Tips: Cara Membuat Watermark di Video YouTube

Fungsi watermark adalah memberi tanda pada file yang kita miliki sehingga orang lain tahu bahwa file tersebut adalah milik kita dan menghindari orang lain menggunakannya tanpa izin untuk kepentingan mereka, spAcer. Jika sebelumnya pernah dijelaskan tentang membuat watermark pada dokumen Word, kini akan dijelaskan cara membuat watermark di video YouTube.

Sebenarnya membuat watermark di video YouTube tidak sulit, karena YouTube sendiri menyediakan fitur untuk membuat watermark tersebut. Nama fitur-nya adalah InVideo Programming (Pemrograman dalam video). Fitur ini membuat spAcer yang memiliki akun YouTube dapat membuat watermark dan memasangnya ke semua video yang pernah kamu upload.

Untuk mengaktifkan fitur ini, spAcer bisa masuk ke akun YouTube milikmu dan pilih tab ‘Setting’ dan klik tab ‘InVideo Programming’ di bawah Channel Setting. Setelah itu klik tombol “Feature your channel”. Kamu akan dibawa masuk ke halaman setting. Nah, setelah sampai di halaman setting, spAcer tinggal memasukkan gambar yang ingin kamu jadikan watermark serta memilih posisi di mana watermark akan muncul.

invideo

spAcer juga bisa mengatur apakah watermark muncul sepanjang video, di akhir video atau di waktu tertentu saja lho! Menarik kan? Oh iya spAcer, lebih baik pilihlah gambar yang memiliki background transparan serta bentuknya kotak. Gambar yang background-nya tidak transparan akan menutupi video kamu, sementara jika bentuknya tidak kotak, maka YouTube akan memotong gambar secara otomatis menjadi kotak.

invideo2

Dengan fitur InVideo Programming, berarti kamu akan membuat watermark untuk semua video yang sudah pernah kamu upload. Jadi gak perlu lagi deh capek-capek upload ulang video kamu dan menyertakan watermark di dalamnya. Praktis kan, spAcer! Selamat mencoba ya.

 

 

 

Image source: support.google.com

 

Related Article

15 Responses to Tips: Cara Membuat Watermark di Video YouTube

 

  1. apakah ada ketentuan dalam pemasangan watermark?
    saya tidak bisa menyimpan watermark nya. mohon bantuannya, timakasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sparkol, tidak ada ketentuan khusus pada watermark kecuali beberapa hal yang sudah diinformasikan sebelumnya yaitu terkait warna background watermark dan bentuk watermark. Bisa diinformasikan penyimpanan apakah yang kamu maksudkan?

  2. Diajeng says:

    Ini sekali pasang apakah semua vidio yang sudah di upload dan yang akan bakal di upload akan ada watermarknya mas admin?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Diajeng, watermark akan terpasang ke semua video yang sudah kamu upload.

  3. Arif says:

    Apakah kalau video tersebut di download, terus watermarknya ikut juga?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Arif, watermark juga akan ada jika video didownload.

  4. beken.id says:

    ok siaap.. trims infonya gan, kapan2 ane terapin di video2 ane..

  5. dadi hidayat says:

    mantafff kang tutorialnya. semangat terus untuk berkarya dan berbagi pengetahuan juga pengalamannya kang.sangat bermanfaat banget bagi newbie sperti ane ini…
    blog ane kbnyakan ambil contoh dan lihat turorial dari sini dan walhasil kayak gini deh Blog ane berisikan kumpulan video drama tarling dan video game lostsaga indonesia juga lagu di wilayah ane ,jadi mantaf gini.. makasih skali lagi gan
    http://singdue.blogspot.com/

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dadi, terima kasih atas apresiasi yang kamu berikan kepada Acer 🙂

  6. ridhima says:

    Thanks for such information.Please keep on sharing useful information.

  7. Harga Laptop says:

    hadewww… ternyata sudah ada fiturnya too… oke makasih mas brow.. tiwas donload softwarenya… xiixixi

  8. Adiana Putra says:

    thx infonya klo gtu g usah download software lgi buat nmbah watermark 🙂

  9. kurniawan says:

    wah terima kasih infonya

  10. david says:

    min terima kasih infonya, bermanfaat banget buat gua yang suka upload video supaya ga dibajak sama orang lain

  11. Solusi Cinta says:

    Thank’s for the info 🙂

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved