Acer Aspire S3-i7 :Ultrabook dengan Spesifikasi Atas

January 18, 2012

Ultrabook, sebuah genre baru yang tercipta ketika tuntutan pengguna notebook semakin kritis dan menginginkan sebuah perangkat notebook dengan bentuk yang lebih ringan, tipis, tetap bertenaga dan juga memiliki tampilan yang menawanRingan dan tipis, merupakan suatu hal yang tidak bisa di kompromikan bila Anda menginginkan notebook yang portable dan tidak membebani Anda karena beratnya. Bertenaga, relative karena penggunaan sebuah perangkat berbeda-beda. Menawan, pengguna menginginkan tampilan menarik karena tuntutan lifestyle.

Ketiga tuntutan tersebut, bisa Anda temukan pada Acer Aspire S3 yang menggunakan Cutting Edge Desain dengan ketebalan hanya 13mm yang bila Anda lihat dari samping akan terlihat tipis sekali. Kinerja yang ditawarkan oleh Acer Aspire S3 dipasok oleh prosesor Intel Ultra Low Voltage yang sudah terbukti mempunyai kinerja yang tinggi walaupun hanya mempunyai kecepatan di bawah prosesor Intel core I non ULV.

Casing dari Acer Aspire S3 juga di desain dengan sangat cantik sekali dengan bahan alumunium dengan finishing matte berwarna silver. Dengan ketiga keunggulan tersebut, Acer Aspire S3 berhasil meraih  Penghargaan Teknis dan Desain pada ajang Inovasi CES 2012 (Consumer Technology Tradeshow) yang berlangsung pada bulan January 2012.

Acer Aspire S3 menggunakan Magnesium-Aluminum alloy chasis Unibody, yang dimaksud disini adalah Baterai tidak dapat dilepas dan menyatu dengan casing. Tetapi Anda tidak perlu takut bila suatu saat mengalami kerusakan baterai, karena Acer mempunyai  39 lokasi service center, Anda hanya perlu datang dan meng-claim garansi atau mengganti baterai yang rusak dengan yang baru. Berbicara masalah garansi, Acer memberikan garansi 1 tahun untuk perangkatnya serta baterai, bila Anda merasa kurang puas dapat melakukan perpanjangan garansi dengan mengeluarkan dana sedikit.

 

SPESIFIKASI Ultrabook Acer Aspire S3:
Prosesor: Intel 2nd-generation Core i7 2637M ULV
Layar: 13.3-inch HD LED, 1366 x 768
Konektor: 2x USB 2.0, HDMI-out port
Storage: Hybrid 500GB HDD + 20 GB SSD (sebagai cache drive)
Card reader: mendukung SD Card danMultiMediaCards
Webcam: Integrated Acer Crystal Eye 1.3MP camera and microphone
Konektivitas: Acer InviLinkNplify 802.11 b/g/n Wi-Fi CERTIFIED, Bluetooth 4.0 + HSR
Audio: Dolby Home Theater v4, combo audio jack
OS: Windows 7 Home Premium 64Bit
Bodi: Magnesium-Aluminum alloy chassis
Keyboard: Full-size Acer FineTipchiclet keyboard

Ya, Ultrabook Aspire S3 yang kali ini kami sajikan kepada Anda adalah versi yang menggunakan prosesor Intel core i7 2637M yang mempunyai kecepatan 1.7GHz yang mempunyai Turbo Boost hingga mencapai kecepatan 2.8GHz bilamana diperlukan ketika menjalankan aplikasi yang memerlukan tenaga lebih. Selain itu, Aspire S3 menanamkan storage sebesar 500GB dan SSD sebesar 20GB sebagai cache drive, sehingga Aspire S3 dapatmenyala kembali dalam hitungan detik dari posisi  sleep.

Pengujian Kinerja

Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, kami menggunakan SYSmark 2007 sebagai acuan. Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe. Untuk pengujian ini, Ultrabook Aspire S3 yang digunakan adalah varian Core i7 dengan harddisk 540GB dan memory sebesar DDR3 4GB.

Skor yang didapat pada pengujian menggunakan SYSmark 2007 cukup tinggi ini membuat Aspire S3 seakan tidak menggunakan sebuah prosesor ULV. Performa Aspire S3 dengan Core i7 ULV generasi kedua ini benar-benar bisa diandalkan untuk pekerjaan berat sekalipun dan kinerjanya bisa disejajarkan dengan prosesor Intel core i5 non ULV.

Pengujian daya tahan baterai

Benchmark Suite ini merupakan perpaduan yang serupa dengan SYSmark 2007. Hanya saja, software ini sudah diatur sedemikian rupa untuk melakukan simulasi pekerjaan sehari-hari secara terus-menerus hingga baterai terkuras habis. Untuk pengujian ini, Ultrabook Aspire S3 yang digunakan adalah varian Core i7 dengan harddisk 540GB dan memory sebesar DDR3 4GB.

Dari hasil pengujian Mobilemark 2007, Aspire S3 mampu bertahan hidup 338 menit atau lebih dari5 jam. Dengan kemampuan ini, dikombinasikan dengan instant-on dan daya tahan baterai dalam kondisi sleep yang sangat panjang, Aspire S3 layak menjadi teman Anda di perjalanan. Kami juga berkesempatan melakukan pengujian untuk melakukan browsing sebanyak 5 tab melalui wifi dan Aspire S3 mampu bertahan hidup selama 262 menit dan mampu digunakan untuk menonton film HD 720P selama 281 menit.

Tentu saja, pengalaman Anda dengan daya tahan baterai bisa bervariasi, bergantung pada pola pemakaian. Dalam kondisi penggunaan aplikasi yang lebih ringan, Anda bisa saja memperoleh daya tahan baterai yang lebih lama.

Pengujian performa video dan game

Memutar video full HD tetap kami ujikan, meski dengan penggunaan Intel HD3000 pada prosesornya, Aspire S3 seharusnya tidak akan mengalami masalah berarti. Dalam pengujian, selain kami bisa melihat bahwa video full HD bisa diputar dengan mudah, penggunaan prosesor pun tergolong amat rendah.

Penggunaan prosesor Intel core i7 pada Aspire S3 memberikan peningkatan kinerja graphic Intel HD3000. Untuk game, meski Ultrabook tidak dirancang untuk bermain game, kami tetap mencobanya. Beberapa game 3D mainstream seperti FIFA, Left4Dead dan Starcraft tetap dapat dimainkan dengan cukup mulus dengan Ultrabook ini.

Tentu saja, dengan Aspire S3 Anda jugabisa memainkan social games seperti yang tersedia di facebook dan bahkan game yang ada dalam appup.com. Jadi, apabila Anda ingin mengisi waktu luang saat menunggu teman atau klien di sebuah café, arahkan saja browser ke facebook dan lanjutkan petualangan Anda dengan Aspire S3.

Ultrabook Acer Aspire S3 :Semakin berkinerja

Hasil Di Atas memperlihatkan bahwa Acer Aspire S3 walaupun menggunakan prosesor Intel core I Ultra Low Voltage tetapi tetap dapat memberikan kinerja yang tinggi dan juga dapat menjalankan berbagai aplikasi kelas atas dan game 3D dengan cukup baik.   Daya tahan hidup yang diberikan cukup mumpuni untuk Anda yang suka melakukan bisnis trip dan Acer Aspire S3 juga melengkapi ultrabooknya dengan sebuah charger yang cukup ringan dan simple untuk dibawa-bawa.

Penggunaan bahan casing Magnesium-Aluminum alloy chassis yang kuat menjadikan Aspire S3 sangat terasa solid ketika Anda genggam dengan begitu Anda tidak perlu terlalu was-was ketika membawanya berpergian. Casing dengan finishing matte berwarna silver ini membuat Aspire S3 menjadi sangat menawan dan akan membuat orang di sekitar Anda akan melirik. Ultrabook Acer Aspire S3 Anda. Untuk harga, Acer Aspire S3 denganprosesor Intel core i7 di bandrol di harga USD999, tidak mahal untuk sebuah Ultrabook yang menawan dengan spesifikasi kelas atas.