungkinkannya menyediakan koneksi mobile broadband mulai dari 1G hingga 4G.

Meski kini Abramson telah pensiun, ia tetap aktif melakukan penelitian tentang aplikasi ALOHA dan teori komunikasi. Sesekali, ia juga diundang menjadi pembicara untuk membahas tentang ALOHAnet. Ia tak pernah berhenti berkarya, ya!

Baca juga: Deretan CEO Muda Dengan Gebrakan Baru Di Dunia Teknologi

Dr. Erna Hoover – Telephony

Saat bekerja di Bell Laboratories, Dr. Erna Hoover menciptakan program telephony switching computer yang memungkinkan telepon tetap dapat berfungsi meski loads-nya sedang tinggi. Jadi, ketika ada terlalu banyak panggilan telepon, Dr. Erna Hoover membuat program yang dapat membuat telepon tetap beroperasi secara efisien tanpa harus memutus sambungan. Inovasi ini pun resmi dipatenkan pada tahun 1971 dan menjadi salah satu dari beberapa software pertama di dunia yang mendapatkan hak paten.

Marty Cooper – Mobilephone

Tanpa ponsel berukuran 2 pounds yang ditemukan Marty Cooper, mungkin kamu tidak akan bisa menggunakan ponsel berdesain minimalis seperti sekarang, spAcer. Marty Cooper adalah orang yang menciptakan ponsel Motorola DynaTAC, yang saat itu hanya bisa digunakan untuk menelepon selama 35 menit. Demi menciptakan teknologi tersebut, Cooper bahkan melibatkan seluruh teknisi yang ada di Motorola untuk bekerja membangun infrastruktur ponsel. Bersama istrinya, Arlene Harris, Cooper mendirikan perusahaan Dyna LLC untuk mengembangkan teknologi tersebut.

Roberta Williams – Games PC

Dengan kemajuan teknologi sekarang, mahir bermain game bisa mendatangkan pundi-pundi uang, bukan? Bagi spAcer yang gemar bermain game dapat berterima kasih kepada Roberta Williams, sang pionir wanita dalam hal game PC. Ia menciptakan Sierra On-Line bersama sang suami yang membantu membentuk sejarah dari video games. Game-nya yang terkenal adalah “King Quest” yang sudah memasuki sekuel ke 8. Dalam game ini, tidak hanya kesenangan bermain game tetapi juga ada hal yang dapat dipelajari seperti taktik menyerang secara logis atau pemecahan masalah yang membuat pemainnya seperti sedang dalam petualangan.

Para sosok keren dan inspiratif di atas kita sangat berterima kasih karena kini bisa menikmati berbagai teknologi canggih dengan mudah. Tentunya, teknologi pasti terus berkembang dan bukan tidak mungkin salah satu dari kamu bisa menjadi inovator teknologi di kemudian hari. Jadi, jangan pernah berhenti mencoba!