Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Desktop Rakitan

Ketika kamu berada di bangku SMA, baru masuk kuliah, atau sedang membangun bisnis kecil-kecilan, hasrat untuk merakit desktop sendiri biasanya datang begitu besar. Entah itu karena kebutuhan untuk mengedit foto, video, desain, atau hanya sekadar ingin bermain game yang membutuhkan spesifikasi tinggi. Merakit desktop sendiri bagi orang awam memang terlihat begitu menyulitkan, apalagi sudah menyangkut spesifikasi desktop. Padahal sejatinya merakit desktop ini bisa dipelajari dan tidak membutuhkan kemampuan tinggi.

Sekarang, spAcer akan diajak untuk mengetahui tentag merakit dekstop sendiri. Sebelum kamu melakukannya, kamu bisa menyimak pemaparan di bawah ini.

Baca juga: Tepat Merakit Desktop Sesuai Kebutuhan Kamu!

Pilih Spesifikasi Desktop Sesuai Kebutuhan

Jika spAcer ingin merakit desktop untuk kebutuhan desain, kamu bisa memilih RAM dan VGA yang bagus. Sedangkan untuk kebutuhan gaming, kamu bisa menambah kapasitas HDD yang besar untuk menyimpan file game. Jika kamu ingin merakit desktop untuk bisnis kecil, kamu bisa mengurangi spesifikasi yang tidak perlu. Dengan begini, kamu bisa mempunyai desktop idaman sesuai dengan kebutuhan kamu.

creacer

Harga Lebih Terjangkau Sesuai Kebutuhan

Biasanya, desktop untuk gaming atau desain memiliki harga mencapai Rp 10 juta ke atas. Tapi hanya dengan budget Rp 5-7 juta, kamu bisa merakit desktop dengan spesifikasi yang tidak kalah hebatnya. Kamu bisa survey terlebih dahulu apa saja spesifikasi yang kamu butuhkan dan sesuaikan sendiri dengan budget kamu. Seperti yang dijelaskan di poin pertama, kamu bisa memilih hardware desktop sendiri sesuai dengan budget kamu.

Kualitas Terjamin dan Tidak Bergantung Satu Merek

Ketika kamu survey hardware desktop, kamu akan melihat puluhan merek dengan kualitas yang berbeda-beda. Misalnya, kamu ingin motherboard merek Intel, tentu berbeda kualitasnya dengan motherboard ASRock. Ketika kamu membeli desktop langsung jadi, kamu tidak bisa memilih sendiri jenis motherboard, RAM, ataupun VGA yang mempunyai kualitas terbaik. Sebaliknya, ketika kamu merakit desktop sendiri, kamu bisa memilih komponen hardware dengan merek terbaik.

Selain itu, kamu juga bisa “selingkuh” untuk mendapatkan kualitas desktop rakitan terbaik. Misalnya, kamu bisa menggunakan Graphic Card yang mempunyai merek berbeda dengan motherboard. Begitu juga dengan RAM ataupun hard disk. Kamu hanya cukup menyesuaikan spesifikasi sehingga akan mendapatkan desktop idaman.

Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Desktop Rakitan -1

Memudahkan untuk Upgrade dan Service

Ketika merakit desktop sendiri, kamu akan mengetahui dengan detail seperti apa spesifikasi desktop kamu. Nah, dengan begini kamu akan tahu kapan seharusnya kamu upgrade desktop. Misalnya kamu merasa RAM kamu sudah jauh tertinggal dan harus diganti, maka kamu bisa mengganti dengan merek dan spesifikasi terbaru tanpa perlu mengganti keseluruhan perangkat. Tetapi kamu harus jeli dalam memilih spesifikasinya ya, spAcer.

Kemudian untuk service, kamu tidak perlu membawa keseluruhan perangkat desktop ketika ada masalah dengan desktop kamu. Ini dikarenakan garansi perangkat desktop rakitan ini terpisah. Garansi RAM, misalnya, hanya berjangka waktu enam bulan dan garansi motherboard bisa setahun.

acer creacer

Garansi Tak Menyeluruh dan Servis yang Rumit

Dari empat paparan tersebut, ada dua hal yang bisa dibilang tidak akan kamu dapatkan jika merakit desktop sendiri. Pertama adalah kamu tidak akan mendapatkan garansi secara menyeluruh. Tentu saja, karena dibuat tanpa adanya brand resmi, namun terdiri dari beberapa gabungan brand yang dijual terpisah.

Selain itu, ketika ada komponen yang rusak, penanganan servis akan rumit karena komponen yang dibenamkan di desktop rakitan tersebut gabungan sehingga memerlukan waktu yang cukup lama. Karena itu, sedikit cukup menghambat aktivitas kamu.

Itu dia fakta-fakta dari desktop rakitan, ada plus dan minus yang bisa kamu dapatkan. Namun kembali pada diri kamu sendiri, apa yang sebenarnya kamu butuhkan di desktop untuk mendukung aktivitas kamu. Semoga bermanfaat buat kamu ya, spAcer!

Nah, Acer bisa membantu kamu mewujudkan desktop yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ingin tahu bagaimana caranya? Langsung saja klik disini

Baca juga : CreAcer: Let’s Create Your Own Branded Desktop

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved