Esensi Ping Membantu Gaming Tanpa Lag

Nge-lag saat main game online memang bisa membuat siapa saja mendadak bad mood. Lagi asyik main, tiba-tiba lawan main menghilang dan muncul berulang kali di layar. Apakah kamu pernah mengalami hal serupa, spAcer? Kalau iya, kemungkinan besar Ping-mu terlalu tinggi. Tenang saja, kamu bisa mengatasi hal ini, kok.

Apa Itu Ping?

Ping mengacu pada ukuran kecepatan koneksi yang kamu miliki saat bermain game online. Jadi, bisa dikatakan kalau koneksi internet yang responsif tidak hanya bergantung pada kecepatan download dan upload, tetapi juga Ping. Misalnya, spAcer, kamu punya Ping sebesar 95ms. Artinya, komputer kamu membutuhkan waktu 95ms untuk merespon request dari komputer lain. Dengan kata lain, agar kamu bisa bermain game online tanpa nge-lag, jumlah Ping harus bisa berada pada angka sekecil mungkin.

esensi ping

Apabila Ping yang kamu punya berada lebih dari angka 1000, game online yang kamu mainkan akan banyak mengalami delay dan pasti super mengganggu. Bayangkan kalau kamu sedang main online game bergenre racing atau first-person shooting, spAcer. Ping yang tinggi tentu akan membuatmu kalah sebelum berperang!

Baca juga : Tips Memilih Perangkat Gaming Sesuai Kebutuhan

Bagaimana Cara Mengukur Ping?

Sebelum main game online, kamu bisa mengukur Ping menggunakan Speedtest.net, alat untuk mengetes koneksi online yang paling populer di internet. Jika Ping kamu berada di bawah 20ms, tidak ada yang perlu kamu khawatirkan, spAcer. Namun, kamu perlu waspada apabila Ping menunjukkan angka di atas 150ms. Angka Ping yang tinggi akan membuat performamu lebih lambat dari lawan main sehingga kamu jadi tidak bisa maksimal di arena bermain online. Kamu tentu tidak mau kalah hanya karena Ping yang tinggi kan, spAcer?

2 (4)

Apakah Ping Bisa Dikurangi?

Kabar baiknya, tingkat Ping bisa dikurangi. Cara pertama sekaligus termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menutup seluruh program dan window pada PC selain yang kamu gunakan untuk bermain game online. Pastikan pula tidak ada aktivitas download yang berlangsung karena hal tersebut bisa berdampak pada Ping.

Selain itu, Ping juga bisa terpengaruh apabila ada orang lain di rumah kamu yang sedang mengakses layanan online dengan bandwith tinggi seperti Netflix atau Hulu. Semakin banyak perangkat yang menggunakan koneksi internet sama, semakin tinggi Ping yang akan kamu dapatkan.

3 (3)

Perangkat yang kamu gunakan saat bermain game online juga cukup berpengaruh lho, spAcer. Tingkat kecanggihan perangkat biasanya berbanding lurus dengan kemampuan koneksi. Kamu bisa menggunakan Acer Aspire GX-785 yang sudah didukung standar teknologi wireless terbaru, yaitu 802.11 ac. Berkat teknologi ini, Aspire GX jadi punya kemampuan koneksi internet yang sangat optimal. Belum lagi prosesor Intel Core generasi ke-7 dan RAM DDR4 yang akan membuat pengalaman bermain game online kamu tambah seru, spAcer!

Sekarang kamu sudah tahu kan seberapa penting Ping untuk aktivitas main game kamu. Jadi pastikan untuk menyesuaikan Ping di perangkat kamu dengan sebaik mungkin ya.

Baca juga : Trik Ampuh Menjadi Pathfinder Pro di Mass Effect Andromeda

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved