Startup Indonesia yang Tak Kalah Keren dengan Airbnb!

Industri hospitality tak akan ada matinya. Salah satu alasannya karena semakin banyak orang yang mampu melakukan traveling, baik di dalam maupun di luar negeri. Hal inilah yang kemudian membuat banyak sekali startup yang menawarkan jasa akomodasi penginapan. Sayangnya, masih banyak wisatawan mengeluhkan sulitnya menemukan hotel yang menawarkan layanan maksimal dengan harga terjangkau di Asia Tenggara.

Bagi traveler dengan budget pas-pasan, hotel yang belum punya nama terpaksa menjadi pilihan meskipun mengetahui kualitas layanan dan fasilitas pendukung yang akan didapatkan. Hal inilah yang membuat startup hospitality yang lahir di Indonesia bernama NIDA Room ingin mengubah persepsi tersebut. Mereka memberikan pelayanan yang tak kalah keren dari Airbnb. Startup ini pun sampai diperbincangkan di situs inc-asean.com.

Lebih dari Sekadar Booking Online

Pelanggan dapat memesan kamar melalui website ataupun aplikasi mobile kapanpun dan di manapun. Bedanya, tidak seperti booking di platform ternama, seperti Airbnb, Agoda, dan Booking.com, yang memberikan daftar booking hotel secara online, NIDA Room langsung bekerja sama dengan pihak hotel dan melakukan rebranding (menjual secara eksklusif) sejumlah kamar tertentu atas label NIDA Room. Dengan begini, hanya hotel yang lulus standarisasi yang bisa menjadi mitra karena adanya audit secara berkala untuk memastikan kualitas hotel tetap terjaga.

acerleration startup indonesia

Melengkapi Fasilitas Amenities Dasar

Dengan menyasar pada hotel-hotel low budget bintang tiga ke bawah, seperti yang dipaparkan dalam laman inc-asean.com, NIDA Room juga tetap memastikan wisatawan dengan budget pas-pasan bisa mendapatkan layanan standard dan amenities (fasilitas pendukung) dasar dari hotel manapun meski belum pernah mengetahui setiap sudut kota di Asia Tenggara. Semua kamar dilengkapi dengan standard ala NIDA Room, mulai dari AC, Wifi gratis, air panas, dan tempat tidur yang bersih.

acerleration bisnis startup indonesia

Keuntungan Bagi Pihak Hotel

Di sisi lain, hotel yang menjadi mitra tak hanya sekadar mendapatkan tamu tetapi juga mendapatkan bantuan pemasaran. Hotel-hotel kecil biasanya independen dalam menjalankan bisnis dan sering kali kurang memiliki pengalaman pemasaran dan keuangan untuk bersaing dengan jaringan hotel besar. NIDA Room kemudian membantu hotel-hotel kecil tersebut sebagai mitra agar dapat lebih dikenal dan diakses oleh pelanggan potensial.

acerleration bisnis startup indonesia

Ini adalah salah satu startup sukses yang lahir di Indonesia. So, apakah kamu masih ragu mengembangkan bisnismu sendiri? Ayo, do more dan pastikan untuk membuat gebrakan-gebrakan baru untuk mampu menarik perhatian banyak orang. Good luck, guys!

Ref: http://inc-asean.com/editor-picks/what-this-indonesian-hospitality-start-up-is-doing-that-airbnb-isnt/

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved