Block Online Ads yang Mengganggu

June 22, 2011

Sedang asyik menjelajahi dunia maya, berpindah dari satu situs ke situs lainnya, tiba-tiba ‘pop’ muncul tampilan pop-up yang berisi iklan (online ads). Terkadang, iklan online ini bisa langsung ditutup dengan meng-klik tulisan ‘close’ atau tanda ‘x’ yang ada di pojok kotak iklan ini. Namun, ada pula beberapa iklan online yang muncul tiba-tiba saat kita mengakses sebuah halaman dan tidak bisa ditutup sampai iklan tersebut selesai. Kalau sudah begini, spAcer pasti merasa terganggu.

Untuk mengatasi iklan online yang mengganggu, sebenarnya sudah tersedia aplikasi dalam bentuk antivirus, pop-up blocker, atau spam blocker.  Sayangnya, terkadang iklan online yang mengganggu tetap saja muncul. Firefox yang menyadari masalah ini kemudian mengeluarkan add-ons yang bernama “Adblock Plus”.

Adblock plus adalah add-on gratis dari Firefox yang dilengkapi berbagai  fitur agar pengguna internet bisa bebas menjelajahi dunia maya dengan nyaman tanpa harus terganggu dengan iklan online. Setelah menginstall adblock plus, selain otomatis memblokir iklan yang menggangu, pengguna bisa menyaring dan mengatur apa saja yang ingin mereka blokir. Misalnya, saat mengunjungi suatu situs, spAcer ingin memblokir tampilan gambar iklan, atau iklan yang berbentuk flash maupun java.

Selain untuk Firefox, Adblock plus juga tersedia untuk browser lain seperti Chrome dan Sea Monkey. Dengan adanya fitur ini, spAcer bisa menjelajah dunia maya dengan nyaman. Say goodbye to annoying online ads!