Cara Download Driver Acer untuk Laptop Kesayanganmu

Ada kalanya saat memasangkan perangkat keras tertentu pada komputer misalnya printer atau scanner atau modem pada USB, setelah ditancapkan tiba-tiba muncul jendela yang berisi tulisan “Welcome to the found new hardware wizard”. Bila bingung, bisa jadi spAcer langsung menekan tombol cancel dan alhasil pada pojok kanan bawah akan muncul pemberitahuan “a problem occurred during hardware installation. Your new hardware might not work properly”.

Apa itu driver dan apa fungsinya?

Device driver berfungsi untuk mentranslasikan fungsi-fungsi sistem operasi ke dalam perintah yang dimiliki oleh perangkat yang akan digunakan dengan komputer, misalnya scanner atau printer. Driver yang baru ini akan menjamin bahwa perangkat yang bersangkutan dapat beroperasi normal.

Setiap pembelian perangkat komputer Acer tentu akan disertai CD Software Driver. Untuk kali pertama spAcer mungkin masih dapat menyimpannya dengan baik. Namun beberapa tahun kemudian saat spAcer membutuhkan driver komputer ternyata CD driver komputer sudah hilang. Perangkat komputer tidak bisa menunggu untuk dapat memaksimalkan kinerja device yang ada di dalam komputer. Komputer membutuhkan CD software driver komputernya segera.

Apabila tidak terpenuhi maka seperti misalnya suara (device soundcard) yang harusnya dapat berjalan normal bisa jadi tidak berfungsi akan. Lalu bagaimanakah menyikapi hal ini? Tenang, spAcer bisa download driver Acer untuk komputer kesayanganmu melalui internet. Acer menyediakan area download driver laptop Acer secara gratis di website resmi di http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers 

Cara untuk download driver Acer Indonesia:

  • Masuk ke www.acer.co.id dan klik menu support

Acer Indonesia

Pilih Menu 'Support'

 

  • Setelah masuk halaman support, klik tab ‘Drivers and Manuals’

driver laptop

Pilih Tab 'Drivers and Manuals'

  • Untuk memilih driver yang sesuai, kamu bisa melakukan satu dari tiga cara berikut: memasukkan Serial Number atau SNID produk Acer-mu, mencari lewat nama produk Acer-mu atau memilih dari list produk yang telah disediakan.

acer-download driver-langkah 3

Masukkan tipe produk atau Serial Number untuk menemukan driver

  • Setelah hasil pencarian driver untuk produk Acer-mu muncul, pilih driver yang ingin kamu download dan klik tombol download.

acer-download driver-langkah 4

Klik download pada driver yang kamu butuhkan

Mudah ‘kan, cara download driver laptop Acer? Selamat mencoba, spAcer!

Related Article

765 Responses to Cara Download Driver Acer untuk Laptop Kesayanganmu

 

  1. Iguh Pambudi says:

    Dear Acer
    Saya melakukan instalasi ulang laptop saya Aspire 4741G dari awalnya windows 7 64bit menjadi windows 8.1 64bit. Namun saya kesulitan untuk mencari drivernya karena di situs resmi acer tidak tersedia pilihan untuk windows 8.1 64bit. Mohon solusi untuk driver yang tidak tersedia di situs resmi acer tersebut.
    Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Iguh, Acer tidak menyediakan dukungan driver untuk Aspire 4741G Windows 8.1 sehingga kamu perlu mencari driver secara manual ke website resmi vendor driver yang terpasang pada unit. Untuk mengetahui vendor apa saja yang terpasang pada unit bisa dengan menggunakan aplikasi yang tersedia pada tautan https://global-download.acer.com/SupportFiles/Files/HWID/APP/HWVendorDetection.exe.

  2. Erlangga Kuncoro Aji says:

    Dear Acer,
    Saya sudah mendownload semua driver yang ada di atas untuk AO756. Kebetulan habis saya install ulang terus download driver disini. Nah, setelah saya coba, saya kebingungan ketika ingin menginstall drivernya. Soalnya data nya banyak sekali. Gimana ya kak ? Saya ngecheck di Device Manager tinggal Ethernet Controller, Network Controller, PCI Simple Communications Controller, serta SM Bus Controller. Gimana ya caranya ? Terima Kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Erlangga, pastikan setiap driver yang didownload diekstrak dengan nama folder sesuai nama driver saat download sehingga datanya tidak tercampur dengan data driver lain. Selanjutnya klik kanan pada tiap komponen yang belum terinstall di Device Manager dan diarahkan pada folder sesuai driver.

  3. Auliyatil Hunsya says:

    Dear Acer.
    Saya punya acer aspire v5 dengan win 7 32 bit, driver wireless nya tiba-tiba hilang di device manager, saya cari drivernya di situs acer tidak ada untuk yang win 7 32 bit, yang ada hanya untuk win 8, 8.1, dan 10.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Auliyatil, untuk V5 series silakan pilih kategori Ultra-Thin terlebih dahulu kemudian cari sesuai tipe yang benar (tersedia untuk OS Windows 7 32-bit).

  4. Galih Henriansyah says:

    Dear Dr. Acer, laptop saya Acer Aspire E5-475G, yg saya ingin tanyakan yaitu bagaimana urutan penginstallan driver yg benar? Apakah Chipset > VGA Intel > VGA Nvidia > Audio > setelah itu bebas atau bagaimana? Terima kasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Galih, kamu bisa mengikuti skema instalasi yang kamu informasikan tersebut.

  5. Dianita Utami says:

    hai, saya udah download launch manager untuk acer Aspire E3-111-C9LG, tapi ko icon capslock blom muncul di layar ya ? gimana lagi dong caranya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dianita, bisa diinfokan OS yang digunakan?

  6. Arief says:

    Saya ingin upgrade driver VGA notebook acer aspire e11 es1-111-cu5a, tapi ketika saya cari ternyata ada nya aspire es1 111 M, dan aspire es1 111, tidak ada CU5A nya.. apakah itu tidak masalah?

    kemudian jika saya instal driver VGA saja apakah ada pengaruhnya ke audio atau perangkat lain? hanya karena saya hanya upgrade driver VGA saja, tidak updgrade driver audio atau yang lain nya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arief, kamu bisa gunakan driver tipe Aspire ES1-111 varian apa saja, sama. Jika driver lain sudah terupdate maka tidak masalah hanya upgrade driver VGA.

  7. ebit says:

    untuk laptop acer e1-421 chipset amd saya bingung pilih driver touchpadnya. tepatnya ada 3 pilihan driver, yang ingin saya tnyakn yang mna driver touchpadnya yang cocok dgn type acer diatas

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ebit, kamu bisa menggunakan software https://global-download.acer.com/SupportFiles/Files/HWID/APP/HWVendorDetection.exe untuk informasi vendor hardware termasuk vendor touchpad.

  8. ivan nabil says:

    untuk driver usb 3.0 acer e5-475g dimana ya min? soalnya mau pakai hd external tidak bisa konek ke usb 3.0 cuma bisa di usb 2.0

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ivan, sebelumnya bisa diinformasikan untuk OS Windows yang saat ini kamu gunakan?

  9. aditya says:

    Bagai mana ya cara ganti vga acer aspire intel hd ke gt force

    1. Dr. Acer says:

      Dear Aditya, bisa diinformasikan tipenya? Jika unit laptopmu tidak dilengkapi denganVGA Nvidia maka tidak bisa diganti atau upgrade.

  10. hartono budi says:

    Selamat Siang
    laptop saya dulu di instal windows 7, setelah saya ingin instal windows 8 ternyata sudah nggak bisa. padahal windows aslinya windows 8. tolong pendapatnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hartono, sebelumnya bisa diinformasikan untuk SN yang ada di bawah notebook Acer kamu?

  11. Selamat siang
    Saya kemaren mendapati laptop saya terkena virus BIOS , layar nya biru , lalu ngeblank . kalu kayak seperti itu bagaimana yaa . tolong iya pendapatnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Satria, kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center agar mendapat pemeriksaan secara langsung dan menyeluruh dan mendapatkan solusi yang paling tepat.

  12. Ms.Sushy says:

    selamat siang admin..
    saya punya masalah dengan laptop aspire 4520, waktu itu laptop saya instal ulang win7 32bit tp setelah selesai kenapa dvd-room nya jadi hilang, di device manager pun tidak ada.. ini kenpa yyaa??

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sushy, kamu bisa cek juga pada BIOS apakah juga tidak terdeteksi?

  13. alexsander says:

    Selamat malam Acee
    Bagaimana sih mengaktikan semua sistem di Acer 4736..?
    Terimakasih…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Alexsander, sistem apa yang kamu maksud?

  14. saya punya acer aspire 3726, masih pake win xp, saya mau install ke win 7 tapi local disk C nya itu kecil jadi ga bisa buat install win 7, terus kata temen saya harus di partisi ulang, sedangkan saya gapunya CD Driver laptop ini, solusinya gimana ya? mohon bantuannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Iqbal, untuk install ulang bisa dengan mempartisi ulang disesuaikan dengan kebutuhan system. Kamu bisa cek dahulu ketersediaan driver untuk tipe tersebut di tautan berikut ini https://www.acer.com/ac/en/ID/content/drivers

  15. Gunawan saptura says:

    Dr acer
    saya punya acer one 14 z1401, setelah di instal ulang,ko di CD acer gak drivernya (kosong) trus saya cari di situ acer malah gak ada untuk win 7 32 bit, ada nya cuma win 10

    1. Dr. Acer says:

      Dear Gunawan, Acer tidak menyediakan dukungan driver Acer One Z1401 WIndows 7 kamu bisa mengunjungi website resmi Vendor dari masing-masing driver dan pastikan memilih driver sesuai dengan Windows 7.

  16. Awal Supriydi says:

    Laptop saya aspire ES1-420-518B, wifi, bluetooth, dan usb yang satu tidak bekerja, bagaimana cara mengatasinya ya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Awal, sebelumnya bisa diinformasikan untuk OS Windows yang digunakan ?

  17. Diasetiadi says:

    Driver keyboard untuk acer aspire E1 471G windows 8 64bit,ada tidak?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Diasetiadi, untuk keyboard sudah otomatis dari driver system terdeteksi.

      1. Diasetiadi says:

        Saya secara tidak sengaja mendeleted/uninstall driver keyboard,dan sekarang driver keyboard tidak terdeteksi di device manager(hilang),sehingga keyboard saya tidak berfungsi sama sekali,saya sudah restart tapi tetap hilang di device manager,apa ada cara mengembalikan driver keyboard di device manager?thanks

        1. Dr. Acer says:

          Dear Setiadi, seharusnya secara default sudah terinstall dari driver system, penanganan selanjutnya adalah dengan cara menginstall ulang OS.

  18. Fikri Prayogi Ardiansyah says:

    Saya cari driver sound untuk Acer one 10 S1001 kok gak ada ya ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fikri, Acer tidak menyediakan dukungan driver Acer One 10 di website Acer karena untuk proses reinstall driver bisa melalui program Acer Recovery Management.

  19. yazid bustomi says:

    laptop saya acer ES 14 ES1-420-302M
    saya cari driver untuk laptop saya gak nemu
    mohon pencerahannya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yazid, driver Aspire ES1-420 bisa kamu temkan di tautan https://www.acer.com/ac/en/ID/content/support-product/6030?b=1

  20. prio says:

    Pagi mas…
    laptop acer saya E5-411 baru di instal windows 10, tetapi touchpad nya jd gak bisa. harus pakai mouse. gimana solusi nya ya?
    mohon pencerahan nya..