Tepat Merakit Desktop Sesuai Kebutuhan Kamu!

Ingin membeli desktop baru tapi budget pas-pasan? Atau tertarik sebuah desktop keluaran teranyar tapi kurang puas dengan kualitas komponennya? Jika ingin memiliki desktop terkuat, paling mudah beradaptasi, dan dapat di-upgrade sewaktu-waktu, lebih baik rakit sendiri desktop impianmu dengan komponen yang sesuai kebutuhanmu!

Cukup dengan mengetahui jenis aktivitas apa yang bakal kamu lakukan di PC-mu, kamu bisa lebih fleksibel untuk menentukan komponen yang dibutuhkan, mulai dari prosesor, memori, kapasitas penyimpanan, kartu grafis, dan sebagainya. Namun, jika merasa masih bingung memilih komponen yang tepat, Acer akan berbagi tips memilih komponen desktop rakitan yang tepat agar dapat mendukung pekerjaan maupun hobimu. Check this out!

PC Type #1 – Mainstream PC

Merakit sebuah PC entry level untuk keperluan komputasi harian (penggunaan normal), seperti web browsing, mengetik dokumen, sarana belajar mengajar atau mengirim email, cenderung membutuhkan spek sederhana. Dengan begini, biaya yang dikeluarkan juga murah.

Baca juga : Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Desktop Rakitan

Namun, agar desktop-mu tetap bisa digunakan dalam jangka waktu lama, ada baiknya memilih komponen yang terbaru. Sebagai contoh, kamu bisa memilih prosesor Intel Core i3 (atau minimal Quad Core Celeron) dan RAM 4GB agar dapat menyeimbangi berbagai aplikasi dan program terbaru di masa mendatang. Komponen seperti ini juga sudah cukup untuk pekerja kantoran, pebisnis kecil, maupun mahasiswa karena mampu memberikan performa stabil dan cepat.

Mainstream PC

PC Type #2 – Multimedia PC

Jika ingin merakit komputer untuk aktivitas entertainment, seperti menonton film, streaming Netflix, YouTube atau Hitch, kamu bisa memilih komponen dengan standar menengah. Acer merekomendasikan untuk memilih minimal prosesor Intel Core i5 Skylake, GPU Nvidia GeForce 940 dan setidaknya RAM 8GB.

Namun, jika kamu ingin render dan edit video untuk memulai karier sebagai vlogger dan YouTuber, pastikan untuk memilih performa RAM, prosesor, dan kartu grafis yang lebih kuat, ya.

Multimedia PC

Baca juga: Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Desktop Rakitan

PC Type #3 – Design & Gaming PC

Memiliki pekerjaan atau hobi yang berhubungan dengan video editing, efek visual, dan animasi tentunya membutuhkan PC berkinerja tinggi. Hal ini penting agar pekerjaanmu berjalan lancar dan menghindari buang-buang waktu saat harus mengerjakan sebuah deadline projek. Itulah mengapa sangat penting untuk merakit sebuah komputer yang efisien untuk menangani beban berat tugas-tugas tersebut.

Design & Gaming PC

Untuk para desainer profesional, kamu bisa memilih spesifikasi high-end, mulai dari GPU Nvidia GeForce 1070, prosesor Intel Core i7-6800K, dan RAM 32GB DDR4. Mesin desktop ini akan dengan mudah menangani proyek video 4k yang kompleks dan mengedit resolusi gambar di atas 4k. Jangan lupa juga pilih tempat penyimpanan berkapasitas hingga 4TB HDD agar dapat menyimpan segala data dan karya sebanyak yang kamu butuhkan. Tapi perlu dicatat, pemilihan komponen dengan spesifikasi seperti ini membutuhkan modal yang sangat besar.

Jika budget-mu pas-pasan, Acer sarankan menggunakan prosesor Intel Core i5-7500. Prosesor ini dinilai cukup baik untuk menangani pekerjaan di video beresolusi 1080p, resolusi standar untuk sebagian besar layar, dan video modern. Jika kamu khawatir PC menjadi lemot, kamu bisa memilih prosesor Intel Core i5-7600K yang dapat menggencot kecepatan prosesor (overclock) sehingga membuat proses pekerjaan lebih cepat selesai dan game berjalan mulus.

Terakhir, pastikan untuk meng-instal Windows dan software pendukung PC lainnya agar PC berfungsi dengan baik dan stabil. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu spAcer harus menyediakan waktu dan tenaga untuk projek ini agar komputermu benar-benar dirakit dengan sempurna. Jika sudah siap, yuk segera rakit desktop impianmu sekarang!

Nah, Acer bisa membantu kamu mewujudkan desktop yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ingin tahu bagaimana caranya? Langsung saja klik disini

Sources:

http://www.logicalincrements.com/articles/videoediting

https://turbofuture.com/computers/Build-Photo-Editing-PC

http://www.digitaltrends.com/computing/media-center-pc-build-guide/

http://sea.pcmag.com/desktops/3881/feature/how-to-build-your-own-pc

https://winpoin.com/5-tips-membeli-hardware-pc-yang-sesuai-dengan-kebutuhan/

http://www.adrianoize.com/2015/04/cara-merakit-komputer-gaming-pc-sendiri.html

Baca juga : CreAcer: Let’s Create Your Own Branded Desktop

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved