Siapa Sosok Berjasa dalam Dunia Game?

Bagi anak 90-an, game adalah teman setia di saat liburan. SpAcer mungkin bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game dan rela meninggalkan waktu tidur siang hanya untuk main game. Di balik itu, tahu tidak kalau revolusi game itu sangat cepat lho, spAcer. Kamu pasti ingat bagaimana masuknya PlayStation di tahun 1995 yang bisa dibilang “membunuh” game Nintendo yang dirasa kurang real. Sekarang, Nintendo harus bekerja keras untuk bersaing dengan dua raksasa console, yaitu PlayStation dan Xbox. Bahkan console generasi terbaru dari PlayStation maupun Xbox bisa memainkan game Virtual Reality.  

Jika ditarik sangat jauh, game pertama kali dibuat pada tahun 1947 ketika Perang Dunia 2 selesai. Seluruh negara ramai-ramai melakukan inovasi dalam sektor teknologi, beberapa di antaranya Inggris, Amerika Serikat, dan Jepang. Ketiga negara tersebut sangat berjasa dalam mengembangkan game untuk pertama kalinya. Di dalam artikel kali ini, kita akan membahas siapa sebenarnya sosok berjasa dalam dunia game. Mereka merupakan orang-orang penting di balik sejarah perkembangan game.

Tic Tac Toe

Sandy Douglas ketika itu sedang menyelesaikan studi PhD di Universitas Cambridge, Inggris. Salah satu tema tesis yang diambil adalah Human-computer Interactions. Douglas kemudian mengembangkan permainan yang dapat dimainkan oleh manusia dengan menggunakan komputer dan telepon. Ya, stick game ketika itu menggunakan rotary telepon, spAcer.

Walaupun tidak dipublikasikan secara umum, game yang dibuat oleh Sandy Douglas ini kemudian dikembangkan oleh penemu lain. Pada tahun 1951, hasil tesis dari Sandy Douglas ini di-upgrade oleh Martin Campbell-Kelly yang kemudian dinamakan OXO atau dikenal dengan game Tic Tac Toe di dunia nyata.

Baca juga: Acer Predator Z850: Proyektor Full HD untuk Pengalaman Gaming Lebih Nyata

Game Biliar Tercanggih

Pada tahun 1954, kelompok mahasiswa dari Universitas Michigan Amerika Serikat, MIDSAC, membuat sebuah game yang bisa dikatakan paling canggih, yaitu game biliar. Tidak seperti game yang dibuat oleh Sandy Douglas, kali ini MIDSAC membuat game yang bisa update secara real time. Ketika bola biliar ini masuk ke salah satu sudut, maka bola akan menghilang. Game dari MIDSAC ini merupakan game biliar tercanggih yang pernah ada.

Spacewar!

Jika OXO merupakan game yang pertama kali dibuat, kemudian ada game biliar paling tercanggih, nah ada juga Spacewar! Game ini dibuat pada tahun 1961 oleh Martin Graetz dan kawan-kawannya yang merupakan lulusan MIT dan Harvard. Game yang kemudian dinamakan Spacewar! Ini merupakan game yang pertama kali bisa dimainkan oleh dua orang. Menariknya lagi, game Spacewar! juga digunakan tentara Amerika Serikat untuk berlatih menggunakan tank di Perang Teluk 1.

Ketiga game di atas menjadi pijakan pertama dari munculnya ratusan atau bahkan ribuan pengembang game di seluruh dunia. Sekarang spAcer bisa menikmati grafis game yang hampir mirip aslinya. Apalagi jika ditunjang dengan Predator terbaik dari Acer nih, kamu pasti akan mendapatkan pengalaman bermain game terbaik.

Baca juga: Predator Helios 300, Laptop Gaming yang Ramah di Kantong

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved