Bagaimana Teknologi Pengaruhi Gaya Hidup di Bulan Ramadan?

Bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Selain kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh, bulan Ramadan juga penuh dengan kegiatan spiritual. Umat Islam didorong untuk mengikuti tadarus Al-Quran di masjid, shalat tarawih berjamaah hingga melakukan I’tikaf selama 10 malam terakhir Ramadan.

Seiring berjalannya jaman, puasa Ramadan beberapa tahun belakang ini terasa jauh lebih menyenangkan. Apakah spAcer yang melaksanakan Ramadan merasakan hal itu juga? Hal ini karena kemajuan teknologi telah membawa berkah bagi umat Islam. Teknologi sangat membantu umat Islam untuk mendapatkan pengetahuan Islam secara benar maupun memberikan kemudahan lain dalam beribadah. Lantas, seperti apa transformasi teknologi bagi kehidupan Islam, khususnya di bulan Ramadan? Yuk, cari tahu seberapa besar pengaruh teknologi terhadap gaya hidup kamu di bulan Ramadan!

Baca juga : Aplikasi Study Planner untuk Efisiensi Jadwal Belajar

Teknologi Membantu Menentukan Arah Kiblat
Sebagai syarat sah shalat, penentuan arah Kiblat kini bisa dilakukan dengan teknologi. Melalui smartphone, spAcer bisa menggunakan GPS dan aplikasi tertentu untuk menentukan posisi Kiblat, sehingga memudahkan kamu melakukan shalat wajib di mana pun kamu berada. Hal ini penting bagi spAcer yang sering melakukan perjalanan bisnis ke luar kota karena masih banyak kamar hotel yang tidak dilengkapi petunjuk arah kiblat.

Menentukan Arah Kiblat

Ditambah lagi, saat ini banyak aplikasi pengingat shalat seperti “Alarm Adzan Sholat” atau “Jadwal Sholat Kiblat”yang menjadi suatu tren baru. Aplikasi-aplikasi tersebut kini bisa kamu unduh untuk menjadi pengingat jadwal waktu shalat lima waktu berdasarkan lokasi, mulai dari shalat Subuh, Dhuzur, Ashar, Magrib, dan Isya.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Bukber di Kota Kamu

Teknologi Memungkinkan SpAcer Mengaji Tanpa Al-Quran
Mengaji tak mesti selalu dengan cara konvensional. Ada banyak aplikasi Al-Quran digital yang dapat kamu gunakan untuk mengaji sekaligus mempelajari cara baca Al-Quran dengan benar. yang mudah kamu dapatkan. Aplikasi tersebut bahkan dilengkapi dengan terjemahan dan dapat mengeluarkan suara lantunan ayat-ayat suci Al-Quran sehingga membantu kamu membaca Al-Quran dengan penekanan ilmu tajwid yang benar.

Beberapa diantaranya seperti “Al Quran Mp3 Player”, “Tajwid Lengkap QT-Media”, dan masih banyak lagi. Jadi kalau kamu lupa membawa Al-Quran konvensional saat bepergian, ada versi digital yang bisa selalu mengingatkanmu untuk melantukan ayat-ayat Al-Quran di mana pun kamu pergi.

Teknologi Membantu Kamu Menambah Ilmu Agama
Teknologi yang semakin berkembang juga memudahkan spAcer untuk belajar agama. Dengan memanfaatkan teknologi mobile seperti game Islami dan software interaktif, kamu bisa mengetahui kisah para nabi, belajar huruf-huruf Hijaiyah, doa-doa harian, dan masih banyak lagi dengan lebih menyenangkan. Jadi, coba unduh beberapa game dan software Islami yang berguna untuk memperdalam ilmu agama di kala mengisi waktu ngabuburit.

2017

Apa saja? Sebut saja game “Game Tajwid”, “Rumah Amalia” atau aplikasi interaktif seperti “Muslim Pro Ramadan”, “Kumpulan Ceramah”, “Kisah 25 Nabi & Rasul, dan masih banyak pilihan lainnya, spAcer.

Teknologi Memudahkan Mencari Tempat Bukber
Di Indonesia, restoran halal sangat mudah ditemui. Namun, terkadang kamu kesulitan menemukan lokasi restoran terdekat dengan lokasimu saat ingin merencankan acara buka bersama dengan kerabat atau keluarga. Masalah ini bisa diatasi dengan mengunduh beberapa aplikasi seperti “Zomato” yaitu tempat makan yang akan menjadi petunjuk menemukan tempat makan atau cafe terdekat di sekeliling lokasimu.

Aplikasi-aplikasi tersebut ada juga yang menawarkan informasi menu, foto, serta ulasan dari costumer tentang sebuah tempat makan di kotamu maupun kota lain di seluruh Indonesia. Menariknya, kamu juga bisa mengetahui promo-promo menarik yang ditawarkan setiap outlet, lho.

memudahkan mencari tempat bukber

Teknologi Memudahan Belanja Perlengkapan Ramadan
Puasa sering kali membuat kamu malas untuk keluar rumah? Tapi hal ini tentu tidak berarti menyulitkan untuk berbelanja berbagai keperluan Ramadan dan Lebaran. Siapa pun kini dapat merasakan kemudahan berbelanja hanya dengan memaksimalkan teknologi.

Media sosial dan toko online seperti e-commerce sangat membantu kamu untuk belanja segala sesuatu tanpa bertatap muka. Kamu juga dapat berbelanja dengan lebih mudah, yaitu cukup klik pada barang belanjaan yang diinginkan, memasukkannya ke dalam keranjang, memilih jenis pengiriman, dan metode pembayaran. Meskipun praktis, namun pastikan untuk tidak boros hanya karena nafsu belanja, ya.

Jelas sekali kan kalau teknologi semakin memudahkan segala kegiatanmu selama bulan suci Ramadan. Yuk, bersiap untuk menjalankan ibadah puasa di Ramadan dengan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Selamat menjalankan ibadah puasa, spAcer!

Baca juga : Acer Goes To Campus Kasih Promo di UGM Sampai Jutaan Rupiah!

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved