Ini Tips Memilih Mechanical Keyboards dan Switch untuk Gaming

Mechanical Keyboard sebenarnya adalah teknologi lama yang kini kembali  populer, terlebih setelah meningkatkan jumlah gamers. Mechanical Keyboard adalah keyboard yang diproduksi dengan teknologi Spring Activated dalam bentuk individual switch yang ditanam ke dalam keyboard. Hal ini berbeda dari keyboard membrane yang menggunakan lembaran silikon seukuran area aktif keycap keyboard.

Baca juga : 5 Tips Meningkatkan Produktivitas dengan Media Sosial

Mechanical Keyboard umumnya digunakan para gamers karena mampu memberi tekanan yang lebih mantap daripada keyboard biasa. Bagi spAcer yang baru terjun di dunia gaming dan bingung memilih Mechanical Keyboard untuk main game, kamu bisa menyimak panduan singkatnya berikut ini.

Berbagai Macam Switch Mechanical Keyboard

Mechanical Keyboard menggunakan switch khusus yang didesain agar penggunakanya merasakan sensasi berbeda ketika menekannya. Masing-masing switch tersebut memiliki karakteristik berbeda untuk kepentingan berbeda pula. Setidaknya ada tujuh jenis switch utama yang biasanya ada pada Mechanical Keyboard, yaitu:

Cherry MX Black.

Memiliki alur lurus dari atas ke bawah jika kamu menekannya. Bobotnya cenderung lebih berat karena pegasnya dirancang lebih tebal sehingga memerlukan tenaga lebih saat menggunakannya.

Cherry MX Red.

Karakternya mirip dengan Cherry MX Black, tetapi pegasnya lebih ringan sehingga kamu bisa menekan tombol secara lebih mudah.

Cherry MX Silver.

Karakternya linear dengan pegas yang menekan lurus langsung dari atas ke bawah. Pegasnya lebih pendek dan ringan, memungkinkan kamu mencapai titik aktuasi (titik capai ke sirkuit untuk mengirim sinyal) secara lebih cepat.

Cherry MX Blue.

Termasuk tipe tactile switch, yaitu memiliki benturan ganda yang akan memberikan “umpan balik” ke ujung jari berupa rasa hentakan.

Cherry MX Brown.

Mirip dengan Cherry MX Blue, tapi tidak memiliki benturan ganda, melainkan langsung “memukul” hingga ke bawah.

Cherry MX Green.

Mirip dengan Cherry MX Blue, tapi pegasnya lebih tebal sehingga terasa lebih berat saat ditekan.

Cherry MX Clear.                                                                                                                                 

Memiliki pegas yang tebal dan terasa berat saat ditekan, namun suaranya lebih “senyap” dibandingkan Cherry MX Green.

mechanical keyboard

Apa Tujuan Kamu Menggunakan Mechanical Keyboard?

Setelah mengenal berbagai macam switch di atas, mana yang harus kamu pilih? Tentu semuanya kembali lagi pada kebutuhan kamu, spAcer. Untuk aktivitas gaming, umumnya para gamers lebih suka menggunakan Mechanical Keyboard dengan switch Cherry MX Black karena pegasnya dirancang lebih tebal. Alasannya adalah ketika menggunakan Mechanical Keyboard, para gamers cenderung “menyiksa”nya dengan kekuatan tekanan jari.

Nah, switch Cherry MX Black dengan pegasnya yang lebih berat akan mengakomodasi hal tersebut. Misal, dalam permainan FPS, kamu bisa menekan tombol tembak selama beberapa kali berturut-turut tanpa perlu takut salah tekan. Switch Cherry MX Black akan memberi rasa “kepastian” di ujung jari berapa kali kamu melakukan tekanan.

Baca juga: Beli Predator NVIDIA GTX 1080 Ti dan 1080 Gratis Destiny 2!

Pemilihan Mechanical Keyboard juga bisa tergantung pada gaya kamu dalam menekan tombol, spAcer. Apakah kamu lebih suka tombol yang memberikan “umpan balik” berupa sedikit hentakan pada tangan? Atau kamu lebih suka keyboard yang ketika ditekan tidak menimbulkan suara berisik? Dengan memperhatikan hal ini, kamu bisa menentukan Mechanical Keyboard dengan switch yang sesuai untuk kebutuhan kamu.

aspire gx

Agar aktivitas gaming semakin maksimal, padukan Mechanical Keyboard pilihanmu dengan desktop PC yang mumpuni seperti Aspire GX. Prosesornya sudah menggunakan Intel Core generasi ke-7 dengan RAM DDR4 yang dapat kamu upgrade hingga 64GB. Hal ini akan mendorong Aspire GX untuk menangani berbagai game berat terbaru bekerja lebih maksimal.

Tak ketinggalan GPU NVIDIA ® GeForce® GTX 1060 untuk memperkuat sisi grafis Aspire GX. Dengan begitu, performa Aspire GX telah mumpuni untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman gaming dengan teknologi VR.

Baca juga: Esensi Ping Membantu Gaming Tanpa Lag

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved