Panduan Memilih Laptop Bisnis Seperti Acer TravelMate

Selalu ada laptop tertentu untuk segala jenis kebutuhan. Bagi para gamers, Acer Predator dapat memberi kepuasan maksimal yang dibutuhkan saat bermain game. Namun, beda lagi dari para pebisnis yang aktivitasnya mengharuskan ia untuk mobile. Karenanya, laptop seperti  Acer Travelmate menjadi perangkat tepat bagi para pebisnis.

Sebelum menjatuhkan pilihan kepada laptop yang hendak dibeli untuk keperluan bisnis, penting juga bagi kamu untuk mencari tahu beberapa tips dasar berikut ini. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan laptop bisnis yang benar-benar sesuai dengan aktivitas, kebutuhan, dan tentunya budget kamu.

Baca juga: Memahami Tren Laptop Tipis di Industri Gadget

Perhatikan Prosesor sebagai Tenaga Utama

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli laptop bisnis adalah memerhatikan spesifikasi dasarnya, yaitu prosesor, RAM, dan hard disk. Kebanyakan laptop bisnis menggunakan chip Intel Core berukuran i3, i5, atau i7. Laptop bisnis yang bersifat “entry level” biasanya menggunakan prosesor Intel Core i3. Prosesor ukuran ini sudah cukup bagus untuk menjalankan email, internet, dan berbagai aplikasi kerja seperti Microsoft Word.

Apabila kamu termasuk orang yang suka menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan, maka laptop bisnis dengan prosesor Intel Core i5 merupakan pilihan yang lebih tepat. Contohnya adalah Acer TravelMate P645 yang telah menggunakan Intel Core i5-4200U 1,6 GHz Dual Core. Prosesor tersebut merupakan jenis prosesor Ultra Low Voltage (ULV) yang hemat daya listrik.

Namun, jika pekerjaan mengharuskan kamu untuk banyak melakukan aktivitas yang berhubungan dengan multimedia, software CAD/CAM, konten HD, dan panggilan video, sebaiknya kamu mengumpulkan budget untuk membeli laptop bisnis yang telah dibekali dengan prosesor Intel Core i7.

Kapasitas Memori dan Penyimpanan

Selain prosesor, faktor lain yang juga tidak boleh kamu abaikan saat membeli laptop bsinis adalah memori (RAM) dan kapasitas penyimpanan (hard disk drive – HDD). Beberapa produsen menambahkan solid-state drive (SSD) pada produk laptop bisnis mereka, tetapi ada juga yang hanya menggunakan SSD tanpa HDD. Namun, jika dibandingkan, SSD memang cenderung lebih baru dari HDD. Namun, popularitas SSD mulai menanjak karena performanya yang lebih kencang dari HDD. Dengan kata lain, SSD bisa membuat laptop bisnis kamu bekerja secara lebih cepat juga.

Begini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah laptop bisnis pilihanmu memiliki kapasitas memori dan penyimpanan yang cukup:

  • RAM – Hindari laptop bisnis yang hanya memiliki RAM 2GB. Sebaiknya langsung pilih laptop bisnis yang telah dipasangai minimal RAM 4GB, seperti yang bisa kamu temukan pada laptop seri Acer TravelMate. Bahkan ada pula beberapa laptop bisnis yang sudah memiliki RAM 16GB, tetapi sepertinya spesifikasi tersebut belum terlalu dibutuhkan oleh kebanyakan pebisnis.
  • HDD & SDD – Kapasitas HDD atau SDD sebesar 256GB sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu sebagai pebisnis, kecuali jika kamu banyak mengerjakan editing video yang mungkin membutuhkan kapasitas lebih besar karena laptop akan mengerahkan performa yang lebih berat.

Daya Tahan Baterai yang Besar

Idealnya, seorang pebisnis akan sering berpindah tempat. Hari ini, kamu mungkin akan seharian berada di kantor. Namun, esok hari kamu bisa saja berpindah dari satu kafe ke kafe lain untuk bertemu dengan banyak orang. Kamu tentu membutuhkan laptop bisnis yang memiliki daya tahan baterai besar agar tak perlu bingung mencari colokan untuk charging setiap kali harus berpindah tempat.

Usahakan untuk membeli laptop bisnis yang memiliki daya tahan baterai setidaknya delapan jam setelah charging penuh. Tak hanya mampu mengoptimalkan produktivitas, laptop bisnis dengan daya tahan baterai yang besar juga dapat berfungsi sebagai power bank untuk gadget kamu yang lain.

Baca juga: Jajaran Smart Products/BYOC Acer di IFA Berlin 2017

Kemampuan Networking

Apalah artinya punya laptop dengan spesifikasi super canggih jika kamu tidak bisa terhubung dengan koneksi internet secara cepat?

Mengingat bahwa konektivitas merupakan kunci utama dari mobilitas, pebisnis seperti kamu perlu memastikan bahwa laptop bisnis yang digunakan mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Setidaknya, pilihlah laptop bisnis yang telah dibekali oleh 802.11g Wi-fi card. Jika kamu menggunakan headset Bluetooth atau perangkat lain yang mengharuskanmu untuk terhubung pada suatu sistem, pastikan kamu juga telah melakukan install Bluetooth pada laptop.

Apabila dibutuhkan, kamu juga bisa memilih laptop bisnis yang telah memiliki mobile broadband card secara built-in atau menambahkan sendiri fitur tersebut untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih menjanjikan.

Pertimbangkan Pula Kualitas Monitor

Dibandingkan prosesor, memori, dan penyimpanan, fitur monitor pada laptop bisnis kerap disepelekan oleh para calon pembeli. Padahal monitor juga bisa berpengaruh pada produktivitas kerja kamu lho, spAcer.

Teknologi monitor pada perangkat laptop atau desktop diprediksi akan didominasi oleh tampilan 4K, begitu juga dengan laptop bisnis. Maka dari itu, pastikan kamu memilih laptop bisnis yang telah dilengkapi monitor beresolusi 4K. Namun, jika mungkin saat ini kamu memang belum memerlukannya, belum tentu ke depannya juga akan begitu, kan? Meski mungkin laptop bisnis kamu tidak memiliki monitor 4K, masih ada kesempatan bagi kamu untuk menggunakan monitor eksternal. Artinya, kamu dianjurkan untuk memilih laptop bisnis yang memiliki sambungan HDMI 2.0 atau konektor DisplayPort.

Laptop bisnis dengan monitor 4K mampu mampu memberikan empat kali resolusi yang lebih jernih dari Full HD. Bisa kamu bayangkan betapa tajamnya tampilan yang akan kamu dapatkan? Hal ini tentu cocok bagi kamu yang sering dituntut untuk melakukan multi-tasking terhadap beberapa dokumen sekaligus.

Memilih Desain Laptop Bisnis yang Tepat

Kunci untuk memilih laptop bisnis dengan desain yang tepat adalah dengan mempertimbangkan bagaimana cara kerja kamu sehar-hari. Coba ajukan beberapa pertanyaan ini pada diri kamu sendiri, spAcer:

  • Apakah saya akan traveling dengan membawa laptop atau hanya bekerja di satu tempat?

Jika kamu sering traveling atau berpindah tempat, usahakan untuk memilih laptop bisnis dengan ukuran yang compact dan berbobot ringan. Laptop Acer TravelMate P645, misalnya, hanya memiliki tebal 2,4 cm dengan bobot 1,6 kg.

  • Apakah keyboard yang nyaman merupakan prioritas utama?

Ingatlah bahwa semakin kecil ukuran laptop, semakin kecil pula ukuran keyboard. Jika pekerjaan menuntut kamu untuk banyak mengetik, menggunakan keyboard kecil bisa membuatmu lelah. Jika memungkinkan, selalu coba gunakan keyboard pada pilihan laptop bisnis yang hendak kamu beli.

  • Apakah saya butuh fitur touch screen?

Touch screen merupakan fitur yang bagus apabila kamu memang membutuhkannya untuk pekerjaan. Selain relatif lebih mahal, laptop dengan fitur touch screen biasanya juga menghabiskan lebih banyak daya tahan baterai dibandingkan laptop biasa. Jadi, sebaiknya jangan buru-buru membeli laptop bisnis ber-touch screen apabila kamu memang belum membutuhkannya.

Sudah tahu laptop seperti apa yang harus kamu beli untuk memenuhi kebutuhan bisnis? Laptop  Acer TravelMate Series memiliki sederet produk laptop yang bisa kamu jadikan pilihan, spAcer. Masing-masing laptop telah dibekali dengan spesifikasi dan fitur untuk kebutuhan berbeda. Jadi, kamu pun bisa benar-benar menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu.

Baca juga: Aplikasi yang Memudahkan Upload Video dari PC ke Instagram

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved