Cloud Computing: Simpan Datamu di ‘Atas Awan’

July 12, 2012

Pernah terbayang gak spAcer, dimanapun kamu berada dan kapanpun, kamu bisa mengakses datamu dengan mudah? Enaknya lagi, kamu tidak harus bergantung pada laptopmu. Apapun mobile device yang kamu pakai, kamu tetap dapat mengakses data tersebut. Kamu juga bisa berbagi data yang kamu miliki dengan siapa saja tanpa repot. Nah, dengan adanya teknologi cloud computing atau dalam bahasa Indonesia disebut komputasi, hal tadi sangat mungkin dilakukan spAcer.

 

Jika kamu belum akrab dengan istilah komputasi awan, mungkin karena istilah ini belakangan baru marak diperbincangkan. Padahal kenyataannya, bisa jadi kamu sudah menggunakan teknologi ini. Contoh mudah teknologi komputasi awan adalah Google Docs.

Pada dasarnya teknologi komputasi awan memiliki kemampuan untuk meng-sinkronisasi data antar perangkat yang spAcer miliki, serta memberikan akses untuk berbagi data. Data ini nantinya dapat mobile, dapat ditransfer dan memiliki akses cepat. Semua ini merupakan kunci untuk mendapatkan data yang kamu miliki dan butuhkan siap digunakan dengan mudah. Darimanapun dan kapanpun. Untuk mengakses data ini, user membutuhkan internet dan tentu saja web browser atau aplikasi tertentu, tergantung dari penyedia jasa.

Daripada bingung, lebih baik lihat contohnya saja yuk spAcer. Contoh yang paling mudah dari penerapan komputasi awan misalnya Google Docs. Sebagian spAcer mungkin merupakan pengguna dan sudah tahu cara kerjanya. Dengan Google Docs, kamu tidak perlu menginstall ulang atau melakukan setting konfigurasi jika ingin membuka data pada perangkat yang berbeda. Tinggal masuk ke akun Google milikmu dari mana saja, laptop, PC, tablet atapun ponsel, dan kamu bisa mengakses semua data yang tersimpan di akun Google Docs milikmu. Selama kamu terhubung dengan internet, kamu bisa membuka dan mengedit data yang ada di Google Docs-mu kapanpun dan dimanapun.

Contohnya lain layanan Cloud Computing yang banyak dipakai orang adalah DropBox dan Evernote. Hampir sama dengan Google Docs, dengan memiliki akun Dropbox, spAcer dapat menyimpan file berupa foto, dokumen atau video. Semua file yang dimasukkan ke dalam Dropbox otomatis tersinkronisasi dengan gadget yang kamu miliki dan juga dengan situs Dropbox.  Sedangkan pada Evernote, selain menyediakan layanan cloud computing,  Evernote juga mengenali tulisan yang dibuat dengan stylus (bukan hasil ketikan). Evernote juga menyediakan fitur tag untuk mempermudah pencarian file.

Dengan semakin maraknya teknologi cloud computing ini, menyimpan dan berbagi data semakin mudah tanpa takut datamu hilang spAcer! Sudah siap beralih ke era penyimpanan data di atas ‘awan’? 🙂