Ingin Sukses Berbisnis di Era Digital? Simak Tips Ini

Dalam menjalankan bisnis, pemasaran adalah salah satu langkah penting yang bisa memengaruhi perkembangan bisnis. Pemasaran diperlukan untuk memperkenalkan produk dan jasa yang kamu tawarkan kepada masyarakat luas. berbeda dengan dulu, di era digital ini semuanya juga harus dilakukan secara digital lho, tak terkecuali proses pemasaran ini.

Nah, karena hampir semua orang Indonesia sudah “melek” internet, maka kamu juga harus mempertimbangkan untuk memaksimalkan guna keperluan bisnis. Ini dia strategi bisnis di era digital yang harus kamu lakukan.

Meningkatkan Customer Engagement dengan Mengoptimalkan Teknologi

Teknologi semakin berkembang untuk memberikan pemenuhan kebutuhan manusia secara praktis. Kamu bisa memasang aplikasi chat, seperti chatbot pada situs e-commerce kamu sehingga memudahkan konsumen dalam menjangkau customer service lebih cepat. Hal ini bisa meningkatkan engagement dengan calon pembeli. Pelanggan yang merasa puas akan kembali lagi ke situs kamu ketika mereka merasa butuh.

Memahami Perilaku Konsumen Lewat Forum Situs atau Media Sosial

Melalui teknologi digital, kamu juga bisa melihat perilaku konsumen. Melalu forum atau media sosial, perhatikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen, bagaimana kecenderungan belanja mereka, barang apa yang sedang populer dan lain sebagainya. Pengetahuan akan perilaku konsumen ini sangat penting sebagai landasan untuk mengembangkan bisnis, terutama ketika kamu ingin melakukan berbagai inovasi.

Mematangkan Strategi Digital Itu Sendiri

Punya rencana digital saja tidak cukup, lho. Kamu juga harus mempertimbangkannya secara matang dan memastikan bahwa strategi itu bisa membuatmu unggul dari para pesaing lainnya. strategi digital yang kamu rancang harus mampu mentransformasikan bisnismu secara menyeluruh, tidak hanya terfokus pada strategi secara individual.

Membekali SDM dengan Pengetahuan Digital

Kalau kamu saja yang “melek” digital tapi karyawan masih gaptek, tentu hal ini akan menghambat proses eksekusi lainnya. Pastikan kamu merekrut generasi yang melek teknologi sehingga ia bisa melakukan semuanya secara digital dengan lancar. Jika karyawan kamu belum matang secara teknologi, kamu bisa melakukan sosialisasi untuk membekali mereka dengan keterampilan digital yang memadai.

Tidak Takut Mengambil Risiko

Selalu ingatlah pepatah yang mengatakan “no pain no gain”. Konsep ini juga berlaku untuk ketika kamu menerapkan konsep digital dalam bisnis. Digitalisasi ini penting untuk membangun bisnis agar kamu tidak ketinggalan dengan para pesaingmu dan kamu jadi kamu harus siap dengan segala risikonya. Selalu ingat bahwa kegagalan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dalam pembangunan bisnis.

Marketing Melalui Media Sosial

Jumlah pengguna media sosial yang tidak sedikit tentu akan mendukung proses marketing yang kamu lakukan lewat internet. Tak hanya media sosial, tapi kamu juga harus mengoptimalkan konten yang ada di situs. Jika kamu bisa mengeksekusi strategi di atas dengan maksimal, maka proses marketing yang kamu lakukan pun akan sukses. Ingat, semua harus serba digital ya!

Tidak ingin disebut ketinggalan jaman? Maka saatnya melakukan pengembangan bisnis secara digital. Strategi bisnis harus dibuat secara matang agar hasil yang kamu capai bisa maksimal. Keep on learning!

Baca juga: 7 Tips Mendapatkan Dana Awal Ketika Memulai Bisnis

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved