Tips Memilih Perangkat Gaming Sesuai Kebutuhan

Perangkat gaming, khususnya laptop, memang menjadi pilihan para gamers untuk nge-game, selain membeli perangkat console. Salah satu keunggulannya adalah karena laptop bisa digunakan untuk kebutuhan selain gaming, seperti pekerjaan mendesain atau kerjaan kantor. Oleh karena itu, saat ini banyak dijual berbagai laptop gaming dengan harga dan spesifikasi yang bermacam-macam.

Bagi spAcer yang sekarang sedang mencari perangkat gaming, artikel ini  membantu kamu nggak bingung lagi karena akan membahas beberapa aspek dalam memilih perangkat gaming sesuai kebutuhan. Aspek-aspek ini nantinya akan menentukan budget, spesifikasi, sampai game-game apa saja yang compatible dengan laptop pilihan kamu.

Baca juga : Aspire Z3-451: Notebook Stylish dengan Mesin Pendukung Gaming

Prosesor dan RAM

Prosesor dan RAM mempuyai peran yang sangat penting dalam pemilihan sebuah laptop gaming. Beberapa laptop gaming menggunakan prosesor Intel, walaupun ada juga beberapa yang menggunakan AMD sebagai prosesor. Meski begitu, bukan berarti spAcer harus memilih Intel sebagai prosesor. Beberapa laptop gaming dengan prosesor AMD juga sudah cukup mumpuni. Prosesor Intel yang disarankan untuk aktivitas bermain game adalah minimal 6th-Gen Core atau Core i5, dengan kecepatan minimal Quad Core 2,6 GHZ. Sedangkan untuk RAM, minimal spAcer memilih laptop gaming yang mempunyai 8 GB RAM ke atas.

intel core

Graphics Card

Setelah memilih prosesor dan RAM, sekarang saatnya memilih Graphics Card apa yang paling tepat untuk laptop gaming kamu. Pilihan Graphics Card atau GPU akan sangat menentukan bagaimana kualitas game yang akan spAcer mainkan nanti. Misalnya, spAcer membutuhkan GPU high end untuk bermain game-game besar seperti Overwatch, Resident Evil 7, atau Battlefield. Salah satu GPU minimal yang paling direkomendasikan adalah NVIDIA GeForce GTX 980 yang ada pada Acer Predator 17X. . Ini maksudnya apa? VR kan sudah pakai tools sendiri, dan kalua ngmgin Z271 berarti monitor, dan 21X berarti ngmgin laptop.

predator

Besarnya Resolusi

Aspek selanjutnya dalam memilih laptop gaming adalah besarnya resolusi. Sebagai informasi, besarnya resolusi laptop gaming ini tidak bergantung pada besarnya layar laptop. Walaupun layar laptop kamu sampai 18 inci, misalnya, bukan berarti lebih baik dari laptop dengan layar hanya 14 inci. Yang terpenting adalah besarnya resolusi yang bisa ditampilkan.

Baca juga : SpAcer, Yuk Ikuti Promo Double Sensation!

Salah satu laptop gaming dengan budget minim tetapi mempunyai resolusi yang maksimal adalah Aspire E5-553G. Laptop ini sudah didukung resolusi HD 1366 x 769 pixels, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi bermain game dengan grafis tinggi. Selain itu, harga dari Aspire E5-553G ini cukup “ramah” untuk kantong kamu.

aspire

Storage, HDD Atau SSD?

Soal memilih storage, kamu akan dihadapi dua pilihan antara HDD atau SSD. Perbedaan antara HDD dan SSD terletak pada kecepatan membaca hard drive dan kecepatan transfer file. Kecepatan rata-rata HDD adalah 5,400 rpm, sedangkan untuk SDD bisa mencapai 15 ribu rpm. Perbedaan signifikan lainnya adalah kecepatan booting dan transfer file dari SSD ini bisa lebih cepat sampai 30% dari HDD. Tetapi soal harga, SSD ini lebih mahal dibandingkan HDD.

Jika spAcer memiliki budget lebih, kamu bisa memilih 500 GB/1 TB SSD, seperti yang ada di Acer Predator 21X. Sebaliknya, jika budget spAcer ini minim, menggunakan HDD biasa dengan kapasitas yang besar juga tidak menjadi masalah.

predator 21 x

Memilih laptop gaming memang seperti memilih jodoh, spAcer. Kamu tidak bisa terburu-buru dalam menentukan pilihan laptop. Daripada kamu menyesal setelah membeli, jadi pastikan kamu memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan seperti apa untuk game kamu.  Semoga tips di atas bisa mencerahkan kamu masih dilanda kebingungan.

Baca juga : Asah Kreativitas Kamu dengan Chromebook

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved