Apa dan Kenapa Media Sosial Jadi Tempat Sharing?

SpAcer pasti sering nge-tweet di Twitter, posting foto makanan di Path hingga berbagi foto keren dan video liburan di Instagram. Sejak media sosial menjadi populer, rasanya sah-sah saja untuk membagikan kehidupan pribadi ke publik. Tapi tahu nggak kalau setiap tanggal 30 Juni diperingati sebagai Social Media Day?

‘Kemampuan’ media sosial untuk mengubah banyak gaya hidup orang membuat mashable.com memperkarsai Social Media Day. Social Media Day adalah hari untuk merayakan dampak media sosial terhadap komunikasi global setiap tanggal 30 Juni. Lantas, mengapa banyak orang menganggap berbagi konten di media sosial adalah hal yang menarik. Sebuah studi yang dilakukan oleh New York Times Consumer Insight Group mengidentifikasi lima alasan utama mengapa banyak orang selalu berbagi apa yang mereka lakukan di media sosial. Berikut penjelasannya!

Membagikan Konten Bermanfaat

Alasan utama banyak orang share suatu informasi di Facebook atau Twitter adalah memberikan konten yang bermanfaat atau menghibur bagi orang lain. Memberi tahu orang lain tentang apa yang mereka pedulikan atau sukai diyakini dapat mengubah pendapat atau mendorong tindakan orang lain. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya retweet, reblog atau like dan share status orang lain di media sosial.

Membagikan Konten Bermanfaat

Merasa Terlibat

Media sosial menjadi sarana untuk mendukung suatu masalah atau sebab yang mereka pedulikan bagi 84% partisipan penelitian. Contoh yang paling viral adalah Ice Bucket Challenge yang berkaitan dengan kampanye memperkenalkan penyakit Amytrophic Lateral Sclerosis (ALS) dan menghimpun sumbangan untuk penelitian penyakit tersebut.

Para selebriti, politisi hingga atlet semuanya ikut-ikutan melakukan Ice Bucket Challenge dengan cara menyirami seember air dingin ke tubuh mereka sendiri, dan menantang orang lain untuk melakukan hal yang sama. Nantinya, orang yang menerima feedback dari konten yang telah share akan ikut berkontribusi untuk melakukan hal yang sama sehingga membuat mereka merasa terlibat.

Baca juga: Tetap Produktif Selama Ramadan? Bisa!

Tempat Silaturahim

Media sosial juga membantu mendekatkan yang jauh. Sekitar 78% responden setuju bahwa media sosial membantu mereka untuk tetap dapat menjalin hubungan dengan orang-orang yang mungkin sudah tak pernah berkomunikasi atau orang-orang yang sudah lama tak ditemui. Selain itu, 73% lainnya mengungkapkan bahwa mereka share informasi dengan tujuan agar tetap terhubung dengan orang-orang yang memiliki interest yang sama.

Saat ini, jutaan orang memanfaatkan Facebook untuk mencari dan menjalin pertemanan. Meskipun kamu berpindah kota, kamu tetap bisa menjaga komunikasi tanpa harus melakukan pertemuan tatap muka.

Tempat Silaturahim

Mengekspresikan Diri

Bagi 68% partisipan, berbagi di media sosial merupakan cara atau kesempatan untuk menunjukkan diri kepada orang lain tentang apa yang mereka sukai. Selain ingin diakui, sharing di media sosial juga menjadi jalan pintas untuk menampilkan diri kamu sebagai orang yang kamu inginkan.

Sebagai contoh, spAcer yang menyukai bidang seni bisa memamerkan skill bernyanyi atau karya desainmu di jejaring sosial seperti Tumblr, Soundcloud, Pinterest, dan Vine. Di sisi lain, alasan ini juga menjadi pemicu mengapa beberapa orang sering berbagi komentar tentang politik, meluapkan kemarahannya atas isu-isu tertentu, dan sebagainya.

Baca juga : Beli Produk Acer Bisa Dapat Game Rocket League Gratis, Lho!

Mencari Hiburan

Kebanyakan orang melakukan share informasi, baik produk, aktivitas, atau merek yang mereka sukai untuk mendapatkan lebih banyak teman yang juga menyukai hal yang sama. Ya, kebanyakan orang menyukai hal-hal sederhana dan menyenangkan di media sosial, lalu kemudian membagikannya. Fenomena ini bisa terlihat dari banyaknya postingan video di YouTube atau berbagi video viral.

Selain kelima alasan tersebut, Chadwick Martin Bailey dan iModerate Research Technologies menambahkan mengenai konten apa yang sering di-share oleh netizen. Hasilnya, kebanyakan orang membagikan berita tentang anggota keluarga atau teman (81%), foto atau video keluarga (80%), video lucu (63%), info kupon atau diskon (54%), dan artikel berita atau postingan blog (53%).

Mencari Hiburan

Kamu yang doyan berbagi segala konten di media sosial, supaya semakin nyaman posting atau share pastikan gunakan perangkat multitasking seperti Acer Switch 1. Kenapa Acer Switch 1? Alasannya karena performa tinggi dan daya baterai yang hemat sampai 12 jam membantu kamu betah bermain media sosial.

Jika notebook ini lowbat, baterai notebook dapat diisi ulang menggunakan power bank atau charger smartphone sehingga membantumu untuk tidak membawa banyak barang bawaan dalam tasmu. Dengan begini, spAcer tetap bisa produktif posting apapun di media sosial tanpa merasa khawatir sedikit pun.

Baca juga: 4 Perusahaan Gaming di Asia Tenggara (Termasuk Indonesia) yang Semakin Bersinar!

Selain itu, Acer Switch 1 didesain dengan teknologi Magnetic Hinge yang dapat dilepas melepas atau memasang layar dengan mudah. Kamu bisa posting foto di Facebook atau melihat Instagram Story teman-temanmu dengan melepas layar ke mode tablet. Jika ingin menyelesaikan karya tulis kamu di blog, pasang kembali layar layar hingga menjadi mode notebook. Ditambah dengan keyboard yang cukup luas serta touchpad yang mendukung gesture Windows 10, kamu pun dapat menyelesaikan karya tulisan di blog dengan nyaman.

Acer Switch 1 juga mudah dibawa ke mana-mana karena mode display yang mendukungmu untuk melakukan presentasi, video conference, atau menunjukkan file kepada temanmu. Notebook ini juga mengerti kamu karena dengan mode tent memudahkan kamu menonton YouTube meskipun berada di ruang sempit.

Baca juga: Rekomendasi 5 Co-working Space Keren di Indonesia

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved