Ayo, Cari Tahu Perbedaan Mouse Gaming dengan Mouse Reguler!

Jika spAcer pernah melihat pertandingan e-Sports secara langsung atau melalui YouTube, pasti kamu akan melihat ada yang berbeda dengan perangkat para gamers. Mulai dari keyboard, mouse, sampai touchpad. Tetapi, di balik glamour dan bentuknya yang unik tersebut, kemampuan dari perangkat gamers tersebut cukup mumpuni dibandingkan perangkat biasa, lho.

Di dalam artikel kali ini, kamu akan tahu apa sih sebenarnya perbedaan mendasar dari mouse gaming dan mouse reguler. Mungkin dari yang spAcer tahu, perbedaan antara mouse gaming dan mouse reguler hanya terletak pada harganya. Kenyataannya lebih dari itu. Setiap detail dan kemampuan dari mouse gaming dan reguler ini sangat berbeda.

Dots Per Inch (DPI)

Perbedaan utama dari mouse gaming dan mouse reguler terletak pada Dots Per Inch (DPI). DPI adalah ukuran yang dimiliki mouse dalam melakukan pergerakan ke berbagai sudut layar. Semakin tinggi DPI yang dimiliki sebuah mouse, maka keakuratan, kecepatan, dan pergerakan pointer akan semakin bagus. Misalnya, jika spAcer bermain Point Blank atau Call of Duty, akurasi menembak musuh dari jarak yang sangat jauh akan semakin akurat jika memiliki mouse dengan DPI tinggi.

Pada mouse reguler standar, biasanya memiliki DPI sekitar 500-800. Sedangkan untuk mouse gaming, biasanya memiliki DPI mencapai 2000 lebih. Jadi, jika kamu ingin membeli mouse gaming, DPI adalah hal pertama yang harus kamu lihat.

Macro Keys

Macro keys adalah tombol tambahan yang ada pada mouse gaming. Misalnya adalah tombol double/triple click, high DPI, tombol back/return, dan tombol tambahan lainnya. Guna dari macro keys adalah jika kamu bermain game, setiap tombol macro keys bisa kamu setting sesuai kehendak. Misalnya, tombol di bagian samping untuk reload peluru, melempar bom, atau menghindar. Jadi, kamu tidak perlu ribet untuk menekan di layar game.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Laptop Acer Sesuai Karakter kamu!

Desain Sangat Nyaman dan Tampilan Keren

Jika mouse reguler biasanya mempunyai desain yang itu-itu saja, maka berbeda dengan mouse gaming. Setidaknya kamu akan melihat beberapa desain yang unik, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Ini akan memungkinkan kamu terus merasa nyaman ketika bermain game. Bahkan beberapa mouse gaming ini sudah dilengkapi sistem penambahan berat jika dirasa mouse terlalu ringan. di segi penampilan, Mouse gaming memiliki bentuk yang terbilang lebih keren daripada bentuk mouse reguler yang biasa-biasa saja.  Mulai dari bisa menyala, Tombol yang lebih banyak, beragam, bentuk yang abstrak, dan lain-lain.

Ketahanan Kualitas Mouse

Perbedaan terakhir adalah soal ketahanan mouse atau durability. Mouse gaming memang dibuat lebih kuat daripada mouse biasa. Mulai dari ketahanan jumlah klik, scroll, sampai bodi yang tahan banting. Mouse gaming memang dibuat untuk tahan banting ketika gamers ini stres dan berusaha untuk membanting mouse. Dengan begitu, mouse gaming ini cukup tahan lama dibandingkan mouse reguler.

Bagi kamu seorang gamers dan belum pernah mencoba mouse gaming, kamu akan merasakan perbedaan yang sangat besar. Harga dari mouse gaming ini lebih mahal daripada mouse reguler, tapi pengalaman yang diberikan selama bermain sudah pasti lebih puas dan asyik. Selamat mencoba!

Baca juga: Aspire GX 281: Desktop Gaming dengan Prosesor AMD

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved