Hal yang Harus Dilakukan ketika Notebook Terkena Air

spAcer pasti sadar dong kalau lingkungan tempat kita beraktivitas tidak sepenuhnya aman bagi notebook kesayangan? Terkadang demi kepentingan bisnis atau tugas kuliah, kamu terpaksa harus bekerja dengan notebook di tempat yang cukup ekstrim.

Hal yang paling lazim terjadi pada notebook adalah menumpahkan cairan ke atasnya sehingga menimbulkan kerusakan pada komponen tertentu. Percaya atau tidak, dikutip dari laman ehow.com beberapa waktu lalu, menurut studi yang dilakukan penyedia asuransi “Protecsure” di Amerika, ketumpahan cairan adalah salah satu dari empat faktor utama kerusakan notebook.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan jika notebook tidak sengaja ketumpahan cairan:

  • Pengeringan udara

Jika kamu hanya menumpahkan beberapa tetes air bersih pada notebook, metode yang paling sederhana adalah membiarkannya kering secara alami. Balikkan notebook, biarkan secara terbuka supaya udara dapat mengalir di sekitar keyboard. Jangan menggunakan udara yang panas seperti dari hair dryer karena udara panas bisa mencairkan komponen plastik yang ada di dalam mesin notebook.

  • Lepas baterai & jack power

Lepaskan baterai dan jack power jika notebook masih dalam keadaan hidup. Buka flip LCD sampai maksimal terbuka lalu posisikan notebook tertelungkup/terbalik. Biarkan beberapa jam atau lebih lama lebih baik sehingga cairan yang sudah terlanjur masuk mengalir keluar.

  • Lepas keyboard

Keyboard pada notebook adalah tempat yang paling rentan terkena tumpahan air. Mulailah dengan mengelap apapun yang tumpah di permukaan komputer. Lalu lepaskan bagian keyboard sesuai dengan petunjuk yang ditemukan di bagian support website manufaktur notebook yang bersangkutan. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa air dengan lap yang lembut. Kemudian jemurlah dengan cara terbalik selama beberapa jam dan tekanlah setiap tuts keyboard untuk menghindari adanya uap yang tertinggal sehingga menyebabkan lengket.

  • Bawa ke jaringan service terdekat

Jika kamu tidak yakin dengan kemampuan teknis kamu terhadap notebook, maka sebaiknya segera bawa notebook ke jaringan service terdekat.  Jangan ambil resiko dengan mencoba membongkar sendiri notebook jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang cukup soal itu.

Bila kamu adalah pengguna produk Acer, jangan khawatir, spAcer! Silakan berkunjung ke jaringan Acer Customer Service Center yang tersebar di 33 lokasi di Indonesia.

 

Related Article

One Response to Hal yang Harus Dilakukan ketika Notebook Terkena Air

 

  1. memasang plastik pelindung keyboard juga mengurangi resiko rusaknya notebook dari tumpahan air.

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved