Tips Merahasiakan Profile Pada Tampilan Facebook Baru

April 15, 2012

Kehadiran Facebook Timeline dengan layout barunya yang ditawarkan oleh Facebook mengundang pro dan kontra. Banyak orang menilai bahwa Facebook Timeline terlalu berat, rumit, dan bahkan sedikit mengesampingkan privasi penggunanya.

Di satu sisi memang tampilan baru dari Facebook ini memudahkan kita untuk menemukan peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau lewat postingan-postingan yang ada. spAcer cukup mencari momen-momen tersebut berdasarkan tanggal yang ada di Facebook Timeline untuk kemudian mengantarkan kita ke momen tersebut. Tapi di lain pihak, hal itu juga memudahkan orang lain, bahkan orang asing sekalipun, untuk melihat foto-foto pribadi atau momen-momen memalukan yang pernah dialami dan diposting ke dalam Facebook.

Nah, guna menghindari hal tersebut ada baiknya spAcer membuat privasi Facebook Timeline spAcer, caranya:

  1. Pertama-tama pergilah ke menu “Privacy Setting” untuk mengubah settingan “Who can post on your timeline” dan “Who can see posts by others on your timeline”. Ubahlah settingan tersebut dari “Public” ke settingan “Friends”. Jadi, hanya teman-teman spAcer saja yang bisa melihat profil Facebook spAcer.
  2. Di menu yang sama yakni “Privacy Setting” rubah juga settingan “Maximum Timeline Visibility” yang tadinya “Public” menjadi “Friends”. Lebih ekstrem lagi, bahkan spAcer bisa mengubah settingan tersebut dari “Custom” dan pilih mode “Only Me” sehingga hanya spAcer saja yang bisa melihat profil Facebook spAcer.
  3. Terakhir, batasi postingan spAcer di masa lalu (yang mungkin telah dibuat/disetting untuk bisa dilihat oleh publik pada waktu itu) menjadi hanya teman saja yang bisa melihatnya. Untuk melakukan itu, pergi ke menu “Limit the Audience for Past Posts” lalu klik “Manage past Post Visibility” dan kemudian aturlah menjadi “Limit Old Posts”. Hal ini akan mengubah semua postingan di masa lalu hanya bisa dilihat oleh teman-teman spAcer saja.

Berjejaring sosial lebih nyaman bila privacy tetap terjaga. Selamat mengeksplor Facebook baru, spAcer!