Memastikan Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Layak Kamu Miliki

Seiring berkembangnya zaman ke arah digital, keberadaan laptop semakin diperlukan oleh hampir setiap orang, terutama bagi mereka yang merupakan pebisnis atau pekerja mobile. Laptop pun membantu menyelesaikan pekerjaan lebih praktis. Sesuai dengan kebutuhan kita, spesifikasi laptop dan harga laptop yang tersedia juga bermacam-macam. Seperti saat spAcer harus mencari harga laptop Acer yang tepat dengan spesifikasi dan kebutuhanmu.

Sayangnya, tak sedikit orang yang salah membeli laptop sehingga kurang sesuai dengan ekspektasinya. Akibatnya, hal ini tidak bisa membuat kita bekerja secara maksimal. Oleh sebab itulah penting untuk mencari tahu tentang spesifikasi laptop yang akan kita beli lalu cocokkan dengan kebutuhan kita. Sebelum kamu membeli laptop, ini dia tips bermanfaat yang bisa kamu jadikan referensi agar tidak salah beli.

RAM

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat akan membeli laptop adalah RAM. RAM ini memainkan peranan yang penting untuk performa laptop kamu. Semakin besar RAM laptop, maka hal ini akan semakin mendukung kinerja laptop yang lebih cepat. Tentu saja, harganya juga semakin mahal. Tapi hal itu tidaklah mengapa karena jika ternyata di kemudian hari kamu memerlukan RAM yang lebih besar, maka kamu harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilih laptop yang sekalian memiliki RAM lebih besar. Untuk saat ini sebaiknya pilih laptop yang memiliki RAM minimal 4GB. Jika kamu memilih RAM sebesar 2GB hal itu mungkin kurang cukup untuk mendukung program aplikasi terbaru. Ada dua jenis RAM, yakni DDR2 dan DDR3. Sebaiknya pilih DDR3 karena bisa memberikan performa yang lebih baik. Lebih lanjut, ada lagi kecepatan RAM seperti 800MHz, 1066MHz, dan sebagainya. Semakin besar angkanya maka akan semakin cepat kinerjanya.

Baca juga: Panduan Memilih Laptop Bisnis Seperti Acer TravelMate

CPU

Selain RAM, kamu juga harus memperhatikan spesifikasi CPU pada laptop yang akan kamu beli. Boleh dibilang, CPU ini adalah otak dari laptop kamu. Semakin terkini generasi prosesor kamu, maka akan semakin pintar ia menjalankan program-program pada laptop. Jadi, CPU yang kamu pilih akan menentukan kinerja laptop kamu. Tapi perlu juga kamu ingat bahwa kinerja CPU yang semakin baik biasanya diikuti dengan konsumsi daya baterai yang besar pula. Untuk itu, kamu juga perlu memilih laptop dengan kapasitas baterai yang besar pula untuk mengimbangi kinerja CPU kamu.

Jenis prosesornya pun juga sudah berkembang, dual-core dan quad-core. Quad-core tentu saja lebih baik karena dalam 1 CPU ada 4 inti yang akan bekerja jadi performanya juga lebih kencang. Biasanya, laptop dengan spesifikasi ini dibutuhkan para gamers atau para programmers karena program yang mereka jalankan memerlukan kemampuan CPU yang lebih pintar. Sedangkan untuk keperluan sehari-hari, cukup memakai dual core seperti Intel Core i3 ataupun Intel Core i5. Seperti laptop Acer Aspire Switch 10 E sudah dibekali dengan prosesor Intel Atom x5 dan juga layar IPS yang menghasilkan tampilan lebih jernih. Untuk kamu yang tertarik, harga laptop Acer ini sekitar 5 juta rupiah.

Display

Harga Laptop Acer

Selain kinerja laptop, nyaman tidaknya kamu saat menggunakan laptop juga perlu diperhatikan, yakni masalah display. Display ini meliputi ukuran layar. Semakin lebar layar maka akan semakin luas jarak pandang. Seperti laptop Acer Aspire E yang sudah memiliki layar display selebar 15,6 inci akan memberikan display secara menyeluruh. Selain display yang lebar, laptop Acer Aspire yang satu ini sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 4GB dan 500GB storage. Cukup banyak, bukan? Harga laptop Acer yang satu ini dibanderol sekitar 8 juta rupiah.

Kembali lagi ke masalah display, mungkin kamu juga pernah melihat layar laptop yang bercahaya, matte dan glossy. Hal ini tergantung pada lapisan layar yang terpasang. Masing-masing memiliki ciri khas. Kalau layar glossy, ini akan menghasilkan display kontras dan kecerahan yang lebih baik tapi sayangnya, layar ini sedikit silau. Kalau kamu akan lebih banyak memakai laptop di siang hari di luar ruangan, sebaiknya hindari layar glossy. Sebaliknya, pilih yang matte karena tidak seberapa silau di mata.

Selain itu juga sekarang sudah ada teknologi touchscreen  yang bisa ditemui di laptop atau notebook. Lebih canggih memang akan tetapi biaya yang dikeluarkan juga akan semakin besar. Untuk teknologi touchscreen dapat ditemukan di Acer Aspire R14 R5-471T yang sudah dilengkapi dengan windows10 dan RAM 4GB dan daya tahan baterai selama 8 jam.

Baca juga: Tips Bekerja Multitasking dengan Acer Swift 7

Storage

Seberapa besar storage yang tersedia pada laptop menentukan seberapa banyak file yang bisa kamu simpan. Semakin besar storage yang dimiliki oleh laptop, maka harga laptop tersebut juga biasanya semakin mahal. Untuk notebook, biasanya storage yang ditawarkan sekitar 200 hingga 300GB sedangkan laptop, bisa mencapai hingga 500 giga daya tampung. Sebenarnya, masalah storage ini bisa bisa diatasi dengan membeli hard disk eksternal jika storage yang kamu miliki pada laptop tidak cukup tapi tentu hal itu kurang praktis.

Kembali pada keperluan kamu, kalau misalnya kamu tidak seberapa memerlukan kapasitas penyimpanan besar, maka storage 300GB saja sudah cukup. Pada umumnya, laptop bisa menampung storage hingga 1 tera tetapi mungkin hal itu bisa mengurangi performanya sehingga sebaiknya tidak memasang storage pada batas maksimal yang bisa ditolerir oleh laptop tersebut.

Koneksi

Koneksi juga tak kalah penting untuk kamu pertimbangkan. Sekarang adalah zamannya internet. Kamu harus selalu terhubung ke internet. Oleh sebab itu, laptop kamu harus memiliki kualifikasi yang mumpuni dalam hal koneksi. Koneksi tak hanya dipengaruhi oleh provider yang kamu pilih, tapi juga spesifikasi hardware pada laptop kamu. Pada umumnya, setiap laptop sudah dibekali dengan koneksi wireless. Untuk bisa berjalan lancar, pastikan laptop kamu sudah mendukung Wi-Fi 802.11g.

Koneksi yang mumpuni akan mendukung kamu ketika berselancar di dunia maya dengan memberikan hasil yang lebih cepat. Saat ini, spesifikasi Wi-Fi yang terbaru adalah 802.11n tapi mungkin belum banyak sehingga Wi-Fi 802.11g saja sudah cukup. Selain koneksi wireless, pastikan juga laptop yang kamu beli memiliki colokan untuk kabel LAN. Hal ini untuk mengatasi masalah ketika Wi-Fi tidak mau terhubung, sehingga kamu masih bisa memakai kabel LAN. Untuk spesifikasi standarnya adalah Ethernet Gigabit, meskipun masih ada beberapa laptop yang mengusung Ethernet dengan kekuatan 100 megabits per detiknya.

Ingat ya, spAcer, membeli laptop tidak sama dengan membeli makanan yang kalau kurang sesuai bisa memesannya lagi. Harga laptop cukup menguras kantong oleh sebab itu, pastikan kamu memilih laptop yang terbaik. Sebelum membeli, tak ada salahnya kamu melihat spesifikasi masing-masing laptop yang menjadi nominasimu agar tidak menyesal di kemudian hari. Seperti hal-hal di atas.

Tentunya, semakin tinggi spesifikasi sebuah laptop, maka harga yang ditawarkan juga pasti selangit. Apalagi jika prosesornya keluaran terbaru. Laptop mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu, jadi pastikan kamu membeli laptop dengan spesifikasi yang tinggi sehingga masih bisa dipakai untuk beberapa tahun ke depan. Acer edisi Aspire menawarkan berbagai pilihan laptop dengan spesifikasi dari terendah hingga tertinggi, dilihat dari prosesor, tampilan, ataupun RAM. Harga laptop Acer juga bervariasi. Jadi, sesuaikan saja harga laptop Acer yang akan kamu beli dengan kebutuhan kamu ya, spAcer. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Serunya Bikin Video VR dengan VR 180!

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved