Memanfaatkan LinkedIn untuk Mencari Kerja

July 16, 2012

Punya account di berbagai jejaring sosial, kalau tidak bisa memberi manfaat, untuk apa? Nah, tapi untuk jejaring sosial LinkedIn ini, kamu bisa manfaatkannya untuk masa depan kamu lho, spAcer. Betul. LinkedIn dapat dimanfaatkan untuk mencari kerja juga lho!

Cara menggunakan LinkedIn cukup mudah kok spAcer! Kamu tinggal membuat sebuah akun yang berisi profile dan pengalaman kerjamu selama ini. Di LinkedIn, halaman profil seseorang biasanya berisi pengalaman kerjamu, keahlianmu sampai rekomendasi orang-orang tentang kamu spAcer. Bisa dibilang, LinkedIn adalah CV kamu dalam bentuk online. Makanya gak heran kalau kini banyak head-hunter memanfaatkan LinkedIn untk mencari calon karyawan!

Kenapa punya akun LinkedIn bisa menguntungkan buatmu? Seperti yang dibilang tadi, Linkedin bisa dibilang CV online milikmu, di sana kamu bisa terhubung secara professional dengan rekan kerja atau berkenalan dengan orang-orang yang memiliki potensi untuk membantu kamu terkait masalah pekerjaan lho! Kamu bisa saja direkrut suatu perusahaan atau mendapat pekerjaan dari network yang kamu miliki di LinkedIn. Kamu juga bisa berkenalan dengan orang-orang baru dari bidang pekerjaan yang sama atau menemukan kesempatan bisnis.

Nah, jika kamu memutuskan untuk memiliki akun LinkedIn, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih spAcer, diantaranya:

  • Pastikan halaman LinkedIn mu selalu terupdate dan profil kamu lengkap. Head hunter kini banyak melihat calon karyawan dari akun LinkedIn mereka lho, jadi pastikan isi LinkedIn kamu tidak asal-asalan dan selalu terupdate ya.
  • Mintalah rekomendasi dari orang yang terpercaya. Rekomendasi dari orang terpercaya akan menjadi nilai tambah untukmu spAcer. Pastikan rekomendasi yang kamu dapat adalah rekomendasi baik ya.
  • Buatlah koneksi dengan orang-orang yang benar-benar kamu kenal. Tidak seperti di Facebook atau jejaring sosial lainnya, penting bagi kamu mengenal orang-orang yang ada di jaringan LinkedIn kamu spAcer, karena ‘mengundang’ orang-orang ini masuk ke jaringanmu adalah tanda bahwa kamu benar-benar mengenal mereka. Jangan hanya sekedar mengundang orang karena jaringan mereka besar padahal kamu tidak kenal mereka sama sekali.

Jadi, siapa saja spAcer yang sudah memiliki akun LinkedIn dan memanfaatkannya untuk memperluas networking atau mendapat pekerjaan? 🙂