Membangun Jaringan Bisnis dan Profesional Lewat Facebook

July 23, 2013

Acer Indonesia FB

Bukan hanya berfungsi sebagai media sosial, Facebook juga berguna untuk mengembangkan bisnis dan image professional. Bahkan saat ini sudah banyak orang yang bisnisnya semakin mapan setelah “dipopulerkan” di Facebook. Lihat saja bagaimana bisnis online saat ini begitu berkembang.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Aberdeen Group, perusahaan terkemua yang menggunakan situs jaringan sosial seperti Facebook akan mencapai peningkatan interaksi dengan pelanggan. Interaksi ini cukup penting, terutama untuk membangun kepercayaan bisnis dengan konsumen.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips atau rekomendasi untuk spAcer yang saat ini tengah mencoba mengembangkan bisnis atau professional image di Facebook :

  • Buat strategi

Salah satu alasan banyak orang yang gagal membangun bisnis di Facebook adalah tiadanya strategi yang diterapkan. Salah satu senjata ampuh untuk membangun bisnis di Facebook adalah “Facebook Newsfeed”. Menggunakan alat ini, spAcer bisa muncul di “feed of information” yang bisa mencapai teman-teman jaringan dengan memposting foto, video, komentar, dan yang paling penting adalah blog bisnis spAcer. Metode ini membuat sebuah jaringan “fast spreading viral” yang akan efektif membangun merek spAcer.

Selain itu, membeli ads/iklan di Facebbok jug adalah cara lain yang ampuh untuk menyebarkan bisnis spAcer. Biasanya Facebook Ads muncul di bagian kanan layar monitor spAcer dan bekerja seperti Google Adwords, serta pesan yang disampaikannya pun tepat sasaran.

  • Buatlah Fanpage

Ingin menjaga kontak pribadi dan bisnis SpAcer secara terpisah di Facebook? Salah satu caranya adalah dengan membuat “pages” di Facebook untuk bisnis SpAcer. Misalnya, Michael Stelzner menjaga kontak terbatasnya pada teman dekat dan membuat Fanpage yang diperuntukkan untuk umum. Acer pun hadir di Facebook melalui fan page Acer Indonesia.

Setelah membuat fan page, pastikan halaman bisnismu selalu terupdate dengan konten yang menarik, baik  mengenai bisnis spAcer maupun pengetahuan lain yang berkaitan dan berguna untuk pembaca. Selain itu, berikan respon yang cepat saat ada konsumen yang bertanya atau menyampaikan keluhan.

  • Jangan Sering Hard Sell

Sebelum SpAcer memoles penjualan SpAcer dan login ke Facebook, ingatlah pepatah berikut : “Ketika pemasar bergerak, para anggota akan pindah”. Rahasianya adalah untuk menjadi anggota, bukan pemasar. Misalnya, memasang terlalu banyak link perusahaan atau jualan spAcer di Facebook akan membuat orang malas. Apa yang seharusnya spAcer lakukan adalah hubungan pemasaran (relationship marketing). Bicarakan apa yang spAcer lakukan, tapi usahakan dengan cara yang sosial, ramah, dan tidak dalam bahasa yang terdengar seperti promosi penjualan.