5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Menerapkan E-Learning

Berkat metode e-learning, kini belajar bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. SpAcer tak lagi harus berada di ruang kelas yang sama dengan pengajar demi mempelajari materi tertentu. Apalagi kalau hampir setiap hari kamu menggunakan internet, jadi kemungkinan besar kamu sudah tidak bingung dengan penerapan e-learning. Lantas apa yang membuat e-learning ini begitu penting?

Menghemat Banyak Waktu dan Uang

Dalam sistem belajar konvensional, seorang guru biasanya terlebih dulu memberikan instruksi kepada seluruh murid tentang materi yang akan dipelajari hari itu. Meski terdengar sepele karena sudah menjadi kebiasaan, hal ini ternyata cukup menyita waktu. Kabar baiknya, situs elearningindustry.com melaporkan bahwa e-learning mampu memotong waktu instruksi tersebut hingga 60%! Artinya, baik guru dan murid bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai.

Baca juga : Kenapa Belajar Coding Itu Penting?

Selain hemat waktu, e-learning juga ternyata mampu memangkas pengeluaran dan waktu karena kecepatan dan kemudahan yang ditawarkannya. E-learning membantu kamu mengakses materi kapan saja dan di mana saja kamu berada. Dengan kata lain, kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos dan membuang waktu untuk bisa mendapatkan materi yang kamu butuhkan, spAcer.

Menghemat Banyak Waktu dan Uang

Memaksimalkan Penyerapan Materi

Hermann Ebinghaus, psikolog asal Jerman yang mempelopori studi eksperimental tentang memori, pernah mengatakan bahwa seorang individu bisa melupakan 90% konten dari materi yang dipelajarinya setelah satu bulan. Artinya, dari materi yang kamu pelajari, hanya ada 10% informasi yang akan tetap menempel di dalam otak. Nah, e-learning membantu kamu untuk kembali “mengunjungi kelas” dan mengakses materi kapan pun kamu butuh. Kamu jadi bisa terus mengingat materi yang dipelajari deh, spAcer.

Ramah Lingkungan

Dengan menyediakan alternatif dari pembelajaran berbasis kertas, elearning dapat menjadi cara efektif bagi institusi tertentu untuk mengurangi jejak karbon mereka. Sebuah studi yang dilakukan oleh Open University menunjukkan bahwa secara rata-rata, e-learning menggunakan energi 90% lebih sedikit dari pembelajaran sistem konvensional. Tidak hanya itu, e-learning pun mengurangi emisi karbon dioksida hingga mencapai 85%. Pasalnya, e-learning tidak membutuhkan kertas, otomatis secara tidak langsung kamu pun bisa membantu melestarikan pohon.

Ramah Lingkungan

Sesuai dengan Era Digital

Sudah tak terhitung berapa banyak aspek kehidupan yang berpindah ke ranah digital. Jadi, sebetulnya sistem e-learning ini sudah sangat pas dengan kondisi kehidupan saat ini. Di era digital yang serba cepat seperti sekarang, kamu pasti membutuhkan sesuatu yang praktis dan fleksibel. Sistem e-learning mampu memenuhi kebutuhan tersebut dalam aspek pendidikan.

Namun, agar proses belajar online bisa maksimal, dibutuhkan perangkat yang mumpuni. Sebagai salah satu pilihan terbaik, notebook hybrid Acer Spin 7 sangat cocok untuk menunjang aktivitas e-learning kamu, spAcer. Menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke-7, Acer Spin 7 sudah ditenagai RAM 8GB LPDDR3 yang membuat perangkat bekerja tanpa lemot.

Baca juga : Kebanggaan Acer dalam Menjaga Kualitas Customer Service

Belum lagi teknologi WLAN 802.11 ac 2x2 MU-MIMO yang bisa memenuhi kebutuhan nirkabel hingga 5X lebih cepat dibandingkan generasi Wi-Fi sebelumnya. Dengan teknologi secanggih itu, aktivitas e-learning kamu bekerja sangat maksimal.

Sesuai dengan Era Digital

Menawarkan Sistem Belajar dan Hasil yang Efisien

Tidak hanya praktis dan fleksibel, e-learning pun ternyata cukup efisien sebagai media pembelajaran modern. Menurut studi yang dilakukan oleh The United States Dept of Education, orang-orang yang belajar menggunakan sistem e-learning berhasil menghasilkan nilai tes yang lebih tinggi daripada mereka yang belajar di dalam kelas. Studi tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata pelajar di dalam kelas adalah 50%, sementara nilai rata-rata pelajar yang menggunakan e-learning mencapai 59%. Hal ini masih berhubungan dengan kemampuan e-learning dalam memaksimalkan penyerapan materi, seperti yang telah disebutkan pada poin nomor dua.

Berbagai manfaat di atas telah membuktikan bahwa e-learning dapat memberi peningkatan pada metode pembelajaran kamu sebelumnya. Ditambah dengan penggunaan perangkat yang mumpuni seperti Acer Spin 7, aktivitas e-learning kamu pasti bakal optimal, spAcer. Selamat seru-seruan belajar, ya!

Baca juga : Acer DV553: Digital Signage dengan Grafis Memukau dan Warna Tajam

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved