Tips Sederhana Mengembangkan Bisnis dari Sang Ahli

Mengembangkan bisnis menjadi besar bukanlah hal yang mudah. Agar bisnis berjalan lancar, kamu tak hanya harus memiliki modal, tetapi juga mengerti mengenai beberapa pelajaran yang terkadang dilupakan para pebisnis ketika mengembangkan  bisnisnya. Shawn Doyle, seorang motivator profesional dan penulis asal Amerika yang telah 13 tahun membangun perusahaannya, berbagi tips penting yang kadang terlupakan tersebut.

Memahami Konsumen

Dalam berbisnis, bukan apa yang ingin kamu jual, tetapi apa ingin konsumen beli. Ya, konsumen adalah jantung bisnismu. Makanya, sudah seharusnya kamu mendengarkan apa yang konsumen butuhkan dan inginkan untuk mengubah mereka menjadi pelanggan setia.

acerleration

Lakukan Tugasmu

Melakukan persiapan yang matang adalah ciri orang profesional. Saat ini, masih banyak pebisnis yang masih tampil tanpa persiapan matang. Padahal, di era serba internet saat ini, segala informasi tersedia di ujung jarimu. Ujung-ujungnya, justru mencari alasan dari gagalnya mencapai target.

Baca juga : Kenapa Startup Membutuhkan Venture Capital?

Jangan Mengeluh

Menjadi seorang pebisnis seringkali bekerja dengan waktu yang jelas. Pagi hingga siang meeting dengan klien atau sore melakukan briefing dengan tim. Terkadang malam hari masih harus menghadiri undangan dari klien. Tak heran bila pekerjaan akhirnya dikerjakan pada waktu tengah malam, sehingga waktu tidur hanya beberapa jam. Ingat, jangan merengek dan mengeluh! Bila kamu menghadapi tantangan dan kesulitan, ini menjadi suatu kesempatan untuk memperkuat dan meningkatkan reputasimu.

a

Disiplin Soal Uang

Sebagai pebisnis, mengatur anggaran kantor adalah hal penting. Jadi, pastikan untuk menekan pengeluaran tidak perlu seperti menyewa kantor dengan biaya mahal dan beban pengeluaran lainnya. Jika kamu tidak disiplin dalam hal keuangan, maka sebaiknya jangan berbisnis.

Tetap Update

Untuk mengurangi kesalahan-kesalahan dalam berbisnis, ada baiknya kamu menghadiri seminar dan konferensi minimal dua kali dalam setahun. Aktivitas seperti ini dapat membuatmu tetap update soal informasi terbaru tentang apa yang sedang terjadi dalam lingkungan industri. Beberapa gagasan yang didapatkan dari konferensi tersebut memberikan pengaruh besar pada bagaimana kamu menjalankan bisnismu.

Menjaga Fokus

Jika kamu berpikir bahwa memiliki banyak bisnis dengan bidang yang berbeda-beda itu menandakan pebisnis sukses, maka kamu salah. Kamu tak bisa melakukan semuanya untuk menyenangkan semua orang. Namun, dengan fokus mengembangkan satu bisnis sebagai prinsip utama, kamu bisa membuahkan hasil yang baik.

acerleration

Enam pelajaran Shawn, yang tentu saja bisa kamu terapkan sehari-hari ini, sudah ada di genggaman kamu. Semoga kamu bisa menerapkan semua tips sederhana ini sebaik mungkin. You can do it!

Baca juga : Rumus “Marketing Plan” untuk Kelancaran Bisnis Kamu

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved