Kamu Wajib Tahu Kehebatan Tobii Eye Tracking!

Teknologi Eye Tracking sebenarnya bukan sebuah inovasi baru. Beberapa tahun lalu, teknologi ini sudah pernah diimplementasikan, tetapi tidak mendapatkan sambutan yang terlalu bagus di masyarakat. Namun, sejak tahun 2016 lalu, teknologi Eye Tracking ini seakan mendapatkan tempat baru di hati masyarakat, khususnya pecinta teknologi dan gaming.

Beberapa perusahaan besar seperti Google dan Oculus ramai-ramai mengakuisisi startup yang bergerak di bidang eye tracking. Nah, salah satu perusahaan perusahaan yang fokus mengembangkan teknologi Eye Tracking paling berkembang adalah Tobii Tech. Perusahaan teknologi ini sudah mengembangkan eye tracking untuk komputer dan laptop gaming.

Eye Tracking merupakan suatu teknologi sensor yang dapat mengetahui di mana fokus matamu. teknologi ini juga dapat digunakan sebagai untuk mengetahui keadaan kamu lho, spAcer, karena eye tracking dapat mengetahui di mana fokus dari mata kamu.

Bagi beberapa orang yang tidak mengerti tentang teknologi Eye Tracking, pasti mengatakan teknologi ini useless atau tidak berdampak apa-apa saat bermain game. Padahal, Eye Tracking sekarang menjadi salah satu keunggulan ketika bermain game tertentu. Tobii Tech sendiri sudah bekerja sama dengan setidaknya ratusan game besar, mulai dari Assassin’s Creed Origins, Watch Dogs 2, sampai Rise of the Tomb Raider.

Sekarang spAcer akan kita ajak lebih jauh untuk mengetahui manfaat dari teknologi yang ada pada laptop dan komputer ini!

Baca juga: Serunya Bikin Video VR dengan VR 180!

Akses Komputer Lebih Mudah dan Cepat

Teknologi Tobii Eye Tracking ini bukan dibuat 1-2 tahun lho, spAcer. Tobii Tech sendiri berdiri pada tahun 2002, itu berarti mereka sudah mengembangkan teknologi ini selama kurang lebih 15 tahun. Teknologi Tobii Eye Tracking sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 2016 setelah beberapa kali mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang paling keren adalah Tobii Eye Tracking ini bisa membuat pengguna mengakses komputer secara lebih mudah dan cepat.

Kamu tidak lagi membutuhkan mouse untuk membuka folder atau surfing di internet. Tobii Eye Tracking ini akan membantu kamu “menggerakkan” touchpad, sehingga kamu hanya tinggal klik menggunakan touchpad. Untuk kamu yang hobi editing, surfing, ataupun gaming, fitur ini akan sangat membantu spAcer.

Virtual Reality

Virtual Reality (VR) adalah salah satu teknologi yang diprediksi akan sangat jauh berkembang beberapa tahun mendatang. Beberapa perusahaan besar seperti Facebook, Google, dan Oculus sudah menghabiskan jutaan dolar untuk berinvestasi di VR dan Eye Tracking. Nantinya, teknologi ini akan menjadi fungsi utama dalam VR. Hanya dalam gerakan mata saja, pengguna bisa tinggal klik tanpa harus mengarahkan joystick atau pointer.

Baca juga: WebVR, Membawa Dunia Virtual Reality Melalui Web

Optimal untuk Gaming

Nah, sekarang salah satu keunggulan utama dari eye tracking adalah gaming. Tobii Eye Tracking sendiri sudah bekerja sama dengan ratusan game yang bisa kamu mainkan. Misalnya, kita ambil contoh game Assassin’s Creed Originis. Ketika kamu ingin melompat antar gedung, dengan menggunakan Tobii Eye Tracking ini kamu tidak perlu mengarahkan joystick atau pointer ke arah gedung. Kamu cukup mengarahkan mata kamu ke arah gedung yang ingin kamu tuju, nantinya akan ada pointer yang keluar dan kamu tinggal klik.

Tidak hanya itu, ketika bermain Watch Dog 2, kamu pun tidak perlu susah-susah untuk mencari barang atau target yang ingin kamu tuju. Karena hanya dengan menggerakkan mata, kamu bisa langsung mencari barang yang bisa di-hack. Sedangkan, di Grand Theft Auto 5, kamu bisa menembak suatu target hanya dengan menggerakkan mata.

Tobii Eye Tracking sendiri sudah ada pada laptop Predator 21 X dan monitor Predator Z271T. Untuk spAcer penggila gaming yang sebelumnya sudah punya komputer dan ingin merasakan kecanggihan Tobii Eye Tracking, kamu bisa menggunakan monitor Predator 21 X atau Predator Z271T yang merupakan monitor pertama di dunia dengan Eye Tracking.

Baca juga: Predator Helios 300, Laptop Gaming yang Ramah di Kantong

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved